Apakah Anda saat ini seorang pemimpin atau berencana untuk bekerja menuju kepemimpinan, setiap orang dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Sementara beberapa orang memiliki keterampilan kepemimpinan alami, yang lain mungkin tidak memiliki keterampilan alami, tetapi semua dapat dilatih atau ditingkatkan keterampilannya. Berikut adalah delapan tips berguna untuk menjadi pemimpin yang efektif .
Menurut contoh
Satu-satunya saat Anda melihat kepemimpinan yang “melakukan apa yang saya katakan dan bukan seperti yang saya lakukan” adalah ketika Anda melihat kediktatoran atau mereka yang terlibat dalam totalitarianisme . Dalam semua kasus lain di mana kepemimpinan berhasil dan efektif, ada kepemimpinan dengan memberi contoh. Seorang pemimpin yang baik tidak hanya duduk dari pekerjaan pendelegasian yang tinggi . Mereka terus-menerus menemukan cara untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan secara keseluruhan. Anda akan menemukan pemimpin hebat yang memimpin dengan memberi contoh, dalam setiap bisnis yang sukses di mana karyawannya produktif dan bahagia.
Bahkan jika seorang pemimpin harus meminta karyawannya untuk melakukan sesuatu yang sulit atau berat, itu akan membuat karyawan merasa nyaman dan membuat mereka lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas jika mereka memimpin dengan memberi contoh. Setiap pemimpin hebat adalah contoh integritas, produktivitas, rasa hormat, dan pemahaman karyawannya.
Berorientasi pada Tujuan
Apakah seorang pemimpin atau tidak, setiap orang yang sukses berorientasi pada tujuan; menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri adalah prioritas nomor satu karena ini akan mengarah pada penetapan tujuan untuk karyawan mereka. Organisasi dan perencanaan membutuhkan penetapan tujuan. Memiliki tujuan memperjelas apa setiap tujuan untuk bisnis, untuk setiap karyawan, dan produktivitas .
Menetapkan tujuan juga membantu para pemimpin dan karyawan merencanakan kemungkinan tantangan. Ketika Anda menetapkan tujuan Anda, dengan gagasan bahwa Anda akan membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Selama proses perencanaan adalah bila memungkinkan, masalah dapat didiskusikan. Tentu saja, Anda tidak dapat merencanakan setiap masalah yang mungkin muncul, tetapi semua orang yang menyadari tujuan akan mengarah pada kesuksesan .
Mengambil tanggung jawab
Menjadi pemimpin yang baik berarti mengambil tanggung jawab bahkan ketika salah satu karyawan Anda melakukan kesalahan. Meskipun Anda masih perlu mengatasi masalah dengan individu atau tim yang melakukan kesalahan atau mengambil tindakan yang salah, sebagai pemimpin, Anda selalu harus mengambil tanggung jawab kepemimpinan untuk orang-orang yang Anda pimpin. Jika Anda berniat untuk meningkatkan tim Anda, jika Anda melemparkan mereka ke bawah bus ketika terjadi kesalahan, mereka tidak akan pernah mempercayai Anda, dan tim Anda tidak akan pernah berkembang. Adalah penting bahwa seorang pemimpin mengambil tanggung jawab di muka dan menangani isu- isu di balik layar .
Bagikan Pengakuan
Dalam hal pencapaian sebagai sebuah tim, beberapa pemimpin merasa pantas untuk mengambil semua pujian. Namun, seorang pemimpin yang baik dan efektif akan selalu berbagi pengakuan . Seorang pemimpin yang baik akan memberikan setiap anggota tim pengakuan yang layak mereka dapatkan ketika ada kesempatan untuk melakukannya. Dengan berbagi pengakuan, tim Anda akan memberi Anda rasa hormat dan mengagumi Anda sebagai seorang pemimpin. Rasa hormat dan kekaguman ini penting karena tim yang merasa dihargai akan lebih produktif, lebih bahagia, dan lebih hadir.
Mengembangkan Tim Anda
Mengembangkan tim yang efektif dan produktif harus menjadi tujuan nomor satu dari setiap pemimpin. Ini dilakukan terlebih dahulu dengan membangun tim terbaik pada saat perekrutan. Ketika dalam proses wawancara, Anda tidak hanya harus mengajukan pertanyaan tentang pengalaman, tetapi Anda juga harus menyelidiki etos kerja dan kepribadian mereka agar sesuai dengan tim Anda. Beberapa karyawan mungkin memiliki semua keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi mereka tetap tidak akan efektif jika mereka tidak cocok dengan tim.
Setelah Anda memiliki tim, Anda harus memiliki pelatihan dan pembinaan dan konseling yang berkelanjutan jika diperlukan. Anda selalu ingin menggerakkan tim Anda menuju tingkat produktivitas dan kepuasan karyawan tertinggi. Seorang pemimpin yang efektif akan selalu mencari cara untuk meningkatkan diri dan timnya.
Jadilah Komunikator Hebat
Komunikasi mungkin adalah sifat terpenting yang kita miliki sebagai manusia. Penting dalam setiap hubungan yang kita miliki, baik itu keluarga, teman, pasangan, atau rekan kerja. Komunikasi sangat penting bagi para pemimpin. Jika Anda memiliki komunikasi yang buruk dengan tim Anda, mereka akan gagal berkali-kali. Namun, jika Anda seorang komunikator yang efektif, Anda dapat mendorong tim Anda ke level tertinggi. Jika ini adalah area yang tidak Anda kuasai, ada banyak sekali buku dan sumber pelatihan tentang bagaimana menjadi komunikator yang lebih baik sebagai seorang pemimpin. Ini perlu menjadi fokus utama ketika Anda mengembangkan diri untuk menjadi pemimpin yang efektif.
Bersikaplah Asertif
Menjadi pemimpin yang baik bukan berarti harus bossy atau tiran. Beberapa tidak membedakan perbedaan antara agresif dan asertif. Seseorang yang agresif bersifat konfrontatif dan langsung dengan cara yang tidak tepat. Seseorang yang tegas menunjukkan tingkat kekuatan yang masih memungkinkan penerima apa yang mereka kemukakan untuk menjadi bagian darinya. Jika karyawan diintimidasi, mereka tidak akan bekerja dengan baik dan, dalam beberapa kasus, mungkin berhenti. Bersikap tegas berarti Anda secara positif menyampaikan maksud Anda dengan percaya diri dan percaya diri .
Yakin
Percaya diri sangat mirip dengan ketegasan. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa ketegasan adalah setiap kali Anda mencoba menyelesaikan sesuatu dan mengedepankannya. Keyakinan adalah sikap Anda secara keseluruhan dan cara Anda membawa diri setiap saat. Orang tidak ingin dipimpin oleh seseorang yang lemah lembut atau takut. Mereka akan selalu ingin dipimpin oleh seseorang yang percaya diri dan kuat. Para pemimpin yang paling efektif percaya diri tanpa menjadi sombong , dan bahkan lebih baik lagi, mereka meningkatkan kepercayaan pada semua orang yang bekerja dengan mereka tanpa pertanyaan.
Artikel Terkait: 7 Langkah untuk Website Bisnis yang Efektif