Aspek utama anggaran
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah anggaran Anda harus fokus pada biaya barang atau jasa yang disediakan bisnis Anda dan proposal secara umum. Artinya, perhitungkan dengan jelas semua kebutuhan klien Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk meningkatkan anggaran Anda.
- Detail teknis sangat relevan, seperti apa yang akan Anda berikan, fungsi yang akan dicakup oleh pekerjaan Anda, elemen yang akan terdiri dari layanan Anda, dll.
- Bentuk pengiriman merupakan aspek penting lainnya , karena perlu untuk menentukan bagaimana layanan akan disampaikan kepada klien. Ini memastikan bahwa mereka tahu apa yang akan mereka terima dan berapa banyak yang dapat mereka minta.
- Anda harus menjelaskan dengan jelas apa yang akan Anda terima sebelum memulai pekerjaan Anda karena kompensasi relevan dengan jenis layanan yang Anda berikan.
- Sangat penting bahwa Anda menguraikan durasi layanan yang diberikan dan, jika mungkin, membuat jadwal yang menentukan tenggat waktu tertentu.
- Harga setiap tahap layanan harus dinyatakan dengan jelas sehingga klien mengetahui biaya yang Anda kenakan untuk setiap layanan secara individual, serta untuk manajemen secara keseluruhan.
- Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal efektif anggaran.
- Adalah penting bahwa anggaran harus jelas dan rinci dan bahwa Anda menangani klien sebagai seorang profesional.
- Dianjurkan untuk membacanya dengan keras dan bahkan meminta teman atau kolega tepercaya untuk memeriksanya dan memberikan pendapat mereka.
Anggaran harus jelas, ringkas, dan terperinci. Ada beberapa teknik yang tersedia untuk membuat resume yang sempurna; namun, opsi mana pun yang Anda pilih, sangat disarankan untuk menyatakan semua biaya yang merupakan layanan Anda dengan jelas. Dengan cara ini, klien Anda tahu persis apa yang mereka bayar.
Berikut ini adalah serangkaian elemen penting yang harus disertakan dalam setiap anggaran:
Data perusahaan/penyedia jasa:
Di bagian ini, Anda harus menyatakan perincian yang relevan dari perusahaan atau profesional yang menyediakan layanan, seperti nama atau nama bisnis, NIF atau CIF, alamat pajak, dan informasi kontak lainnya.
Data klien:
Anggaran harus mencerminkan nama klien (baik swasta atau perusahaan), serta CIF atau ID dan alamat Anda.
Konsep:
Konsep tersebut berkembang pada elemen – elemen yang membentuk produk dan atau jasa yang tercantum dalam anggaran.
Ini harus mencakup penawaran yang berbeda, jam kerja, bahan yang digunakan, dan biaya terkait lainnya . Biaya tambahan ini mungkin termasuk mengontrak layanan, lisensi, dan persediaan pihak ketiga lainnya.
Di bagian ini, Anda juga harus memasukkan jumlah unit setiap elemen yang membentuk konsep, beserta biayanya dan total biaya setiap kelompok unit yang sifatnya sama.
Jumlah:
Jumlahnya harus dirinci, menunjukkan basis pajak atau jumlah konsep tanpa PPN, persentase PPN yang diterapkan, dan jumlah total anggaran. Jumlah total ini merupakan hasil penjumlahan dari dasar pengenaan pajak ditambah PPN.
Cara Pembayaran:
Sangat penting untuk mempertimbangkan metode pembayaran setiap anggaran. Biasanya, uang muka biasanya tidak ditetapkan ketika total biaya layanan rendah atau tidak memerlukan perolehan material sebelumnya. Tetapi dalam hal layanan yang lebih mahal atau yang melibatkan perolehan material atau layanan kontrak yang signifikan dari pihak ketiga, disarankan untuk menyepakati kemajuan dalam bentuk persentase dari jumlah total.
Di bagian ini, Anda juga dapat menentukan alat pembayaran, baik melalui transfer bank atau setoran atau tunai.
Elemen anggaran lainnya:
Selain elemen wajib yang dijelaskan di atas, beberapa teknik dapat membantu membuat anggaran Anda lebih komprehensif dan memastikan kepercayaan yang lebih besar dari klien Anda.
istilah pengiriman:
Menyertakan tenggat waktu untuk mengirimkan proyek yang telah selesai, atau periode peralihan dari tahapan yang berbeda, merupakan sumber daya penting untuk menambah nilai pada layanan Anda. Ingatlah, ketika anggaran menjadi sah secara hukum, penting untuk mematuhi tenggat waktu ini dan merencanakannya terlebih dahulu.
Jaminan dan dukungan teknis:
Ada layanan atau proyek tertentu yang mungkin perlu diberkahi dengan jaminan tertentu (terutama jika menyangkut layanan jangka panjang) atau dukungan teknis, yang tidak harus termasuk dalam jumlah layanan itu sendiri dan harus dianggarkan dengan tepat.
Teknik yang baik untuk membuat anggaran Anda lebih menarik adalah menawarkan dukungan teknis ini secara gratis untuk waktu tertentu.
Kondisi hukum:
Cantumkan ketentuan hukum yang Anda anggap perlu untuk menghindari kesalahpahaman atau penyalahgunaan oleh salah satu pihak. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah salah tafsir tentang apa yang diatur dalam dokumen, menghemat waktu dan uang.
Format:
Kadang-kadang perlu menyajikan anggaran dalam format yang berbeda, seperti faktur pra-formulir atau proposal untuk kontrak komersial. Modalitas terakhir ini biasanya relevan untuk agen komersial, pelatih, atau programmer yang mengembangkan pekerjaan mereka terus menerus dari waktu ke waktu.
Artikel Terkait: Memperluas Bisnis Anda Secara Internasional