Apakah Anda seseorang yang telah mendirikan bisnis baru? Untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda harus terlibat dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda. Jika Anda bukan ahli keuangan atau tidak mahir dalam akuntansi, maka pembukuan mungkin bukan tugas favorit Anda, tetapi itu akan membantu pertumbuhan dan kelangsungan bisnis Anda. International Journal of Science & Research melaporkan bahwa 75% dari peserta percaya bahwa pembukuan memungkinkan mereka untuk memastikan posisi keuangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan ada hubungan langsung antara pembukuan, pertumbuhan, dan profitabilitas UKM.
Berikut adalah sembilan tips untuk membantu membuat pembukuan usaha kecil lebih mudah:
-
Akun Bisnis Terpisah
Anda mungkin menganggap lebih mudah menggunakan rekening bank pribadi Anda untuk bisnis Anda; keuangan pribadi dan bisnis Anda pada akhirnya akan menderita, yang dapat merugikan. Untuk menjalankan bisnis Anda dengan lancar, membuka rekening bisnis dan mendapatkan kartu kredit terpisah sangat penting untuk membantu perusahaan Anda membangun peringkat kreditnya.
Jika Anda perlu menggunakan uang bisnis Anda untuk pengeluaran pribadi, maka transfer jumlah tersebut ke rekening bank pribadi Anda dan gunakan. Jika seseorang melakukan pembukuan untuk Anda, akan sulit baginya untuk mengkategorikan transaksi pribadi dan bisnis Anda. Menyortir melalui transaksi pribadi dan bisnis dapat memakan waktu, sulit, mahal, dan menyebabkan kesalahan.
-
Perangkat Lunak Pembukuan
Ada banyak pilihan yang tersedia untuk perangkat lunak akuntansi bisnis kecil, tetapi menyiapkan perangkat lunak bisa jadi rumit. Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan bantuan seorang profesional karena sekitar 82% ahli yang disurvei percaya bahwa seorang profesional harus menyelesaikan pengaturan awal sistem akuntansi bisnis kecil yang terkomputerisasi.
-
Catatan Pembayaran
Sangat penting untuk menyimpan catatan pembayaran karena membantu Anda mengingat siapa yang telah membayar tunai. Anda mungkin lupa bahwa klien telah membayar Anda, dan ketika Anda meneleponnya untuk pembayaran, Anda mungkin malu ketika dia memberi tahu Anda bahwa dia telah membayar jumlahnya. Memelihara catatan juga membantu menemukan klien yang pembayarannya jatuh tempo, dan Anda akan tahu berapa banyak keuntungan yang Anda peroleh.
-
Simpan Tanda Terima
Pembukuan tidak bergantung pada tanda terima untuk mengidentifikasi transaksi, tetapi Internal Revenue Service (IRS) akan membutuhkannya untuk semua pengurangan pajak. Menyimpan semua tanda terima mungkin tampak sulit, tetapi Anda dapat memindainya dan melampirkan salinan elektronik ke transaksi dalam perangkat lunak pembukuan Anda.
-
Buat Laporan Pembukuan Bulanan
Untuk memastikan proses beroperasi dengan benar, perbarui sistem pembukuan Anda dan buat catatan bulanan. Langkah ini sangat penting karena Anda dapat memantau segala sesuatu tentang bisnis Anda dan pengeluarannya.
-
Tetapkan Pengingat Batas Waktu
Sangat mudah untuk melupakan tenggat waktu ketika Anda adalah pemilik bisnis yang sibuk. Tenggat waktu yang diabaikan dapat mengakibatkan denda atau penalti, terutama jika Anda telah melewatkan tanggal jatuh tempo penyerahan pajak. Untuk menghindarinya, atur pengingat agar tidak terjadi. Tambahkan tanggal jatuh tempo ke kalender Anda untuk memastikan Anda tidak melewatkan tanggal jatuh tempo yang akan datang.
-
Rencanakan Pengeluaran Besar
Bersikaplah realistis tentang pengeluaran yang mungkin datang dalam waktu dekat. Mengakui kesulitan musiman dan bagaimana hal itu akan memengaruhi pengeluaran Anda di masa depan adalah penting.
-
Sisihkan Uang Pajak
Anda telah memulai bisnis, jadi jelas bahwa Anda akan membayar pajak, jadi sisihkan uang secara sistematis untuk itu. Rencanakan pengeluaran Anda yang akan datang sesuai dengan jumlah yang telah Anda sisihkan untuk pajak.
-
Pembukuan Outsource
Jika Anda menangani tugas lain di kantor dan merasa pembukuan sulit atau tidak punya waktu untuk itu, maka lakukan outsourcing. Akan hemat biaya untuk menyewa seorang profesional karena catatan akan akurat, dan persiapan pajak tidak akan menjadi tanggung jawab Anda. Menurut sebuah studi oleh Wasp Barcode Technologies, 50% pemilik usaha kecil mengalihdayakan akuntansi penggajian mereka.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: 7 Cara Menemukan Pekerja yang Kompeten