Perekrutan media sosial telah menjadi cara yang trendi dan efektif untuk merekrut kandidat untuk berbagai jenis bisnis dengan berbagai ukuran. Strategi rekrutmen media sosial menggabungkan branding pemberi kerja dengan pemasaran, khususnya menargetkan rekrutmen. Meskipun memposting pekerjaan di situs dapat meningkatkan lamaran kandidat potensial, itu bukan jaminan Anda akan mendapatkan kandidat berkualitas untuk diwawancarai dan akhirnya dipekerjakan. Media sosial telah menjadi sumber rekrutmen yang populer karena hampir semua orang menggunakan media sosial dan biasanya di berbagai platform.
Karena popularitas media sosial secara umum, perusahaan memanfaatkan media sosial sebagai sumber rekrutmen. Menempatkan iklan di surat kabar telah lama memudar sebagai cara untuk menarik calon karyawan berkualitas tinggi. Berikut adalah lima cara efektif merekrut kandidat berkualitas melalui media sosial.
Pemasaran Rekrutmen
Dalam hal media sosial, pemasaran rekrutmen yang efektif menjadi efektif karena jangkauan yang dimiliki media sosial. Konten yang dipasarkan dengan baik dapat mencapai ribuan dengan cepat dan, jika dibagikan cukup, berpotensi mencapai jutaan. Sementara sumber lain dapat digunakan untuk pemasaran rekrutmen, pemasaran rekrutmen media sosial sangat penting dalam masyarakat yang banyak menggunakan media sosial saat ini . Keuntungan tambahan dari pemasaran media sosial adalah membuka kemungkinan jutaan tanggapan, tetapi memperluas kumpulan bakat dari lokal ke global. Kemungkinan ini meninggalkan upaya rekrutmen tradisional dalam debu, meskipun tidak diperhitungkan.
Aset terbesar untuk pemasaran rekrutmen melalui media sosial adalah sebagian besar sepenuhnya gratis. Bahkan peningkatan posting atau iklan di media sosial dapat dibatasi, membuatnya tetap terjangkau dibandingkan dengan iklan tradisional.
Perekrutan Penjahit
Platform media sosial menyediakan banyak pilihan untuk menjangkau beragam kelompok orang. Mereka juga menawarkan kemampuan untuk menargetkan kelompok tertentu yang memenuhi syarat untuk pekerjaan itu atau cocok dengan perusahaan. Sementara media sosial dapat memperluas kumpulan bakat, itu juga dapat mempersempit kandidat yang paling cocok untuk pekerjaan itu dan membantu menyingkirkan mereka yang tidak cocok. Setiap platform menawarkan fokus yang berbeda, oleh karena itu tergantung pada pekerjaan dan kebutuhan Anda, Anda dapat memilih platform mana yang akan direkrut dan bahkan menargetkan kelompok dalam platform yang tampaknya memiliki kandidat terbaik.
Buat Variasi Konten
Tidak ada batasan untuk konten yang dapat Anda buat dalam upaya perekrutan media sosial Anda. Anda dapat mengembangkan konten tertulis, video, dan iklan spanduk, untuk menyebutkan beberapa opsi. Konten video adalah bentuk media terkuat karena sebagian besar perusahaan yang menggunakan beberapa alat pemasaran video menemukan bahwa lalu lintas mereka meningkat secara signifikan. Meskipun video adalah tren yang kuat, itu mungkin tidak berguna untuk semua orang. Anda harus mencoba berbagai jenis konten untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta menerapkan konten yang berkinerja terbaik untuk Anda dan perusahaan Anda. Anda juga harus mencoba setiap platform media sosial untuk menentukan mana yang memberikan lalu lintas paling banyak dan kandidat yang paling memenuhi syarat.
Kekuatan Merek Perusahaan
Merek dan reputasi pemberi kerja adalah daya tarik paling signifikan dari calon karyawan bagi perusahaan mana pun. Karyawan sekarang dapat meneliti dan membaca ulasan tentang perusahaan tempat mereka ingin bekerja; Oleh karena itu, branding perusahaan sangat penting. Di masa lalu, perusahaan mewawancarai karyawan, tetapi sekarang, untuk menarik kandidat terbaik, pemberi kerja harus membuat kandidat terkesan sama. Jika ada masalah dengan reputasi merek Anda, masalah tersebut perlu ditangani di platform media sosial untuk memastikan kandidat berkualitas tidak akan membawa keahlian mereka ke pesaing Anda.
Tingkatkan Jangkauan
Sementara perusahaan memiliki jangkauan yang membuat mereka memiliki ratusan pelamar untuk dipilih, banyak perusahaan tidak memiliki jangkauan seperti itu. Untuk meningkatkan jangkauan Anda dan memiliki sederet kandidat yang berharap mendapatkan wawancara, Anda perlu memperluas kehadiran online Anda secara maksimal. Anda harus memiliki halaman bisnis, iklan, situs web, dan kehadiran nama merek di setiap platform media sosial populer saat ini. Anda juga dapat meningkatkan jangkauan dengan bermitra dengan perusahaan lain atau kampanye iklan.
Artikel Terkait: 5 Risiko Finansial Yang Harus Dipahami Setiap Pemilik Usaha Kecil