SEO memiliki Pengembalian Investasi (ROI) tertinggi dalam pemasaran e-niaga. Namun, sebagian besar toko online tidak mempertimbangkan strategi e-niaga SEO saat merancang kampanye pemasaran mereka. SEO sepertinya sistem yang tidak efektif, tetapi itu membuat perbedaan besar. Di sisi lain, media sosial atau iklan berbayar membutuhkan upaya dan aliran pendapatan yang berkelanjutan. Sementara SEO tidak membutuhkan tenaga atau uang tetapi membutuhkan sikap yang lebih perhatian untuk meningkatkan bisnis.
Apa itu Strategi E-niaga?
Strategi e-niaga merangkum rencana Anda untuk mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan kinerja dan posisi pasarnya. Transformasi digital merevolusi cara bisnis beroperasi. Saat ini, ketika pelanggan lebih suka belanja online, perusahaan mengubah fisiknya menjadi toko online. Untuk memastikan penjualan produk dan layanan online, bisnis lebih tertarik untuk mengetahui taktik e-commerce yang dapat menstabilkan posisi mereka.
Strategi e-niaga SEO populer di antara teknik pemasaran digital yang sukses karena sifatnya dan investasi yang lebih sedikit. Pernah berpikir mengapa Anda membutuhkan strategi pemasaran e-commerce? Pendekatan pemasaran online menyusun bisnis Anda, membantu mengidentifikasi celah dan kesenjangan, dan memastikan pengalaman konsumen terbaik.
Strategi E-niaga SEO yang Efektif untuk Dipertimbangkan
Berikut adalah beberapa taktik yang akan membantu Anda meningkatkan strategi e-niaga SEO dan mempertahankan posisi Anda di pasar.
Riset kata kunci adalah langkah pertama dan terpenting dalam menyusun strategi e-niaga SEO, karena peringkat situs web Anda bergantung pada kata kunci pilihan Anda. Jika Anda salah melakukan langkah ini, halaman Anda mungkin menghadapi kesulitan peringkat pertama, atau halaman Anda tidak akan menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi. Akan lebih baik untuk menjadi rumit saat memilih kata kunci karena mereka mempengaruhi peringkat halaman Anda dan membuat sulit untuk menemukan audiens Anda.
Lalu lintas situs web yang rendah menghasilkan penurunan jumlah pelanggan. Situasi ini dapat merugikan bisnis Anda dalam hal penjualan dan pendapatan. Anda harus memastikan bahwa kata kunci Anda muncul dengan cepat di hasil pencarian, memiliki volume pencarian yang lebih besar, dan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.
Anda mungkin merasa tidak mudah menemukan kata kunci yang relevan, tetapi Anda dapat mengidentifikasinya dengan melihat istilah atau frasa yang paling banyak dicari di mesin pencari. Riset kata kunci sangat penting untuk meningkatkan dan menerapkan strategi pemasaran digital karena mendorong lalu lintas ke situs web Anda, membuat kampanye pemasaran Anda berhasil.
Ada beberapa cara bagaimana Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang sukses dan mengetahui niat pembeli Anda.
- Amazon adalah sumber paling otentik untuk penelitian kata kunci karena berisi pencarian yang terutama ditujukan untuk pembelian. Anda dapat mengetikkan kata kunci utama Anda di Amazon untuk menemukan kata kunci relevan yang terkait dengan topik Anda. Saran di Amazon akan membantu Anda dengan ide kata kunci dan menawarkan tiga pencarian gratis setiap hari.
- Pencarian Pesaing – Anda juga dapat menemukan kata kunci populer melalui situs web pesaing. Harap pastikan untuk tidak menggunakan kata kunci yang sama persis, daripada Anda dapat memodifikasinya.
- Alat – Ada beberapa alat SEO yang tersedia yang dapat Anda gunakan untuk penelitian kata kunci Anda.
Arsitektur situs
Setelah Anda menyelesaikan penelitian kata kunci, lanjutkan ke langkah lain dalam merancang strategi e-niaga SEO, yaitu arsitektur situs. Arsitektur situs web mengacu pada struktur, navigasi, produk, atau halaman kategori situs web Anda. Salah satu poin penting untuk dipertimbangkan adalah membawa konten yang relevan ke pembaca Anda dan mengurangi waktu pencarian.
Ikuti tiga aturan untuk membuat struktur situs web Anda menarik dan ramah pengguna.
- Desainnya sederhana.
- Halaman tidak boleh mengambil lebih dari tiga klik untuk mendarat di halaman lain.
- Buat URL yang relevan berdasarkan penelitian kata kunci Anda.
Arsitektur situs web yang salah membutuhkan banyak waktu pengguna untuk mencapai halaman produk yang mengakibatkan situs tersebut keluar. Saat Anda menyusun situs web, Anda harus memprioritaskan kepuasan pelanggan dan menjalankannya.
Strategi E-niaga SEO On-Page
SEO On-page adalah tentang menempatkan kata kunci di tempat yang tepat, karena membantu mesin pencari memahami dengan jelas tentang halaman Anda. Ada tiga halaman yang harus disertakan oleh strategi e-commerce SEO: halaman kategori, halaman produk, dan konten blog.
Halaman kategori sangat penting karena memberi pelanggan akses ke produk Anda yang dikategorikan. Untuk mengoptimalkan peringkat halaman pada halaman kategori Anda, Anda harus menambahkan kata kunci di URL, tag judul, metadata, gambar, dan badan konten Anda.
Sebaliknya, Anda harus menulis konten informatif bentuk panjang untuk halaman produk dengan batas kata minimal 1000. Review produk membantu mesin pencari untuk menjawab pertanyaan pengguna . Demikian pula, halaman blog Anda harus menyertakan kata kunci yang paling banyak dicari.
Singkatnya, strategi e-niaga SEO yang efektif bertindak sebagai penggerak lalu lintas situs web dan penghasil prospek. Yang Anda butuhkan hanyalah mempertimbangkan cara-cara yang dijelaskan di atas untuk meningkatkan strategi SEO e-niaga dan meningkatkan bisnis Anda.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Alasan Website Anda Tidak Berperingkat Dan Cara Meningkatkannya