Kepala ahli agronomi harus menghitung semua biaya yang diperlukan untuk musim tanam yang sukses, mulai dari biaya bahan bakar dan tenaga kerja hingga biaya pupuk, benih, pengendalian hama, dan potongan lainnya. Menguasai literasi keuangan secara pribadi akan memungkinkan Anda untuk bekerja lebih efektif di bidang manajerial. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang agronomi sebagai spesialisasi dari artikel kami “Apa profesi ahli agronomi.”
Bagaimana mengelola keuangan Anda
Pertama, Anda perlu mencatat semua pendapatan dan pengeluaran yang direncanakan untuk bulan berjalan. Rencana pengeluaran yang terperinci tidak dapat disimpan di kepala Anda, bahkan jika Anda memiliki ingatan yang baik. Ini akan membantu menciptakan gambaran keuangan secara keseluruhan.
Bagaimana cara melakukannya? Untuk memulainya, di atas kertas (atau di Excel, sesuai keinginan Anda), kami membuat tabel dengan semua tanda terima dan pengeluaran. Sangat penting untuk memikirkan aspek kehidupan dengan baik dan tidak melewatkan apa pun. Meski baru pertama kali, tentu akan ada kekurangannya. Tidak mungkin melakukan perencanaan yang tepat dan benar segera. Jika Anda menemukan cacat, Anda harus mencatatnya dalam catatan. Pendekatan ini akan membantu memperbaiki skema penganggaran untuk bulan berikutnya. Maka setiap akun berikutnya akan lebih baik dari yang sebelumnya.
Langkah-langkah untuk membantu Anda mengelola anggaran:
Ini akan membantu jika Anda merencanakan perjalanan ke toko. Daftar belanja dan mengikutinya sedekat mungkin akan membantu menghemat uang. Sangat membantu untuk membuat menu selama beberapa hari, berdasarkan itu akan jelas berapa banyak produk yang perlu Anda beli dan dalam jumlah berapa. Untuk sebagian besar, kemampuan untuk merencanakan pengeluaran Anda dengan baik dipengaruhi oleh keterampilan manajemen waktu. Kami telah membicarakannya secara rinci dalam artikel kami “Manajemen waktu pribadi atau cara mengatur waktu Anda.”
Akuntansi pengeluaran . Ini membantu untuk mendeteksi pembelian yang tidak perlu dan menghindarinya di masa mendatang. Anda dapat menulis di notepad notebook atau menggunakan aplikasi khusus di ponsel cerdas Anda.
Selalu ada risiko kehilangan pendapatan permanen. Sangat penting bahwa jika terjadi situasi yang tidak terduga, ada cadangan yang akan membantu Anda bertahan selama beberapa bulan. Itu harus setidaknya tiga gaji.
Anggaran keluarga: merencanakan dan mengendalikan keuangan rumah
Kesejahteraan keluarga sebagian besar tergantung pada keterampilan penganggaran . Aturan perencanaan tertulis juga diperlukan di sini. Akuntansi pendapatan dan pengeluaran, kemampuan untuk menabung – tidak kalah pentingnya.
Ada cara menarik untuk mengatur anggaran rumah tangga: “10-20”. Esensinya terletak pada tabungan bulanan minimal 10% dari total pendapatan. Pakar keuangan menyarankan Anda untuk segera menetapkan tujuan akumulasi —misalnya, liburan, pembelian yang signifikan, atau cadangan untuk hari hujan.
“Tujuh Amplop” adalah cara lain untuk mengelola anggaran keluarga. Pada hari menerima upah, Anda perlu mendistribusikan uang dalam tujuh amplop. Tujuan mereka dapat sebagai berikut (mungkin ada lebih sedikit atau lebih banyak poin, semuanya individual di sini):
- Pembayaran bulanan .
- Nutrisi.
- Uang untuk anak-anak.
- Pengeluaran untuk pembelian penting (perabotan, peralatan, pakaian).
- Uang tunai untuk liburan, hiburan.
- Tabungan.
“Joy” – sisa dana dari bulan sebelumnya setelah melakukan pembelian dan pembayaran wajib .
Dari namanya, jelas anggaran keluarga dibagikan untuk keperluan apa.
“Empat Amplop” seperti yang terakhir. Tapi di sini, setiap amplop sesuai dengan minggu dalam sebulan. Kerugian dari metode ini adalah sulitnya mengalokasikan dana untuk pengeluaran tertentu.
Saat mencoba mempertahankan anggaran rumah tangga dengan sukses, cukup mengikuti tujuh aturan dasar:
- Hindari hutang. Hindari utang, pinjaman yang tidak direncanakan, dan kartu kredit yang buruk bila memungkinkan.
- Akumulasi dan distribusi dana yang wajar; jangan menimbun hanya untuk penimbunan. Memilih tujuan tertentu (misalnya, membeli mobil) disarankan. Motivasi seperti itu akan meningkatkan produktivitas.
- Setiap anggota keluarga harus memahami dengan jelas bagaimana dan mengapa anggaran direncanakan.
- Bagikan pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan realitas keuangan hari ini.
- Pastikan untuk menyisihkan setidaknya 10% dari pendapatan dalam dana cadangan.
- Di akhir periode tertentu (misalnya, satu tahun), menyenangkan keluarga dengan perjalanan, pembelian, atau hiburan.
- Secara teratur, sebaiknya setiap bulan, rencanakan dan catat. Hanya stabilitas yang akan membantu mencapai hasil.
Alat untuk manajemen keuangan yang efisien
Cara Anda mengelola anggaran bergantung pada preferensi dan keterampilan pribadi Anda. Lebih nyaman bagi seseorang untuk menyimpan notebook atau menggunakan komputer atau smartphone.
Jika tidak ada kemungkinan untuk menggunakan peralatan teknologi, Anda perlu memiliki “buku lumbung” dalam bentuk kertas. Bagian tengah harus terdiri dari tabel yang dibagi menjadi tiga kolom (pengeluaran, pendapatan, total). Dalam dua yang pertama, catatan disimpan dari uang yang telah datang dan pergi. Kolom terakhir diperlukan untuk membandingkan sisa dana dengan yang ada di kantong.
Sumber: https://www.completecontroller.co
Artikel Terkait: Bagaimana Mencari Pekerjaan Baru?