Sistem akuntansi yang tepat sangat penting untuk bisnis apa pun untuk berkembang. Pengusaha sukses menyarankan yang terbaik untuk membuat sistem akuntansi yang kuat tepat di awal perusahaan, memungkinkannya menjadi matang saat operasi bisnis tumbuh dan dengan demikian membangun fondasi yang kokoh untuk bisnis. Sistem akuntansi yang tepat menjanjikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya, dengan keuangan yang diperbarui menjadi yang paling penting. Itu selalu nyaman bagi pemilik usaha kecil untuk memperbarui informasi tentang keuangannya. Itu hanya bisa terjadi jika ada sistem yang tepat untuk mencatat transaksi, memantau anggaran, dan mengelola arus kas dan laporan laba rugi dengan segera.Anda dapat dengan mudah mencapai semua ini dengan menyiapkan perangkat lunak akuntansi yang sesuai.
Jika Anda baru saja memulai bisnis dan tidak memiliki petunjuk sama sekali tentang menyiapkan sistem akuntansi untuk bisnis Anda, Anda tidak perlu khawatir. Di sini kami telah membuat daftar panduan langkah demi langkah untuk menerapkan sistem akuntansi yang tepat untuk bisnis kecil Anda. Ini tidak serumit yang mungkin terdengar oleh beberapa profesional .
- Langkah 1 – Memulai. Siapkan rekening bank Anda: Sebelum Anda melakukan pembelian atau menyerahkan layanan bisnis apa pun, sebaiknya buka rekening bank terpisah untuk bisnis Anda. Rekening bank individu akan membantu melacak keuangan bisnis Anda secara efisien. Memiliki kartu kredit, rekening kreditor, dan rekening penggajian yang berbeda juga penting untuk mengelola semua transaksi bisnis dan mencatat pajak secara akurat.
- Langkah 2 – Pilih metode akuntansi: Internal Revenue Service (IRS) telah memperkenalkan dua metode akuntansi bisnis yang umum digunakan. Ini termasuk metode tunai dan metode akrual. Dengan metode tunai, pendapatan dicatat saat uang tunai diterima di rekening bank Anda dan bukan saat didaftarkan atau ditagih. Demikian pula, biaya dihitung saat Anda membayar vendor. Metode akrual, di sisi lain, bekerja dengan faktur dan tanggal penagihan . Untuk usaha kecil, metode tunai bekerja dengan baik karena transaksinya tidak besar, dan Anda hanya membayar pajak untuk uang yang masuk atau keluar dari rekening Anda dalam satu tahun fiskal.
- Langkah 3 – Menyewa seorang akuntan profesional: Dengan set rekening bank Anda dan sistem akuntansi yang dipilih, sekarang saatnya untuk menyewa jasa seorang akuntan profesional untuk menangani tugas pembukuan dan akuntansi reguler bisnis Anda. Meskipun fungsi akuntansi dan pembukuan berbeda, yang terakhir menjadi tugas entri data sederhana dan yang pertama termasuk analisis keuangan terperinci, untuk usaha kecil, satu orang dapat melakukan kedua tugas tersebut secara efisien di awal. Pekerjakan seseorang dengan keahlian yang baik dalam mengelola akun bisnis kecil. Jika Anda tidak terlalu khusus mempekerjakan seseorang, Anda bahkan dapat memilih untuk mengalihdayakan akuntansi Anda ke spesialisperusahaan. Membentuk tim akuntansi internal untuk kontrol lebih besar atas keuangan adalah yang terbaik.
- Langkah 4 – Dapatkan Alat Akuntansi yang Tepat: Dengan bantuan profesional akuntansi Anda, pilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda . Banyak alat akuntansi tersedia, menawarkan berbagai fungsi dan fungsi yang kompleks. Diskusikan persyaratan manajemen keuangan Anda dengan pakar akuntansi dan perangkat lunak khusus yang memenuhi semua persyaratan bisnis Anda.Saat membeli perangkat lunak akuntansi berbasis cloud atau berbasis server yang menawarkan integrasi silang disarankan, jika keuangan bisnis Anda tidak memungkinkan Anda menghabiskan banyak uang untuk perangkat lunak akuntansi, Anda bisa mendapatkan perangkat lunak versi dasar atau gratis.
- Langkah 5 – Buat anggaran: Dengan semua alat akuntansi Anda siap, buat anggaran awal untuk organisasi Anda. Alokasikan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya untuk setiap departemen atau tugas dan distribusikan lebih lanjut bagaimana Anda berencana menggunakan dana masing-masing departemen. Alat akuntansi yang baik menawarkan alat penganggaran praktis yang memungkinkan Anda mengalokasikan anggaran dan memantau kemajuan secara real-time. Setelah anggaran Anda dihitung, menjadi mudah untuk mencatat transaksi dan memantau konsumsi anggaran dengan nyaman.
- Langkah 6 – Catat transaksi tepat waktu:
- Catat semua transaksi dengan cermat dengan alat Anda siap dan anggaran dikuratori.
- Jangan tinggalkan pencatatan hingga akhir bulan karena dapat meningkatkan resiko error.
- Selalu perbarui pembukuan Anda setiap hari dan rekonsiliasikannya setiap minggu dengan rekening bank Anda untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang keuangan Anda.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Teknologi Dan Industri Hipotek