Teknik pemasaran mana yang memungkinkan saya menjangkau audiens terbesar dan tidak melebihi anggaran saya? Ini adalah jenis pertanyaan yang diajukan sebagian besar pemasar setiap hari. Pemasaran Digital vs. Pemasaran Tradisional masih relevan di antara banyak departemen pemasaran ketika mendiskusikan metode periklanan mereka. Tidak dapat disangkal, Pemasaran Digital mendapatkan daya tarik dalam hal signifikansinya.
Pemasaran tradisional mencakup pemberitahuan, kartu nama, selebaran, pengumuman, promosi bisnis di radio dan TV, iklan cetak di majalah dan surat kabar untuk mempublikasikan layanan atau produk.
Pemasaran online mirip dengan Pemasaran Tradisional, karena Pemasaran Tradisional dan Digital digunakan untuk membangun merek dan menarik klien.
Biaya
Ada beberapa variasi dalam biaya antara Pemasaran Digital dan pemasaran tradisional. Ketika bisnis beriklan di radio dan TV atau iklan cetak di majalah lokal atau surat kabar harian, iklan tradisional dapat memiliki biaya yang signifikan. Sebaliknya, iklan online dan di media sosial umumnya tidak mahal. Selain itu, pemasaran tradisional menghabiskan banyak uang untuk membuat iklan tetap berjalan. Biaya pemasaran digital dapat bertambah, tetapi banyak teknik digital gratis.
Hasil yang sedang berlangsung
Dalam pemasaran tradisional, kita sering harus menunggu iklan mencapai target audiens sebelum kita mulai melihat hasil apa pun dalam bisnis. Di sisi lain, begitu Anda mulai menggunakan pemasaran online, ada data yang dapat dilihat secara real-time yang menunjukkan peningkatan aktivitas dan lalu lintas.
Hasil dari teknik pemasaran tradisional tidak dapat diukur dengan mudah. Saat dalam pemasaran online, Anda dapat melihat laba atas investasi Anda dengan memanfaatkan alat analitik Google dengan benar.
Pasar tradisional biasanya mencakup media cetak seperti iklan majalah dan surat kabar, brosur dan buletin, dan metode lainnya antara lain:
- Surat langsung
- Pemasaran jarak jauh
- Media broadcast
- Proyek lama yang sudah diakui publik
Pemasaran online mencakup upaya pemasaran yang dilakukan pada perangkat elektronik seperti:
- Situs jejaring sosial
- Situs web
- Iklan spanduk
- Pemasaran konten
- iklan Google
- Pemasaran video online
Analisis mudah
Pemasaran online menghitung jangkauan pemasaran Anda, dan hasilnya bisa tajam dan sederhana. Kami dapat dengan cepat melihat metode mana yang berkinerja atau tidak melalui analitik Google. Analitik ini dapat membantu membandingkan lalu lintas masuk, kecenderungan dasar, minat pengunjung, rasio pentalan, rasio transformasi, dan manfaat.
Mana yang lebih baik?
Strategi mana yang menang saat membandingkan dua metode pemasaran? Jawaban singkatnya adalah: Tergantung.
Namun, jawaban panjangnya adalah bahwa pemasaran digital mungkin merupakan pilihan terbaik yang tersedia untuk Anda. Jika Anda ingin menjaga biaya tetap rendah dan menjangkau demografi tertentu tanpa terikat pada lokasi geografis, maka Anda harus memanfaatkan pemasaran digital. Dengan cara ini, Anda dapat langsung mengumpulkan data berharga tentang audiens Anda untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang lebih efektif.
Bukan berarti pemasaran tradisional tidak memiliki manfaat. Jika Anda mengarahkan kampanye pemasaran pada individu yang biasanya tidak menggunakan internet atau audiens lokal, pemasaran tradisional adalah metode terbaik untuk menjangkau mereka. Metode ini mungkin tampak usang, tetapi ada alasan mengapa metode ini masih digunakan; mereka bekerja!
Saat mempertimbangkan metode mana yang paling efektif untuk bisnis Anda, semuanya tergantung pada jenis audiens yang Anda targetkan. Satu pendekatan belum tentu lebih baik dari yang lain karena mereka melayani tujuan yang berbeda. Pada akhirnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah memahami sifat bisnis Anda dan audiens yang ingin Anda jangkau untuk memilih strategi terbaik untuk Anda.
Membungkus
Sementara pemasaran tradisional memiliki tempatnya sendiri di pasar, kita semua tahu pemasaran digital adalah masa depan. Generasi muda kita tidak tahu hidup tanpa smartphone dan gadget lainnya. Saat ini, setiap perusahaan atau merek membutuhkan strategi pemasaran digital untuk menjangkau orang- orang di seluruh dunia dan ikut serta!
Artikel Terkait: Memulai Usaha dengan Investasi Rendah