Sebelum Anda membuat rencana bisnis , Anda perlu memahami untuk apa rencana bisnis dan bagaimana menggunakannya. Sebuah rencana bisnis memiliki banyak fungsi, yang sebagian besar adalah keuangan, tetapi mereka juga dapat membantu Anda mengetahui apa yang perlu Anda fokuskan pada setiap tahun baru bisnis Anda ada. Kebanyakan orang percaya bahwa Anda memerlukan rencana bisnis untuk memulai bisnis Anda dan tidak menyadari ketika bisnis Anda tumbuh dan berubah, begitu juga rencana Anda. Bisnis terus-menerus harus mengubah strategi atau anggaran . Bisnis Anda tidak boleh sama seperti saat Anda menyusun rencana bisnis awal Anda.
Rencana bisnis Anda, pada intinya, adalah pengenalan bisnis Anda, apa yang dilakukannya, dan apa yang diharapkan untuk dilakukan kepada siapa saja yang membacanya. Target audiens dari sebagian besar rencana bisnis adalah mereka yang akan berinvestasi atau membiayai bisnis Anda. Tetapi Anda juga akan selalu menjadi anggota audiens rencana bisnis Anda karena Anda harus merujuknya dan mengubah dan memperbaruinya saat bisnis Anda berubah dan tumbuh. Untuk membuat rencana bisnis yang efektif, tujuh komponen harus selalu dimasukkan. Inilah mereka dan apa yang harus mereka sertakan.
Ringkasan bisnis plan
Ringkasan eksekutif akan berada di awal rencana bisnis, dan seperti itulah kedengarannya. Ini adalah ringkasan dan ikhtisar singkat namun sangat rinci tentang rencana bisnis. Ini adalah bagian “singkatnya” yang harus menarik dan menarik pembaca, membuat mereka ingin menggali detail rencana bisnis Anda yang lebih baik. Jika ringkasan eksekutif tidak efektif, sebagian besar calon pemberi pinjaman, investor, atau mitra akan pindah ke bisnis berikutnya. Meskipun ini adalah hal pertama dalam rencana bisnis, itu harus ditulis terakhir untuk memasukkan akuntansi menyeluruh dari seluruh rencana bisnis.
Sekilas Perusahaan
Brief perusahaan adalah komponen yang akan lebih tentang kepribadian dan misi bisnis Anda. Area ini akan mencakup pernyataan misi Anda dan apa yang membuat perusahaan Anda unik, terutama jika berada di pasar dengan banyak persaingan. Investor, mitra, dan pemberi pinjaman ingin tahu apakah ini investasi yang bagus , dan komponen ini dapat memberi mereka gambaran tentang hal itu.
Analisis Pasar
Untuk komponen analisis pasar , judulnya mengatakan itu semua. Anda harus melakukan cukup banyak riset dan analisis pasar untuk memiliki wawasan tentang pasar yang Anda masuki. Bagi pembaca, area ini harus berbicara tentang di mana pasar telah berada, di mana sekarang, dan ke mana ia diharapkan pergi, dan bagaimana bisnis Anda cocok dengan arus itu.
Analisis Kompetitif
Setiap rencana bisnis harus memiliki kesadaran yang kuat akan persaingan. Komponen analisis persaingan terbaik akan menunjukkan di mana keunggulan pesaing Anda dan mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan mereka. Kesadaran ini akan menunjukkan kepada pemegang saham dan pemberi pinjaman potensial bahwa Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk bisnis Anda. Ini akan sangat membantu untuk mendapatkan pembiayaan karena risiko versus imbalan akan menarik seseorang untuk menyadari bagaimana pesaing mereka menumpuk dan bahwa Anda menyadari kesalahan mereka sehingga mereka dapat dihindari.
Rencana pemasaran
Rencana pemasaran akan sangat menarik bagi calon pemegang saham atau pemberi pinjaman karena, dalam bisnis kecil dengan pemegang saham, akan ada harapan bahwa sebagian dari pendapatan yang diinvestasikan akan difokuskan pada pemasaran. Rencana pemasaran harus menunjukkan bahwa Anda memahami bisnis Anda, pasar, pesaing, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mendorong perusahaan Anda.
Strategi penjualan
Penjualan adalah area yang paling penting dalam sebuah perusahaan karena bagaimana pendapatan dan keuntungan dihasilkan. Tanpa penjualan, sebuah bisnis akan gagal dan mati . Rencana bisnis Anda harus mencakup strategi penjualan yang kuat dan terencana dengan baik. Strategi ini akan berjalan seiring dengan rencana pemasaran tetapi memiliki kualitas yang unik untuk apa yang termasuk dalam strategi. Anda perlu melakukan riset khusus untuk pasar yang Anda masuki untuk merancang strategi penjualan yang paling unggul.
Rencana keuangan
Meskipun rencana keuangan Anda berada di akhir rencana bisnis, ini mungkin yang paling penting jika menyangkut calon investor, pemberi pinjaman, atau mitra. Area ini adalah tempat Anda mendiskusikan kebutuhan investasi awal dan proyeksi jangka pendek dan jangka panjang. Dalam bisnis yang sudah ada, komponen rencana bisnis ini cukup mudah untuk dibuat. Namun, untuk bisnis baru, Anda menggunakan bisnis lain di pasar yang sama dengan ukuran yang sama dan menggunakan analisis bisnis ini untuk membuat prediksi dan proyeksi. Komponen ini kemungkinan akan paling menarik bagi pembaca Anda karena akan memberi mereka wawasan tentang apa untungnya bagi mereka secara finansial.
Setiap bisnis berbeda, sehingga rencana bisnis Anda mungkin terlihat berbeda dari rencana bisnis pesaing Anda. Tetapi rencana bisnis yang kuat yang akan memiliki peluang paling besar untuk membantu bisnis Anda menerima pembiayaan adalah kunci ketika memulai bisnis baru atau bahkan memperluas yang sudah ada.
Artikel Terkait: 6 Strategi Pemasaran Online yang Menakjubkan untuk Usaha Kecil