Akuntansi dapat menjadi tugas yang memakan waktu dan penting bagi pemilik bisnis. Namun, ini juga merupakan tugas wajib untuk mengelola, mengoperasikan, dan mengoptimalkan pertumbuhan perusahaan Anda seiring waktu. Pada akhirnya, Anda perlu berinvestasi dalam alat akuntansi bisnis untuk mengatur arus kas dan merumuskan pajak penghasilan. Dari pembukuan hingga pelacakan pengeluaran, ada beberapa petunjuk yang perlu dipertimbangkan saat memilih alat akuntansi yang tepat untuk pengelolaan keuangan komprehensif bisnis Anda.
Alat akuntansi sangat penting untuk didapatkan untuk bisnis Anda. Alat akuntansi terbaik membantu Anda membuat faktur, mencatat pembayaran internal dan eksternal, menindaklanjuti masa lalu karena piutang, dan mengelola laporan yang membantu Anda memeriksa kesehatan keuangan bisnis Anda.
Pilihan alat akuntansi sangat penting namun signifikan karena dapat dengan mudah menyederhanakan keuangan bisnis Anda. Setiap bisnis memiliki persyaratan yang berbeda dan beberapa karyawan. Berikut daftar alat akuntansi berperingkat teratas kami untuk usaha kecil dan perusahaan.
- QuickBooks: Sambil menyebutkan alat akuntansi paling produktif dan fungsional sepanjang masa, orang tidak akan pernah lupa menyebutkan QuickBooks online. Misalkan Anda seorang pengusaha yang membenci manajemen keuangan dan akan naik rollercoaster dengan kebaruan menjadi pemilik bisnis baru. Dalam hal ini, QuickBooks online pasti akan membantu Anda dalam hal itu. Selain itu, bahkan jika Anda seorang akuntan profesional yang berurusan dengan neraca, faktur, dan laporan laba rugi, QuickBooks online masih dapat memenuhi kebutuhan Anda. QuickBooks Online juga memungkinkan transaksi tunai, termasuk penagihan dari pemasok, penggajian, pelacakan pengeluaran, dan pelacakan inventaris.
- Fresh-Books: FreshBooks adalah alat akuntansi terkenal lainnya dengan manajemen pengeluaran bawaan, fitur pelacakan waktu, dan fasilitas untuk menerima uang masuk atau piutang usaha. Mudah digunakan tetapi tidak ada hubungannya dengan penggajian dan inventaris. Alat ini untuk agen lepas atau pemilik bisnis solo. Ini adalah alat yang terjangkau dengan biaya berlangganan yang relatif rendah jika Anda pernah mempertimbangkan untuk memperluas bisnis Anda dengan beberapa karyawan tambahan.
- Xero: Fitur luar biasa dalam memelihara akun, alat Xero melakukan dari pembukuan hingga manajemen pengeluaran virtual dan berisi kemampuan untuk menerima pembayaran dalam lebih dari 160 mata uang dengan nilai tukar yang diperbarui. Aplikasi Xero juga menyimpan catatan pembelian dan merekonsiliasi akun Anda secara mekanis, seperti yang Anda harapkan dari alat akuntansi yang tepat. Aplikasi Xero efisien dalam melacak uang dan waktu yang dihabiskan untuk proyek tertentu untuk memberikan analisis biaya yang lengkap. Aplikasi Xero umumnya merupakan sistem akuntansi berlangganan bulanan. Namun, biayanya akan bervariasi tergantung pada apakah Anda mendapatkan fitur premium atau tidak.
- Expensify: Expensify adalah alat akuntansi yang digunakan untuk mengelola pengeluaran dan transaksi uang melalui data dan proses pelaporan yang realistis. Operasi akuntansi yang dilakukan oleh aplikasi yang mudah digunakan ini memecahkan banyak masalah terkait uang tunai. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk menyimpan ringkasan berbagai akun bersama dengan kalender. Expensify juga mendukung biaya perjalanan berdasarkan jarak tempuh, termasuk pembayaran proyek yang sedang berjalan. Anda juga dapat memodifikasi mata uang saat menggunakan alat akuntansi yang luar biasa ini.
- Rapi: Aplikasi Rapi sedikit seperti Expensify. Excellent mahir dalam mengekstrak informasi dari kuitansi dan dokumen keuangan Anda. Anda dapat menggunakan perangkat digital apa pun untuk mengoperasikan alat ini, termasuk ponsel cerdas, desktop, atau pemindai sebenarnya, dan Anda dapat dengan mudah mengakses file penting dari perangkat apa pun. Fitur hebat lainnya dari alat rapi ini adalah dapat dengan mudah terhubung dengan alat akuntansi lainnya, dan Anda dapat langsung mentransfer transaksi pengeluaran. Dengan bantuan alat ini, Anda dapat membagikan laporan keuangan Anda dengan akuntan dan rekan pemilik. Dengan Neat, Anda dapat dengan cepat menyingkirkan transaksi yang ditambahkan secara manual yang lambat dan melelahkan dan sebagai gantinya menerima proses virtual yang dioptimalkan .
Terlepas dari tahap dan persyaratan bisnis Anda, selalu ada alat akuntansi yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Baik Anda memilih versi desktop atau alat berbasis cloud, yang paling penting adalah mempertimbangkan alat akuntansi yang tepat untuk keuangan bisnis Anda. Tidak peduli seberapa cemerlang layanan Anda, bisnis Anda akan selalu berisiko jika Anda gagal menjaga sistem akuntansi yang sehat. Teruslah meneliti alat akuntansi yang akurat sampai Anda mendapatkannya untuk tujuan bisnis Anda.
Artikel Terkait: Manfaat Menggunakan Paperless dalam Bisnis Anda