Anggaran adalah komponen kunci dari perencanaan bisnis yang seharusnya membantu organisasi dalam mengubah strateginya menjadi tindakan. Sayangnya, lebih dari 60% bisnis tidak menghubungkan strategi yang direncanakan dengan anggaran mereka.
Penganggaran adalah implementasi strategis dari rencana bisnis. Untuk mencapai tujuan dalam rencana bisnis, Anda akan memerlukan peta jalan yang dievaluasi dari ide bisnis yang menetapkan indikator dan ukuran kinerja. Anda kemudian dapat membuat perubahan di sepanjang jalan untuk memastikan bahwa Anda sampai pada kesimpulan yang diinginkan.
Penganggaran taktis atau strategis adalah jenis perencanaan keuangan yang intens, dan banyak organisasi menggunakan penganggaran taktis untuk menentukan di mana harus menetapkan sumber daya keuangan dan modal untuk mencapai keuntungan yang optimal. Berikut adalah panduan untuk menilai manajemen anggaran dengan setiap langkah yang lewat.
Langkah 1- Memulai
Sebelum mempertimbangkan hal lain, Anda perlu mendapatkan gambaran yang jelas tentang keuangan Anda. Gabungkan setiap laporan keuangan masa lalu untuk menentukan tabungan, investasi, dan pembayaran utang saat ini. Ketika Anda mendapatkan perkiraan pendapatan dan pengeluaran bulanan, dan pengeluaran Anda melebihi pendapatan Anda, Anda harus memberi perhatian khusus pada langkah selanjutnya.
Langkah 2- Periksa pengeluarannya
Ada dua jenis dasar biaya, variabel dan tetap. Biaya tetap melibatkan hipotek, sewa, dan gaji, dan biaya ini umumnya tetap pada rasio tetap. Namun, biaya variabel langsung berubah. Misalnya, biaya variabel melibatkan kampanye pemasaran. Anda harus menentukan kedua kategori pengeluaran dengan hati-hati dan mempertimbangkan apakah keduanya dapat dihilangkan atau dikurangi sama sekali.
Langkah 3- Tetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek
Sebagian besar perencanaan taktis mencakup perencanaan strategis. Anda harus memutuskan penggunaan uang Anda. Apakah Anda harus membayar hutang? Apakah Anda berencana untuk memperluas bisnis Anda dalam waktu dekat? Apakah bisnis Anda melibatkan pembuatan produk & jika demikian, apakah itu berfluktuasi langsung dengan inflasi? Pertimbangkan semua detail dan catat berbagai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Ide-ide ini akan menentukan langkah Anda selanjutnya.
Langkah 4- Kelola pengeluaran Anda sesuai dengan itu
Evaluasi kembali pengeluaran Anda dan pertimbangkan untuk menghilangkan hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Ini mungkin termasuk makan malam bisnis, fasilitas karyawan, dan pengeluaran mewah lainnya. Anda juga dapat mengurangi pengeluaran Anda dengan mengganti polis asuransi , mencari penyedia internet yang lebih murah, membiayai kembali hutang, dan memanfaatkan manfaat dari hal-hal kecil seperti penagihan virtual dan berbagai program yang dirancang untuk biaya yang lebih rendah.
Langkah 5- Hapus hutang
Setelah mengelola pengeluaran Anda, Anda mungkin memiliki kelebihan uang tunai yang dapat digunakan lebih lanjut untuk melunasi hutang. Melunasi hutang tepat waktu akan selalu lebih menguntungkan karena memiliki hutang yang konstan cukup mahal karena tingkat bunga yang terus meningkat. Segelintir hutang bebas bunga, dan semakin banyak tingkat bunga yang Anda bayar, semakin banyak hutang itu akan membebani Anda dalam jangka panjang.
Langkah 6- Tetapkan uang ekstra
Jika Anda bebas utang atau memiliki ambisi yang terpisah dari membayar utang, seperti menabung untuk produk baru atau perluasan layanan bisnis Anda, Anda akan dan harus memutuskan cara untuk menetapkan penghasilan tambahan yang Anda hasilkan selama beberapa bulan mendatang. Anda dapat menginvestasikannya di suatu tempat atau menyimpannya untuk tujuan masa depan. Apa pun keputusan yang Anda buat, luangkan waktu untuk mengevaluasi semua opsi yang ada dan pertimbangkan konsekuensi potensial dari tindakan Anda.
Langkah 7- Dapatkan semua orang bergabung
Meskipun banyak bisnis memiliki orang yang mengawasi semua keuangan secara individual, penganggaran cenderung berhasil ketika semua orang tetap pada halaman yang sama. Ketika setiap karyawan menyadari tujuan jangka pendek dan jangka panjang, argumen menjadi lebih sedikit, dan diskusi menjadi lebih produktif. Jika Anda adalah akuntan atau menangani departemen keuangan, pertimbangkan untuk berbagi beban dan melibatkan orang lain sehingga Anda dapat mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan cepat.
Semua elemen di atas adalah akar dari penyelarasan perencanaan taktis dan strategis dengan prosedur penganggaran. Strategi mendekati tujuan, sedangkan anggaran digunakan untuk mengimplementasikan strategi ke dalam tindakan praktis . Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, seorang pengusaha harus menjaga strategi dan anggaran pada halaman yang sama.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Ulasan Pengguna dan Manfaatnya