Kerja tim tidak diragukan lagi merupakan salah satu keunggulan dari proses kerja saat ini. Cloud, tim kerja jarak jauh, dan alat kolaboratif memungkinkan ini dikembangkan secara real-time dan lebih praktis, berbagi informasi dan mengurangi tugas yang tidak perlu.
Terutama dalam segala hal yang berkaitan dengan manajemen administrasi bisnis, tetapi juga dalam penjualan, saat ini sangat penting untuk memimpin tim kerja dan mempromosikan kerja tim dengan alat yang tepat. Mari kita lihat beberapa tips untuk mengelola tim kerja di era transformasi digital dan cara memimpin, mengoordinasi , dan mengelola orang yang bekerja bersama secara online.
Kunci Memimpin Tim Kerja di Perusahaan
Setiap perusahaan harus mendefinisikan tim kerja dengan baik. Terkadang organisasi juga membentuk departemen, dan terkadang ada beberapa tim kerja di departemen yang sama yang terkait dengan bidang yang berbeda.
Intinya adalah beberapa faktor harus diperhatikan untuk memimpin tim secara profesional dan memadai. Simak tips berikut ini:
Gunakan alat manajemen cloud untuk mengelola alur kerja; selalu lebih baik bekerja dengan alat di cloud. Jika Anda menggunakan alat atau perangkat lunak tradisional yang dipasang di kantor perusahaan sendiri, Anda bergantung padanya untuk bekerja. Informasinya terpusat, yang membuat pekerjaan online dan jarak jauh menjadi rumit.
Alat-alat yang ada di cloud sudah sangat memudahkan pekerjaan sehingga tim kerja, meski jaraknya jauh , bisa bekerja secara profesional dan memadai.
Tetapkan tugas dan izin
Dalam sebuah tim, fungsi setiap orang harus terdefinisi dengan baik. Jika kita tidak mengidentifikasi mereka dengan baik, akan muncul keraguan tentang siapa yang harus melakukan apa, dan itu akan menunda pekerjaan. Anda juga harus tahu bagaimana mengelola informasi yang dapat diakses oleh setiap orang. Misalnya, tidak semua pengguna perangkat lunak manajemen harus memiliki akses ke informasi yang sama.
Misalkan CEO dapat mengakses semua data perangkat lunak manajemen. Dalam hal itu, karyawan departemen tertentu mungkin hanya terpengaruh oleh data yang sesuai dengan area mereka, apa pun itu: CRM, area akuntansi, penjualan, dan pembelian.
Memberikan pelatihan yang sesuai
Karyawan membutuhkan pelatihan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Dan pemimpin bisnis diharapkan untuk mengajari dan menunjukkan kepada karyawan cara menangani alat yang akan mereka gunakan secara teratur, tujuan apa yang harus mereka penuhi, fase proses apa saja , dan, pada akhirnya, berbagai tugas yang diperlukan untuk mengontrol dan mengelola wilayah kerja mereka. bekerja.
Dalam pengertian ini, jika karyawan akan mengembangkan tugas yang melibatkan akses ke perangkat lunak manajemen bisnis, mereka harus memiliki pengguna dengan izin dan protokol atau instruksi tindakan yang sesuai untuk menjalankan fungsinya. Kelas kecil atau sesi inisiasi mungkin lebih dari cukup untuk mengenal program tersebut.
Menghasilkan komunikasi yang baik
Komunikasi internal sangat penting agar tim kerja dapat berkoordinasi dengan baik. Jika pemimpin tidak berkomunikasi, secara kolektif dan individual, keraguan akan muncul dan menumbuhkan inisiatif spontan dan pekerjaan yang tidak terkoordinasi, merugikan produktivitas seluruh tim.
Kita harus memastikan bahwa ada komunikasi yang lancar, yang saluran komunikasinya harus jelas. Banyak informasi dapat dibagikan langsung secara online melalui perangkat lunak manajemen ERP, sehingga tidak perlu mengirim dokumen melalui email karena data dapat diakses secara real time.
Memotivasi tim Anda
Pemimpin bisnis harus memotivasi timnya, membangkitkan perasaan menyenangkan pada karyawan, menyampaikan informasi, dan menjadi orang pertama yang terlibat dalam proyek.
Dalam pengertian ini, pesan-pesan yang berorientasi untuk menunjukkan minat dan mengikuti kebutuhan karyawan sangat membantu tim kerja terkemuka di perusahaan.
Bersikaplah tegas
Anda tidak perlu menunda-nunda dan dapat mengambil jelatang saat dibutuhkan. Tidak ada masalah dengan mengubah atau membuat keputusan yang berbeda. Tetapi hasilnya bisa mahal untuk pekerjaan dan keterampilan kepemimpinan Anda saat ini. Jika prosesnya salah, tarik napas dalam-dalam, dan temukan informasi berbasis penelitian yang mendidik Anda dengan baik. Dengan cara ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat yang menguntungkan Anda. Jangan ragu untuk mengambil bantuan dari sumber yang relevan karena itu akan memperkuat Anda. Tim memungkinkan Anda mempelajari banyak hal, tetapi itu tidak berarti Anda akan memiliki jawaban bersama.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Tips Meningkatkan Pekerjaan Freelance Anda