Salah satu atribut dari seorang profesional yang hebat adalah menangani perubahan di tempat kerja . Tidak dapat disangkal bahwa perubahan adalah bagian dari kehidupan, baik itu pribadi maupun profesional. Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan tertentu memungkinkan para profesional untuk lebih fleksibel dan menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing. Namun, sementara beberapa orang dilahirkan dengan sifat ini, yang lain mempelajarinya melalui pengalaman. Jika Anda merasa sulit untuk beradaptasi dengan perubahan di kantor Anda, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda meningkatkan diri.
Mempertahankan Sikap Positif
Salah satu sifat yang dicari pengusaha pada kandidat yang melamar pekerjaan adalah sikap mereka. Sikap Anda terhadap pekerjaan dan kehidupan Anda, secara umum, menentukan orang seperti apa Anda dan akan menjadi apa di masa depan. Mempertahankan sikap positif akan membantu Anda mengelola masalah dan menemukan solusi dengan lebih mudah, bahkan dalam menghadapi kesulitan .
Terlepas dari di mana Anda bekerja atau jenis pekerjaan apa yang Anda lakukan – selalu ingat, perubahan tidak bisa dihindari. Terimalah kenyataan bahwa ini mungkin bukan situasi yang ideal untuk Anda, tetapi situasi Anda sebelumnya tidak. Yang penting adalah Anda terus bergerak maju.
Perubahan itu Konstan
Dikatakan, “satu-satunya hal yang konstan dalam hidup adalah perubahan.” Sebagai seorang profesional, Anda mungkin berganti karier, pekerjaan, atau sebutan . Anda mungkin berada di puncak bidang Anda; namun, orang-orang di sekitar Anda dapat mengubah kebijakan perusahaan mereka. Belajar menghadapi perubahan adalah atribut positif; ini membantu Anda mengatasi tantangan yang tidak Anda duga. Selain itu, perubahan rutin membuat segala sesuatunya tetap menarik dan segar.
Tetap Terhubung dengan Rekan Kerja Sebelumnya
Jika Anda kesulitan melepaskan kenangan yang Anda miliki dengan rekan kerja sebelumnya, cobalah untuk tetap terhubung dengan orang-orang itu. Mengatasi perubahan tidak berarti melepaskan bagian positif dari masa lalu. Temui orang-orang yang pernah bekerja dengan Anda, tanyakan di mana mereka berada, bagikan pengalaman Anda dengan mereka, dan pertahankan persahabatan dengan mereka. Setidaknya itu yang bisa Anda lakukan atas nama kesopanan profesional.
Jangan Lupa Belajar
Semua perubahan datang dengan pengalaman belajar . Bayangkan peran Anda telah berubah, mungkin atasan Anda menemukan tugas baru untuk Anda, atau Anda dipromosikan ke posisi yang lebih baik – yaitu perubahan disertai dengan kesempatan untuk belajar. Berjuang dengan peran baru dan tidak dapat menemukan jalan di sekitar tugas? Nah, Anda selalu dapat bertanya kepada orang-orang dengan pengalaman dalam peran yang sama. Baik itu seseorang yang duduk di sebelah Anda atau teman di media sosial, belajar tidak mengenal batas , dan Anda juga tidak boleh.
Pertahankan Optimisme
Pada fase awal perubahan, Anda mungkin merasa tidak enak atau bahagia – tidak apa-apa. Tidak ada yang mengatakan itu mudah, tetapi ingat bahwa itu bukan bagaimana hal-hal akan tetap selamanya. Ingat, perubahan adalah keniscayaan . Fokus pada kekuatan Anda, kerjakan hal-hal yang Anda sukai dari pekerjaan itu, dan coba atasi apa yang tampaknya mengganggu.
Refleksi Diri
Jangan langsung mengambil kesimpulan dan mulai mempertanyakan keterampilan Anda saat keadaan menjadi tidak nyaman. Luangkan waktu untuk berpikir dan bersantai – renungkan mengapa Anda berjuang dengan pekerjaan Anda saat ini dan keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk berhasil. Bicaralah dengan manajer Anda, dapatkan beberapa wawasan, dan pahami harapan yang dia miliki dari Anda. Ini memberdayakan ketika orang lain menunjukkan kepercayaan mereka pada Anda.
Pelajari Keterampilan Baru
Anda mungkin terpaksa mempelajari sesuatu yang tidak Anda inginkan, tetapi itu tidak berarti itu tidak akan menguntungkan Anda. Semua hal baik dalam hidup membutuhkan waktu, dan mungkin saja apa yang tampak tidak nyaman hari ini adalah berkah tersembunyi . Pahami bahwa belajar tidak pernah sia-sia. Setiap keterampilan menawarkan manfaat – sementara beberapa mungkin bermanfaat bagi Anda hari ini, yang lain mungkin bermanfaat bagi Anda besok. Jika Anda ingin mempelajari keterampilan lebih cepat, beri diri Anda tenggat waktu, dan ikuti mereka secara religius.
Mengajukan pertanyaan
Albert Einstein-lah yang berkata, “Jika saya punya satu jam untuk memecahkan masalah dan hidup saya bergantung padanya, saya akan menggunakan 55 menit pertama untuk menentukan pertanyaan yang tepat untuk diajukan.” Di dunia profesional, mengajukan pertanyaan yang tepat lebih penting daripada mendapatkan jawaban yang benar. Semakin banyak pertanyaan yang Anda ajukan, semakin jelas Anda akan mendapatkan perubahan tersebut.
Intinya
Menangani perubahan di tempat kerja tidak begitu menakutkan jika Anda memiliki pola pikir yang benar. Kami harap artikel ini membantu Anda memahami manfaat perubahan dan bagaimana hal itu dapat menjadikan Anda seorang profesional yang lebih baik daripada Anda saat ini.
Artikel Terkait: 8 Investasi Jangka Panjang yang Harus Anda Pertimbangkan untuk Masa Depan Finansial Anda