Setiap kali Anda memasuki bidang baru, terutama di dunia bisnis, Anda harus mengetahui status pasar dan apa yang diharapkan audiens yang Anda targetkan dari Anda. Anda tidak bisa sukses atau bahkan menjalankan bisnis Anda tanpa melakukan riset pasar yang komprehensif .
Dalam dunia bisnis, kepercayaan dan loyalitas adalah prioritas utama . Anda dapat memperoleh kepercayaan pelanggan Anda dengan mengetahui standar pasar, identitas klien, nilai jual yang unik, pesaing yang realistis, dll. Untuk mengembangkan bisnis Anda secara luar biasa, Anda harus mempertahankan keunggulan kompetitif dan mengikuti semua tren pasar terbaru. .
Ada beberapa tahap riset pasar yang dimulai dengan periode pra-peluncuran produk dan layanan. Anda dapat membuat strategi bisnis yang efektif dengan memahami pasar Anda dengan baik. Pengetahuan ini akan memungkinkan merek Anda menonjol di antara para pesaing.
Pastikan tentang tujuan riset pasar
Lingkup riset pasar dan aksesibilitas sumber daya terkait efektif karena tujuan keseluruhannya. Anda harus mengetahui standar pasar, status, dan faktor untuk meningkatkan penjualan Anda dengan pengaruh penuh. Memiliki tujuan riset pasar membantu bisnis menentukan jenis riset pasar terbaik untuk digunakan. Dalam riset pasar primer, efektivitas penjualan dilacak, serta kualitas layanan dibandingkan dengan pesaing. Ini membantu menciptakan pemahaman tentang betapa sengitnya persaingan.
Riset pasar sekunder melibatkan pencatatan hal-hal berikut:
- data pemerintah
- Studi dan survei yang sedang berlangsung
- Data studi penelitian perusahaan yang dipublikasikan
- Laporan surat kabar
Siapa pun dapat melakukan penelitian utama untuk mengumpulkan informasi unik guna meningkatkan layanan dan fungsionalitas bisnis secara keseluruhan. Dalam riset pasar sekunder, informasi ini dikumpulkan dari berbagai sumber di luar perusahaan.
Langkah-langkah kunci untuk melakukan riset pasar
- Investigasi semua sumber daya yang relevan dengan perusahaan.
- Analisis data relevan saat ini yang memenuhi tujuan Anda dan sesuai dengan anggaran Anda.
- Penggunaan data dan pengetahuan tentang peneliti yang telah mengumpulkan informasi.
- Apa perlunya riset utama di pasar, dan siapa yang akan menemukannya?
Pahami audiens yang Anda targetkan
Anda akan menemukan tiga jenis pelanggan saat melakukan riset pasar. Ini termasuk pengguna akhir, pembeli yang cerdas, dan pemberi pengaruh industri . Setelah mengidentifikasi masing-masing jenis yang berbeda ini, Anda akan mengetahui alasan, perilaku, poin nyeri, nilai jual unik klien potensial Anda, dll. Riset pasar juga akan membuat Anda berada di jalur yang benar untuk membangun pendukung merek dan klien reguler.
Berikut adalah beberapa informasi yang akan membantu Anda mengidentifikasi setiap jenis pelanggan:
Konsumen akhir
Konsumen akhir adalah orang yang menggunakan produk dan layanan Anda setelah membelinya. Mereka adalah subjek yang sempurna untuk riset pasar primer. Melihat ke dalam pikiran dan perilaku mereka akan membantu membangun pemahaman tentang keterbatasan dan frustrasi klien. Pelanggan ini dapat memberi merek Anda keunggulan dalam persaingan saat membuat dan merancang produk dan layanan baru.
Pembeli yang cerdas
Perhatian utama dari pembeli yang cerdas adalah untuk mendapatkan nilai terbaik dari produk dan layanan. Mereka lebih mementingkan harga dan kurang memperhatikan kualitas dan efektivitas. Mereka juga mengetahui harga yang ditawarkan pesaing utama kepada mereka. Dalam keadaan seperti itu, Anda harus melakukan riset pasar sekunder untuk mengetahui apakah Anda menjual produk dan layanan Anda secara kompetitif. Jika laporan penelitian Anda mengungkapkan bahwa barang dan jasa Anda mahal, Anda akan tahu bahwa pelanggan Anda tetap bersama Anda karena kualitas dan keandalan produk Anda .
Influencer industri
Tingkat pengetahuan pasar tentang influencer industri lebih tinggi daripada kategori pelanggan lainnya. Konsumen ini sangat menyadari target pasar dan audiens . Mereka mengandalkan perspektif dan pendapat mereka sendiri.
Tidak ada tarif tetap untuk layanan dan produk karena prioritas influencer industri mereka adalah kualitas tinggi . Mereka adalah kontributor terbesar untuk penelitian utama dan akan menggunakan produk dan layanan Anda untuk membentuk opini spesifik yang relevan dengan pasar secara keseluruhan.
Riset pasar adalah alat yang ampuh yang dapat meningkatkan bisnis Anda dengan cepat. Ini menunjukkan budaya pasar dan apa yang diinginkan audiens yang ditargetkan dari Anda.
Artikel Terkait: Dasar-dasar Akuntansi yang Perlu Diketahui dan Manfaatnya