Misalkan Anda adalah seorang pengusaha yang baru saja melangkah ke usaha baru. Dalam hal ini, kemungkinan besar Anda memerlukan perangkat lunak akuntansi yang tepat yang akan membantu Anda merekam data serta proyeksi mengenai perolehan pendapatan dan persiapan anggaran.
Mengingat volume transaksi dan pembayaran yang harus dicatat untuk usaha kecil, Anda mungkin tidak perlu menghabiskan banyak uang atau membeli perangkat lunak akuntansi yang tepat dan paling tepat. Perangkat lunak dasar dengan fungsi penting seperti kemampuan pembuatan faktur , buku besar, perincian inventaris, dan riwayat pembelian sudah lebih dari cukup bagi UKM untuk menjalankan operasinya dengan lancar.
Sebagian besar perangkat lunak akuntansi dasar untuk usaha kecil dan menengah dilengkapi dengan fitur bantuan terpandu yang membantu menjalankan operasi dengan panduan langkah demi langkah dan bertindak sebagai pemandu wisata untuk perangkat lunak, membantu memahami kontrol dan menyoroti kemungkinan kesalahan.
Berikut adalah beberapa cara kotak bantuan terpandu dalam perangkat lunak akuntansi dapat membantu pemilik usaha kecil menjalankan perangkat lunak akuntansi sendiri atau memudahkan akuntan dan pemegang buku baru.
Menyoroti kesalahan: Salah satu fungsi paling penting yang dilakukan kotak bantuan terpandu adalah menyoroti potensi kesalahan dalam lembar keuangan. Jika ada angka yang berpotensi membahayakan neraca keuangan Anda atau pendapatan atau pengeluaran Anda lebih dari total Anda, fitur panduan dalam perangkat lunak akuntansi dengan cepat menyoroti entri semacam itu yang dapat memiliki kesalahan penting yang memengaruhi seluruh lembar keuangan Anda. Selain itu, ini menyoroti kesalahan dalam manajemen inventaris dan membantu Anda mempertahankan stok produk Anda untuk melayani pelanggan Anda dengan lebih baik.
Alokasi anggaran: Kotak bantuan terpandu membuat alokasi anggaran lebih mudah. Jika total anggaran yang dialokasikan atau persentase dana yang dialokasikan untuk bagian tertentu dari bisnis Anda melebihi tingkat yang Anda putuskan pada awalnya, fitur perangkat lunak akuntansi internal akan menyoroti bidang yang menjadi perhatian, membantu Anda merencanakan anggaran Anda secara efisien. Terutama jika bisnis Anda baru dan pendapatan relatif lebih rendah, pengeluaran Anda diharapkan melebihi pendapatan Anda. Bantuan terpandu dari alat akuntansi membantu Anda memeriksa biaya dan dengan demikian melacak anggaran Anda.
Kontrol inventaris: Jika bisnis Anda melibatkan banyak pembelian dan penjualan inventaris , memeriksa stok Anda secara manual bisa sangat merepotkan. Bantuan terpandu dalam perangkat lunak menyoroti ketika persediaan produk tertentu rendah, mengisyaratkan Anda bahwa Anda harus mengisi kembali. Selain itu, setiap artikel dengan masa simpan terbatas juga tampak disorot dalam perangkat lunak Anda, mengamankan Anda dari potensi kerugian dengan membantu Anda mengidentifikasi produk yang hampir kadaluwarsa dan dengan demikian menempatkan mereka di depan sisa stok.
Pemberitahuan pembayaran: Perangkat lunak akuntansi yang tepat mencakup kontrol bawaan untuk manajemen pengeluaran, penggajian, perpajakan, neraca, aset tetap, dan arus kas, serta inventaris, penjualan, dan manajemen pelanggan. Dengan semua fitur ini, menjadi mudah untuk melacak dan menjadwalkan pembayaran. Setiap pembayaran yang jatuh tempo pada Anda atau diharapkan untuk diterima disorot, memungkinkan Anda untuk memberi tahu pembayar Anda atau menjadwalkan penghasilan Anda tepat waktu. Demikian pula, perangkat lunak akuntansi yang baik dengan bantuan terpandu membantu mengelola penggajian secara tidak memadai.
Perhitungan pajak: Bantuan terpandu dalam masalah akuntansi adalah layanan yang sangat baik dalam hal menyelesaikan masalah pajak UKM. Pemilik bisnis atau akuntan dapat dengan mudah membuat laporan pajak penghasilan, menghitung Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan menyiapkan laporan keuangan yang komprehensif termasuk perpajakan atas semua transaksi. Informasi tersebut membantu Anda memahami pajak bisnis dengan lebih baik dan membantu Anda mengajukan pajak secara bertanggung jawab tepat waktu.
Fungsionalitas tutorial: Salah satu tugas penting yang dilakukan kotak bantuan terpandu adalah fungsionalitas tutorial. Sebuah kotak dialog setiap langkah dari manajemen akuntansi dan pembukuan membantu akuntan/pembukuan/pemilik UKM lebih memahami fungsionalitas perangkat lunak dan dengan demikian melakukan tugas- tugas manajemen keuangan dengan presisi tinggi dan efisiensi. Fungsi tutorial ini juga memudahkan pemula pembukuan untuk mencatat data dan melakukan tugas pembukuan dengan mudah.
Artikel Terkait: 6 Hal Yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Usaha Kecil Tentang Pajak Penggajian