Pengertian ekonomi mikro Berdasarkan buku Principle of Microeconomics (2008) karya N Gregory Mankiw, ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu pelaku ekonomi. Bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan. Serta berinteraksi di dalam pasar tertentu. Adapun pengertian dari beberapa ahli lainnya sebagai berikut: Adam Smith Ekonomi mikro merupakan subyek ekonomi yang bersifat ekonomis rasional. Sehingga mengakibatkan pelaku ekonomi mempertimbangkan hal rasional dalam mengambil keputusan. David Ricardo Ekonomi mikro sebagai kondisi di mana para pelaku ekonomi memiliki informasi mengenai seluk beluk sebuah pasar.
Tujuan ekonomi mikro Terdapat beberapa tujuan ekonomi mikro, di antaranya: Membuat analisis pada mekanisme pasar yang akan membentuk harga relatif terbadap produk barang maupun jasa. Menganalisis kegagalan pasar di saat memprodukai hasil yang efisien. Serta menjelaskan kondisi teoretis yang diperlukan suatu pasar dengan persaingan sempurna. Ruang lingkup ekonomi mikro Ruang lingkup ekonomi merupakan konsumen dan produsen. Pada dunia ekonomi, produsen dan konsumen merupakan individu pada setiap rumah tangga, masyarakat, organisasi, dan juga perusahaan. Berikut ruang lingkup ekonomi mikro di bawah ini: Interaksi di pasar barang Pasar sebagai pertemuam atau hubungan antara permintaan dan penawaran. Pasar juga tempat antara penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi jual beli. Perilaku penjual dan pembeli Baik penjual maupun penbeli memiliki sifat yang rasional. Di mana penjual menginginkan adanya keuntungan yang maksimal. Sedangkan pembeli menginginkan kepuasan maksimal.
Interaksi di pasar faktor produksi Dari sisi pembeli memiliki faktor produksi dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan penjual memiliki barang kebutuhan manusia dan membutuhkan faktor produksi dengan cara membelinya. Dari hubungan tersebut dapat diketahui bahwa antara konsumen dan produsen memiliki hubungan timbal balik atau saling membutuhkan.
Teori ekonomi mikro Terdapat beberapa analisis ekonomi mikro, yaitu: Teori harga Harga menjadi dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa di pasar. Analisis dilakukan untuk: Proses pembentukan harga Faktor yang dapat memengaruhi perubahan permintaan dan penawaran Hubungan harga permintaan dan penawaran Bentuk pasar Konsep elastisitas Teori produksi Digunanakan sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya produksi dan tingkat produksi. Analisis dilakukan untuk: Tingkat produksi yang paling menguntungkan produsen Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih profusen untuk mendapatkan keuntungan maksimal Berhubungan dengan biaya produksi dan jasa.
sumber : www.kompas.com
Artikel Terkait : Karakteristik Laporan Keuangan