Cinderamata
Merchandising visual adalah praktik dalam industri ritel yang diperlukan untuk diikuti oleh toko fisik mana pun untuk bersaing di lingkungan ritel yang keras. Namun, mengembangkan denah lantai dan tampilan tiga dimensi bukanlah hal yang mudah. Anda juga harus berada di puncak permainan desain Anda, atau Anda harus menyewa ahli merchandising ritel yang berpengalaman untuk menjalankan bisnis Anda. Tujuan utama dari merchandising ritel atau visual adalah untuk menghasilkan getaran positif, menarik dan melibatkan pelanggan baru dan mendorong prospek untuk membeli. Singkatnya, Anda menciptakan lingkungan sedemikian rupa sehingga pembeli pada akhirnya akan mengarahkan pelanggan untuk melakukan lebih banyak pembelian.
Desain toko
Interior toko ritel menentukan nasib bisnis. Lingkungan toko yang memikat namun nyaman akan membuat pelanggan memperpanjang masa tinggal mereka, yang berarti mereka pada akhirnya akan membeli lebih banyak produk daripada yang direncanakan. Merchandising visual adalah salah satu praktik yang mengikuti pengecer untuk memaksimalkan volume penjualan. Pengecer di seluruh dunia mengejar dan merangkul model desain toko yang berbeda untuk menciptakan pengalaman membeli yang menguntungkan bagi pelanggan. Interior yang sesuai memiliki kekuatan untuk mengubah seluruh citra toko. Singkatnya, ini semua tentang meningkatkan estetika toko untuk menarik pelanggan agar membeli produk.
Merchandising visual adalah alat pribadi yang digunakan oleh merek untuk membangun lingkungan di dalam toko dan komunikasi merek. Lewatlah sudah hari-hari ketika pengecer menempatkan barang atau memposisikan barang untuk diambil sendiri oleh pelanggan. Penempatan telah berubah secara signifikan, dan sekarang merek menempatkan produk atau barang secara strategis dan menampilkan gambar dan papan nama untuk memengaruhi keputusan pelanggan. Kekuatan keputusan kini sebagian telah dialihkan ke pengecer, karena mereka dapat berimprovisasi keputusan.
Merchandising ritel membantu bisnis tumbuh!
Untuk membuat desain toko yang efektif dengan tampilan konversi tinggi, Anda harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang merchandising visual atau mengenal ahli merchandising ritel yang dapat menciptakan lingkungan atau pengalaman berbelanja yang sempurna. Ini adalah fakta yang terbukti bahwa tampilan dengan konversi tinggi mendorong pembelian impulsif, dan orang sering menemukan diri mereka terjebak. Bagaimanapun, ini semua tentang mendidik pelanggan Anda dan menciptakan peluang untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan penjualan.
Teknik
Untuk mengamankan dan memperoleh keunggulan bisnis yang kompetitif di tengah persaingan yang ketat di pasar, retail atau visual merchandising adalah cara yang efektif untuk menambah nilai merek Anda. Dengan menjaga toko Anda terorganisir dan barang diposisikan dengan baik, Anda akan melihat perubahan signifikan dalam pola pembelian konsumen. Mereka mungkin akan membeli lebih banyak produk, pada akhirnya meningkatkan volume penjualan Anda dan, karenanya, profitabilitas.
Desain toko atau pajangan
Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian konsumen saat mereka berada di toko. Untuk itu, peritel harus menempatkan produk secara strategis di tempat yang tepat untuk diperhatikan. Desain in-house meliputi desain toko, tata letak, POP (point of purchase display), signage, dll. Desain toko harus selalu memenuhi harapan konsumen, atau mereka tidak akan pernah mempertimbangkan Anda lagi.
Tata letak toko
Tata letak toko adalah salah satu aspek penting dari visual merchandising yang dapat membantu meningkatkan profitabilitas penjualan. Penempatan produk yang hati-hati saat konsumen masuk jauh ke dalam toko sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Penempatan produk yang membingungkan atau buruk dapat merusak keseluruhan pengalaman berbelanja bagi konsumen. Oleh karena itu, untuk membuat segala sesuatunya berjalan sesuai keinginan toko, Anda harus memilih gaya tata letak atau kisi-kisi yang akan memengaruhi pembelian konsumen menjadi lebih baik.
Manekin
Manekin dianggap ideal untuk memikat pelanggan di dalam toko pengecer pakaian. Mereka bekerja seperti CTA (panggilan untuk bertindak) kritis karena mereka ditempatkan di dalam batas-batas tetapi terlihat terbuka ke dunia luar, yaitu di mal atau pusat perbelanjaan.
tampilan POP
Pelanggan hanya membeli produk di toko ritel yang terlihat oleh mereka atau dipajang di rak. Seperti yang dikatakan, ‘pelanggan membeli apa yang mereka lihat.’ Oleh karena itu, POP menampilkan improvisasi keputusan konsumen dan membuat mereka percaya bahwa produk ini unik. Kampanye pemasaran atau penawaran promosi penjualan biasanya menginspirasi mereka.
Suasana
Suasana toko memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan menciptakan suasana yang konsisten, Anda dapat berharap dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli lebih banyak produk. Atmosfer mungkin merupakan salah satu taktik visual merchandising teratas yang digunakan oleh pengecer dalam skala luas. Suasananya mencakup pencahayaan yang intens, POP, tampilan 4D, dan elemen lain seperti musik dan aroma yang konsisten.
Denah lantai
Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu hal terbaik untuk mengarahkan pelanggan ke bagian toko tertentu. Sebagian besar pengecer, yang mengetahui signifikansinya, telah melihat lonjakan penjualan yang dramatis selama bertahun-tahun dengan menggunakan taktik ini. Peta lantai yang praktis akan mengarahkan konsumen ke arah yang benar, yang pada akhirnya menarik lebih banyak penjualan. Mempekerjakan ahli merchandising visual mungkin merupakan pilihan paling aman dan paling brilian untuk merancang citra toko ritel Anda.
Kesimpulan
Merchandising visual memainkan peran penting dalam merancang citra dan nasib toko ritel mana pun. Untuk menghasilkan penjualan yang tinggi, Anda perlu menggunakan cara yang cerdik untuk memikat pelanggan agar membeli lebih banyak dan lebih banyak lagi. Penempatan produk yang tepat dan suasana toko mungkin akan mendorong konsumen untuk berkunjung kembali.
Artikel Terkait: Cloud Computing: Elastisitas Vs Skalabilitas