Produk inovasi dalam bentuk produk baru dan proses pengenalan teknologi baru, peralatan, dan material adalah yang paling banyak digunakan dalam praktik. Ekonomis – penggunaan sistem dan bentuk remunerasi yang sebelumnya tidak digunakan dan metode pengelolaan biaya produksi; pemasaran – pengembangan pasar baru dan cara-cara promosi; sosial – penggunaan metode motivasi tenaga kerja yang sebelumnya tidak digunakan; dan lingkungan – penggunaan teknologi baru – penerapan teknologi baru.
Inovasi reaktif muncul sebagai reaksi terhadap tindakan pesaing dan, seperti yang strategis, bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk atau layanan. Inovasi strategis pada umumnya bersifat menjanjikan dan dirancang untuk memastikan daya saing suatu perusahaan atau organisasi; inovasi reaktif muncul sebagai reaksi terhadap tindakan pesaing dan, seperti yang strategis, bertujuan untuk meningkatkan daya saing suatu produk atau layanan. Kategorisasi terobosan yang dijelaskan di atas berguna untuk akuntansi statistik dan memposisikan produk di pasar yang kompetitif, menilai kelayakan Anda, mengembangkan rencana pertumbuhan, dan membenarkan perbaikan manajemen.
Dalam industri, biasanya dibedakan antara dua jenis inovasi teknologi – produk dan proses:
Inovasi produk
Ini mencakup pengenalan produk baru atau yang lebih baik secara teknologi :
Produk baru secara teknologi (inovasi produk radikal) adalah produk yang karakteristik teknologinya seperti fitur fungsional, desain, dan operasi tambahan. Serta komposisi bahan dan komponen yang digunakan) atau penggunaan yang dimaksudkan pada dasarnya baru atau berbeda secara signifikan dari produk yang diproduksi sebelumnya dengan karakteristik dan kegunaan yang serupa. Terobosan-terobosan ini dapat didasarkan pada teknologi yang sama sekali baru atau kombinasi teknologi terkini dalam penerapannya yang baru (termasuk hasil penelitian dan pengembangan). Mikroprosesor dan perekam kaset video adalah dua contoh teknologi radikal (yang pada dasarnya baru). Inovasi tipe dua adalah pemutar kaset portabel pertama, yang mengintegrasikan konsep kritistape recorder dan micro ear loudspeaker.
Produk yang ditingkatkan secara teknologi adalah produk yang kualitas atau karakteristik biayanya telah ditingkatkan secara nyata menggunakan komponen dan bahan yang lebih efisien, perubahan sebagian dalam satu atau beberapa subsistem teknis (untuk produk yang kompleks).
Peningkatan proses
Bentuk inovasi ini didasarkan pada penggunaan peralatan manufaktur baru, metode baru dalam mengatur proses manufaktur, kombinasi dari semuanya, dan penggunaan hasil penelitian dan pengembangan. Ini memerlukan pembuatan dan pelaksanaan prosedur manufaktur dan metode transfer produk yang maju secara teknologi atau ditingkatkan secara signifikan. Biasanya, inovasi semacam itu dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi produksi atau mentransfer produk yang sudah digunakan di perusahaan. Namun, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat dan memasok barang-barang baru atau lebih baik secara teknologi yang tidak dapat diproduksi atau disediakan menggunakan teknik manufaktur tradisional .
Ketika kualitas layanan atau metode penggunaan pada dasarnya baru atau sangat (substantif) ditingkatkan dalam hal teknologi, itu disebut inovasi teknis di sektor layanan. Inovasi teknologi juga mengacu pada penggunaan metode yang ditingkatkan secara signifikan untuk memproduksi atau mentransmisikan layanan. Yang terakhir mengacu pada peralatan atau perubahan organisasi produksi yang terkait dengan produksi atau transfer layanan baru atau yang ditingkatkan secara signifikan yang tidak dapat diproduksi atau ditransfer menggunakan metode yang ada atau dengan peningkatan efisiensi pembuatan atau pertukaran layanan yang ada.
Kesimpulan
Perubahan organisasi dan manajerial, termasuk transisi ke metode manajemen lanjutan, pengenalan struktur organisasi yang berubah secara signifikan , dan penerapan arah baru atau sangat berubah dalam strategi ekonomi perusahaan. Anda dapat menggunakan pengetahuan atau teknologi baru dalam inovasi produk. Mereka juga dapat didirikan pada aplikasi baru atau kombinasi pengetahuan dan teknologi saat ini. Baik barang maupun jasa disebut sebagai “produk”. Inovasi produk mengacu pada pengenalan barang dan jasa baru dan perubahan signifikan dalam fitur fungsional atau konsumen dari barang dan jasa yang sudah ada sebelumnya. Kita harus mempertimbangkan inovasi sebagai serangkaian alat untuk memecahkan masalah tertentumasalah, sama seperti bidang lainnya. Selama keberadaan perusahaan, kami tidak mengandalkan satu pendekatan pemasaran atau satu sumber pendapatan. Dengan cara yang sama, kita perlu membuat portofolio strategi inovatif untuk tugas tertentu.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Seleksi Karir