Cara Mengontrol Penagihan dan Pembayaran di Perusahaan Anda -
Skip to content
Program Studi Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA
youtube
instagram
id Indonesian
en Englishid Indonesian
JURUSAN AKUNTANSI TERBAIK DI SUMUT
Call Support 061-822-5602
Email Support doc_akuntansi@uma.ac.id
Location Jl. Setia Budi NO.79 B, Medan
  • Home
  • PROFIL
    • Akreditasi
    • Fungsionaris
    • Struktur
    • Visi Misi
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • JURNAL
      • LAPORAN AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • JADWAL UTS
      • JADWAL UAS
      • JADWAL SEMESTER ANTARA
      • JADWAL SEMINAR
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
      • Semester V
      • Semester VI
      • Semester VII
      • Semester VIII
    • EKIVALENSI MATA KULIAH
    • DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
    • MAGANG
    • SISTEM INFORMASI
      • DATA MAHASISWA
      • BLOG MAHASISWA
      • JURNAL MAHASISWA
      • AOC
      • ELEARNING
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SIPRODI
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Data Dosen Prodi
    • BLOG DOSEN
    • Aktivitas Dosen
    • prestasi dosen
    • JURNAL DOSEN
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • ELEARNING
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • DOKUMEN PRODI
    • PENGUMUMAN
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
    • AKTIVITAS ALUMNI
    • PRESTASI ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • INFORMASI LABORATORIUM
    • APLIKASI LABORATORIUM
  • Hubungi Kami

Cara Mengontrol Penagihan dan Pembayaran di Perusahaan Anda

Home > artikel > Cara Mengontrol Penagihan dan Pembayaran di Perusahaan Anda

Cara Mengontrol Penagihan dan Pembayaran di Perusahaan Anda

Posted on March 17, 2022March 18, 2022 by admin
0

Jelas bahwa keuangan yang tepat sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis apa pun. Memang, bahkan dengan kesepakatan dan pengembangan yang konsisten , jika organisasi Anda memiliki masalah pendapatan berkelanjutan karena tidak adanya catatan piutang, hal itu dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan organisasi Anda. Terlepas dari apakah Anda perlu membeli struktur organisasi Anda untuk menghasilkan aliran pendapatan lain atau Anda perlu memperbarui operasi organisasi Anda dan membutuhkan uang untuk menyewa peralatan. Usaha swasta yang menangani piutang arsip mereka memiliki prosedur formal untuk mengumpulkan klaim utang seperti halnya sistem untuk menemukan masalah pendapatan potensial dan merawatnya sebelum menjadi berbahaya bagi bisnis. 

Tidak diragukan lagi, kontrol perusahaan atas penagihan dan pembayaran adalah salah satu aspek penting dari manajemen bisnis. Ketika kita berbicara tentang pengelolaan penagihan dan pembayaran, kita mengacu pada pengelolaan kewajiban pembayaran dan hak penagihan, seluruh area bisnis kita dan yang menjadi dasar kepercayaan yang memungkinkan hubungan komersial apa pun. Kemampuan perusahaan Anda untuk menagih hutang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. 

Setiap perusahaan mengelola pembayaran dan penagihannya secara berbeda. Akan membantu jika Anda menganggap bahwa tidak ada dua perusahaan yang sama, dan sistem penagihan dan pembayaran yang sama tidak berlaku untuk semua perusahaan. Namun, Anda menetapkan beberapa kriteria saat mengelola keuangan dan mengendalikan aktivitas perusahaan kami.

Demikian juga, Anda harus memastikan bahwa Anda membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan Anda untuk membayar permintaan. Misalnya, pastikan permintaan Anda dipahami dan lengkap, tanpa ada data yang hilang yang dapat membuat divisi pembukuan pelanggan Anda keluar dari kerangka kerja untuk pertimbangan tambahan. Siapa pun yang Anda putuskan untuk mengawasi catatan penjualan harus memahami bahwa mereka harus menghubungi pelanggan pada hari utama saat angsuran terlambat.

Apa yang harus dipertimbangkan untuk pengelolaan penagihan dan pembayaran di bisnis Anda

Di satu sisi, setiap perusahaan memiliki serangkaian biaya atau kewajiban yang diperoleh dengan pemasok biasa, dan di sisi lain, serangkaian pelanggan yang membayarnya. Dalam manajemen perbendaharaan, Anda membagi dua kelompok ini menjadi dokumen faktur yang diterbitkan dan faktur yang diterima, dengan mudah mendokumentasikan keuangan perusahaan Anda.

Dengan mendokumentasikan penagihan dan pembayaran, Anda dapat mengontrolnya dengan lebih efisien, dan penyesuaian dapat dilakukan sesuai dengan situasi Anda saat ini, mengarahkan operasi yang Anda inginkan/perlu lakukan.

Salah satu elemen penting yang harus kita tetapkan untuk manajemen penagihan dan pembayaran yang baik adalah tanggal kedaluwarsa. Sistem yang ideal untuk menagih dan membayar adalah memiliki sistem peringatan yang memberi tahu Anda saat pengambilan dan pembayaran belum dilakukan pada tanggal yang sesuai.

Sangat penting untuk menjaga kontrol pengeluaran yang wajar untuk memastikan Anda mengelola arus kas Anda secara efisien. Bayangkan Anda harus membayar pemasok 10.000 dolar dalam 60 hari ke depan, tetapi Anda mengharapkan untuk menerima $19.000 dalam 30 hari ke depan. Minimal, mereka seharusnya membayar Anda $10.000 lagi sehingga Anda dapat membayar tepat waktu.

Manajemen penagihan dan pembayaran internal perusahaan

Selain mengumpulkan dan membayar faktur yang diterbitkan dan diterima, pertimbangkan faktor lain yang tidak dilacak oleh faktur. Kami mengacu pada pembayaran gaji, pembayaran pajak, pinjaman, atau Jaminan Sosial, antara lain.

Meskipun penagihan dan pembayaran ini tidak selalu tercermin dalam perangkat lunak manajemen online, mereka harus dianggarkan dan dievaluasi dengan tepat terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan perbendaharaan kita.

Dengan cara ini, idealnya adalah memiliki alat yang memungkinkan kita untuk mengontrol evolusi penagihan dan pembayaran untuk memenuhi kebutuhan perbendaharaan kita, berhasil menghadapi situasi sulit dan menyediakan penagihan dan pembayaran dengan tepat.

Artikel Terkait: Bagaimana Merancang Rencana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Related

Share

PENCARIAN

ARTIKEL TERBARU

  • Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar
  • Kondisi Perekonomian Indonesia Semakin Membaik
  • Manfaat Teratas Menggunakan QuickBooks untuk Mengelola Penggajian Anda
  • 3 Tren & Perkembangan Teratas dalam Software Akuntansi Tahun 2021
  • Slide Wisuda

KALENDER

March 2022
S M T W T F S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
« Feb   Apr »

KAITAN UMA

 

 

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0822-6777-1313, 0822-6777-1314, 0813-7095-7775
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
ekonomi@uma.ac.id

PENGUNJUNG WEBSITE

  • 1
  • 658
  • 412
  • 10,918
  • 44,768
  • 601,496
  • 356,089
Copyright 2016-2022 © by PDAI Universitas Medan Area