Cara menggunakan Mendeley di Word berguna untuk menyusun jurnal, skripsi, atau laporan. Mendeley menyediakan plugin yang secara otomatis bisa digunakan di Microsoft Word untuk Windows dan Mac.
Saat menggunakan Mendeley di Microsoft Word, maka hal itu akan memudahkan kamu untuk memasukkan referensi, seperti kutipan atau bibliografi tanpa harus menulis satu per satu.
Lalu, bagaimana cara menggunakan Mendeley di Word? Simak tutorialnya di bawah ini.
Cara Menghubungkan Mendeley ke Word
Berikut ini adalah tutorial menggunakan Mendeley di Word yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi, makalah, dan lainnya:
Cara Menggunakan Mendeley di Word
Cara menggunakan Mendeley di Word bertujuan untuk menyusun jurnal, skripsi, atau laporan. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi Mendeley di Word:
1. Unduh dan Instal Aplikasi Mendeley
Pertama, unduh software Mendeley di laman resminya dan instal aplikasi tersebut. Setelah aplikasi Mendeley sudah ter-install, klik ‘Tools’ dan pilih ‘Install MS Word Plugin’. Mendeley dapat mendeteksi aplikasi apa yang kamu gunakan (Microsoft Word atau LibreOffice), sehingga opsi yang tersedia akan berbeda-beda.
2. Masukkan Referensi yang akan Digunakan
Setelah itu, plugin sudah ter-install. Bagi kamu pengguna Word di Mac, plugin tersebut akan muncul sebagai panel yang terpisah. Sementara untuk pengguna Windows, plugin Mendeley ada di tab ‘Reference’. Selanjutnya, masukkan referensi yang akan digunakan. Caranya, kamu hanya cukup menarik dokumen ke desktop Mendeley.
3. Tambahkan Sitasi di Akhir Kalimat
Mendeley secara otomatis akan mengidentifikasi jenis dokumen (buku, jurnal, dan lainnya), judul dokumen, tahun terbit, dan lainnya. Kamu bisa menambahkan sitasi pada akhir kalimat yang sudah ditulis. Caranya, arahkan kursor di tempat yang akan ditulis sitasi atau kutipan. Lalu, klik ‘Insert Citation’ dan pilih dokumen yang ingin dikutip.
4. Ubah Gaya Kutipan dan Daftar Pustaka Sesuai Keinginan
Daftar pustaka akan tersusun setiap kamu menambahkan kutipan dengan gaya tulisan yang seragam dengan sitasi. Kamu juga bisa klik ‘Insert Bibliography’. Dokumen referensi kamu secara otomatis akan disusun sesuai citation style yang telah pilih. Lalu, ubah gaya kutipan dan daftar pustaka sesuai keinginan.
Cara menggunakan Mendeley di Word sudah bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi, penulisan sitasi dan daftar pustaka akan lebih mudah.
Sumber : www.kumparan.coom
Artikel Terkait : Arti Akuntansi Sektor Publik
Artikel Terkait : Arti Akuntansi Sektor Publik