Merek dagang biasanya melindungi nama merek dan logo yang digunakan pada barang dan jasa. Sangat penting bagi pemilik bisnis untuk memilih dan mendaftarkan merek dagang yang dapat didaftarkan secara federal dan dilindungi secara hukum. Meskipun tidak wajib mendaftarkan merek dagang secara federal, namun memiliki berbagai manfaat. Manfaat tersebut meliputi pemberitahuan kepada masyarakat tentang hak milik pendaftar atas merek tersebut, asumsi kepemilikan yang sah secara hukum di seluruh negeri, dan hak khusus untuk menggunakan merek tersebut pada atau dalam kaitannya dengan barang/jasa yang tercantum dalam pendaftaran.
Meskipun tidak wajib, sebagian besar calon menggunakan pengacara merek dagang swasta untuk panduan hukum mengenai penggunaan merek dagang mereka, mengajukan permohonan, dan kemungkinan penyelesaian dalam prosedur pendaftaran karena tidak semua pengajuan dilanjutkan ke pendaftaran. Seorang pengacara merek dagang swasta dapat membantu Anda menghindari banyak potensi jebakan.
Sekarang muncul pertanyaan kapan waktu yang tepat bagi bisnis baru untuk mendapatkan merek dagangnya sendiri. Ketika bisnis baru dimulai, semuanya tidak dilakukan sekaligus. Butuh waktu untuk memperkenalkan produk atau layanan ke pasar. Butuh waktu untuk mengumpulkan pelanggan. Dibutuhkan waktu untuk melakukan pemasaran pada skala di mana pelanggan potensial tertarik ke tingkat di mana mereka menjadi pelanggan tetap. Khusus untuk usaha kecil, ketika semuanya harus mendapatkan ruang atau tempat di pasar, sulit bagi pemilik usaha untuk menentukan waktu yang tepat untuk mendapatkan merek dagang perusahaan mereka yang dapat digunakan pada produk dan layanan mereka untuk identitas mereka.
Di Amerika Serikat, sebuah perusahaan memperoleh hak hukum umum atas sebuah label segera setelah digunakan dalam perdagangan. Itu berarti bahwa segera setelah produk atau layanan mulai dijual, pemilik bisnis dapat memperoleh hak kepemilikan berdasarkan hukum umum atas merek dagang tersebut tanpa pendaftaran resminya di Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) . Padahal, hak-hak hukum umum ini terbatas pada grafik tertentu di mana merek tersebut digunakan dan akan sangat membantu di pengadilan jika Anda harus mengadili bisnis lain yang menggunakan nama atau merek yang mirip atau sama.
Yang terbaik bagi bisnis baru mana pun untuk mendaftarkan hak merek dagang mereka untuk perusahaan sesegera mungkin. Dalam kebanyakan kasus, kemungkinan bisnis akan mengajukan untuk mendaftarkan aplikasi merek dagang segera setelah LLC atau korporasinya diajukan.
Pencarian Merek Dagang Komprehensif
Ketika pemilik usaha ingin mendaftar dan mengajukan merek dagang, mereka bersama dengan bimbingan pengacara harus memastikan bahwa nama atau simbol tersebut belum digunakan oleh perusahaan/usaha lain. Jika untuk LLC atau korporasi, pastikan nama tersebut belum digunakan oleh korporasi lain di negara bagian yang sama. Lakukan pencarian menyeluruh untuk memastikan bahwa nama yang mirip tidak digunakan di setiap negara bagian lain juga karena Anda dapat diminta untuk segera berhenti menggunakan nama tersebut.
Aplikasi Merek Dagang “Intent-to-Use”.
Meskipun yang terbaik adalah mendaftarkan merek dagang sesegera mungkin, ada sisi lain juga. Memiliki merek dagang berarti layanan Anda siap diperkenalkan ke pasar. Nah, bagaimana jika produk atau jasa Anda belum siap dipasarkan?
Dalam hal ini, USPTO memungkinkan Anda untuk mengajukan aplikasi yang disebut aplikasi merek dagang “intent-to-use” . Saat USPTO mengizinkan aplikasi niat-untuk-menggunakan Anda, Anda harus mulai menggunakan merek dagang dalam waktu 6 bulan. Namun, jika produk atau layanan Anda belum siap, Anda dapat meminta perpanjangan. USPTO akan melihat apakah ada penyebab yang baik untuk perpanjangan permintaan aplikasi maksud-untuk-penggunaan Anda. USPTO dapat memberi Anda perpanjangan selama empat bulan. Anda dapat mengajukan aplikasi sebanyak 4 kali untuk memperpanjang 4 bulan Anda setiap saat. Keuntungan dari aplikasi ini adalah tanggal pengajuan aplikasi Anda akan dianggap sebagai tanggal penggunaan pertama merek dagang Anda.
Kesimpulan
Merek dagang adalah logo atau nama yang harus dimiliki oleh setiap bisnis sesegera mungkin. Merupakan suatu keharusan bagi bisnis apa pun untuk mendaftarkan merek dagang sedini mungkin. Ini menunjukkan bahwa bisnis siap untuk pasar. Jika bisnis Anda belum siap, maka Anda dapat menggunakan aplikasi merek dagang intent-to-use.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: 5 Indikator Kinerja Keuangan Utama Dalam Arsitektur