Saat mengembangkan strategi komunikasi, fokusnya harus pada menciptakan kepribadian dan suara bisnis Anda. Untuk memahami bagaimana mengembangkan gaya komunikasi bisnis Anda, Anda harus mulai dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang tepat.
Pertama dan terpenting, Anda perlu menentukan target komunikasi Anda untuk menyesuaikan komunikasi Anda dengan mereka. Memahami gaya komunikasi audiens target Anda akan membantu ketika mengembangkan strategi komunikasi bisnis Anda.
Secara alami, komunikasi korporat harus memiliki tujuan. Strategi komunikasi Anda akan fokus pada satu atau lebih tujuan. Pesan perusahaan Anda tentu saja bertujuan untuk mencapai tujuan ini.
Jika bisnis Anda berumur beberapa tahun, kemungkinan besar akan memiliki citra tertentu di benak pelanggan. Coba tentukan apa gambar ini dan cari tahu apakah itu cocok dengan target Anda dan menyenangkan prospek Anda. Jika jawabannya tidak, pikirkan gambar baru dan cara terbaik untuk menyampaikan gambar ini.
Sebagai pemimpin bisnis, Anda perlu mengetahui persaingan di ujung jari Anda. Bagian dari strategi komunikasi Anda akan berusaha membedakan bisnis Anda dari pesaing. Diferensiasi ini bisa datang melalui slogan yang menarik, citra baru, simbol perusahaan, atau maskot. Sarana untuk membedakan itu banyak. Terserah Anda untuk mencari cara bagaimana memunculkan citra unik yang dapat membedakan Anda dari pesaing dengan cara yang cerdas.
Setelah menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini pada diri Anda sendiri, Anda harus dapat membedakan garis besar strategi komunikasi Anda. Anda menyadari target, sasaran, dan tujuan yang ingin dicapai saat membuat rencana komunikasi. Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus mengatasi target Anda.
Sekarang setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan membuat garis besar strategi komunikasi Anda, Anda perlu mengembangkannya. Berikut adalah enam langkah untuk menciptakan strategi komunikasi yang efektif .
Tetapkan anggaran
Seperti di tempat lain, rencana komunikasi memerlukan anggaran tertentu. Langkah pertama dalam strategi komunikasi Anda adalah menentukan anggaran yang Anda alokasikan untuk itu. Menetapkan anggaran komunikasi tahunan akan memungkinkan Anda untuk tetap berpijak dan menentukan sumber daya manusia dan material Anda untuk mencapai tujuan komunikasi Anda.
Buat daftar dan prioritaskan tujuan Anda
Anda tahu tujuan dari strategi komunikasi Anda. Tujuannya harus membuat perusahaan Anda dikenal, mengurangi pergantian staf, meningkatkan omset keuntungan , menjual produk baru, dan mencari kolaborator. Kampanye komunikasi yang sama dapat memenuhi beberapa tujuan, oleh karena itu minat untuk mencantumkan semuanya.
Ketahui target Anda
Sejalan dengan tujuan Anda adalah target komunikasi Anda. Mereka bisa banyak: prospek, pelanggan, mitra, karyawan, dll. Selalu berhati-hati untuk mengidentifikasi target Anda dan kenali mereka sebanyak mungkin untuk menggunakan sarana komunikasi yang paling tepat. Jadilah spesifik dalam kampanye komunikasi Anda. Menyentuh audiens yang besar itu mahal, dan lebih baik mengirim pesan yang tepat kepada orang yang tepat untuk mengoptimalkan anggaran komunikasi Anda.
Buat pesan Anda
Strategi komunikasi yang terkendali melewati pesan yang bijaksana. Setiap kampanye komunikasi Anda akan dibawa oleh pesan yang jelas untuk disebarkan ke target Anda. Pesan Anda akan ditentukan oleh tujuan dan citra perusahaan Anda.
Ketahui cara mengadopsi pidato perusahaan yang koheren dan sesuai dengan target Anda. Nada formal akan lebih serius untuk bisnis Anda, sementara nada terpisah akan memberikan simpati yang lebih besar. Terserah Anda untuk menentukan target Anda yang paling sensitif , dan Anda juga dapat merencanakannya.
Pilih sarana komunikasi Anda
Strategi komunikasi bergantung pada sarana komunikasi yang berbeda dalam jangkauan Anda—iklan TV, iklan radio, hubungan pers, surat, media komunikasi, acara, dll. Semuanya layak, asalkan tetap realistis dengan anggarannya. Tentukan sarana komunikasi yang paling banyak digunakan oleh target Anda dan yang paling terjangkau secara finansial. Hal yang paling efektif adalah menggabungkan berbagai sarana komunikasi pada waktu-waktu penting dalam setahun.
Tentukan rencana komunikasi Anda
Strategi komunikasi Anda harus memiliki garis waktu dan rencana tindakan yang jelas. Akan membantu jika Anda mendefinisikan strategi komunikasi kepada semua orang di dalam perusahaan Anda untuk memastikan bahwa komunikasi itu jelas dan kuat . Banyak kesalahan organisasi dalam bisnis dapat ditelusuri kembali ke komunikasi yang buruk . Oleh karena itu, penting bahwa rencana komunikasi Anda didefinisikan dengan baik dan dipahami oleh semua orang.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: 6 Langkah Perencanaan Strategis untuk Bisnis Anda