Banyak perusahaan yang telah mengadopsi penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk menunjang kegiatan operasional.
Tentunya masing-masing aplikasi memiliki keunggulan yang berbeda.
Ada yang digunakan untuk mengelola keuangan perusahaan, otomatisasi penggajian, pemantauan biaya perusahaan, penjualan, dan juga kemampuan mengelola hubungan dengan pelanggan (CRM)
Dengan menggunakan program ERP, maka perusahaan akan bisa mewujudkan pekerjaan yang lebih efisien, dan pelayanan yang terbaik sehingga dapat membuahkan keuntungan yang maksimal.
1. Mekari Jurnal, Aplikasi ERP Terpercaya di Indonesia
Rekomendasi aplikasi ERP pertama yang telah dipercayai oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Mekari Jurnal.
Aplikasi berbasis cloud ini memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam mengotomasi proses akuntansi perusahaan, beberapa di antaranya adalah:
- Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
- Laporan cepat & tepat, susun laporan keuangan dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
- Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
- Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
- Integrasi dengan Bank, program POS, marketplace, dll.
- Online live chat tiap saat.
Dengan adanya pelaporan keuangan yang akurat, keputusan bisnis akan lebih mudah diambil sehingga bisnis Anda pun akan semakin berkembang.
2. NetSuite ERP
Selanjutnya ada NetSuite ERP, program yang memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Aplikasi ini cocok digunakan pada semua kalangan bisnis, terutama dalam perencanaan catatan keuangan, misalnya pengauditan pengeluaran industri.
NetSuite ERP dapat mengelola keuangan dan sumber daya dengan baik, serta memiliki kontrol supply chain yang berguna untuk menjaga bisnis agar tetap stabil.
Tidak hanya itu, NetSuite juga dilengkapi dengan built in intelligence system yang menawarkan sejumlah solusi industri terkemuka untuk fasilitas migrasi data.
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh NetSuite diantaranya:
- Reputasi yang sudah diakui. Sudah ada ribuan perusahaan yang telah menggunakan aplikasi ini untuk semua kebutuhan akuntansi perusahaan mereka
- Supply chain lebih efisien. Anda jbisa mendapatkan tampilan data yang nyata di setiap distribusi, inventaris, serta indikator pengadaan.
- Laporan keuangan akurat. NetSuite memiliki sistem pengelolaan yang membantu Anda dalam menghitung dan membuat laporan keuangan dengan akurat berdasarkan setiap transaksi penjualan produk atau layanan yang dilakukan.
- Penganggaran dan pengelolaan SDM yang akurat. Program ERP ini juga memiliki fitur perencanaan keuangan yang membantu dalam penganggaran bisnis perusahaan, salah satunya evaluasi berbagai skenario keuangan yang berguna untuk menetapkan target tahunan dengan lebih akurat. Tidak hanya itu, NetSuite juga memiliki sistem pengelolaan SDM yang sangat baik yaitu dengan memaksimalkan produktivitas perusahaan Anda dan menekan biaya pengelolaan.
3. Brightpearl, Aplikasi ERP untuk Bisnis Online di Indonesia
Tidak kalah dari yang sebelumnya, aplikasi ERP yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat terintegrasi dengan platform toko online berskala internasional, seperti contoh Amazon, Shopify, E-Bay, dan masih banyak lagi.
Brightpearl dapat membantu perusahaan dalam mengelola alur kerja secara back office dan juga membantu mengembangkan bisnis.
Selain itu, aplikasi Brightpearl akan menjaga pembaruan data penjualan secara berkala dan real time.
Dengan begitu Anda akan bisa mengontrol stok barang yang tersedia serta barang yang disimpan pun akan dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
4. Ecount ERP
Banyak bisnis kecil maupun menengah yang memilih ECount ERP untuk meningkatkan produktivitas bisnis mereka.
Ini karena sistem pada ECount ERP dapat mengintegrasikan berbagai fungsi akuntansi mulai dari faktur, sistem penggajian, manajemen pembelian, anggaran, manufaktur, dan fungsi akuntansi lainnya.
Perlu Anda ketahui juga bahwa program ECount ERP secara penuh di-hosting dalam layanan cloud sehingga tidak membutuhkan pengaturan atau pemeliharaan yang rumit.
Tidak hanya itu, pembaruan sistem ini disinkronkan otomatis sehingga Anda tidak perlu membayar biaya tambahan hanya untuk mendapatkan versi terbaru.
Berikut beberapa kelebihan atau keunggulan ECount ERP yang bisa didapatkan oleh perusahaan Anda:
- Fitur yang cukup lengkap. Mulai dari akuntansi, pembelian, manufaktur, inventaris, bisnis, dan juga penjualan. Anda juga bisa meningkatkan aksesibilitas semua fitur dan operasi melalui perangkat seluler Anda.
- Pengelolaan transaksi secara efisien. Menunjukkan gambaran lengkap mengenai implementasi produk, perkiraan biaya, jadwal, juga materi yang ada. Program ini juga bisa meng-update data secara otomatis setiap adanya pembelian sehingga Anda dapat mengontrol inventaris secara penuh dan akurat dalam menangani permintaan pembelian dan penjualan.
- Adanya sistem groupware. Memungkinkan Anda untuk memandu tim secara sinkron dan terorganisir. Dengan begitu, semua anggota tim bisa terhubung dan bisa saling berkomunikasi secara online dengan mudah.
- Customer service yang bisa diandalkan. Anda juga akan dibantu oleh tim profesional yang memiliki pengetahuan tinggi dan sudah berpengalaman yang dapat menjawab berbagai pertanyaan Anda selama 24 jam penuh melalui email maupun nomor telepon.
5. gtEnterprise Suite, Rekomendasi Aplikasi ERP untuk Pengelolaan SDM Indonesia
Sama seperti sebelumnya, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan modul yang lengkap, seperti gtCRM, gtAsset, gtHR, dan masih banyak lagi.
Dengan kelengkapan modul yang dimiliki maka aplikasi ini tidak hanya akan menonjolkan kelebihan pada aspek pengelolaan keuangan saja, melainkan juga pada perencanaan sumber daya manusia, inventory management, dan pengelolaan konsumen.
6. Sage Inttact
Salah satu rekomendasi aplikasi ERP terbaik selanjutnya adalah Sage Inttact karena tools keuangan pada aplikasi ini telah dilengkapi dengan AICPA untuk CPA.
Bahkan di dalamnya juga terdapat panduan serta video tutorial yang dapat memudahkan pengguna yang masih tergolong pemula.
Sumber : https://www.jurnal.id
Artikel Terkait : memahami-pengendalian-intern-dalam-sistem-informasi-akuntansi