Di era di mana Internet mendominasi sebagian besar ekonomi dan ekosistem bisnis, batas antara profesional dan pribadi semakin menyebar. Di mana generasi, akses, dan lalu lintas data dalam bentuk apa pun tumbuh secara eksponensial, sejarah pribadi dan profesional kita, dan bisnis jauh lebih terbuka. Namun, ini tidak selalu harus menjadi kendala dan dapat memberi kita peluang yang tidak terpikirkan dalam konteks lain.
Ketika kita berbicara tentang teknologi baru yang diterapkan pada perusahaan, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah pemasaran (biasanya pemasaran online), manajemen dokumen (komputasi awan), atau bahkan area komersial.
Dan jika kita berbicara tentang teknologi dan teknik seperti data besar, yaitu pengumpulan dan akumulasi besar data untuk analisis selanjutnya dan pencarian tren, peluang, dll. Antara teknologi dan manajemen bisnis, kami meninggalkan elemen penting untuk memulai. dan pertumbuhan setiap perusahaan atau bisnis: pembiayaan.
Tetapi jika saya membiayai bisnis saya, jika memperoleh kredit atau modal adalah elemen fundamental untuk proyek saya, mengapa tidak menerapkan manfaat revolusi digital dan data besar untuk itu?
Teknologi baru telah memungkinkan terciptanya sumber pembiayaan alternatif yang terkait erat dengan Jaringan dan menawarkan jendela baru bagi pengusaha. Mungkin, platform crowdfunding adalah agen yang paling representatif (dan paling terkenal) dari cara baru dalam memahami pembiayaan, sejauh ini dari intermediasi perbankan tradisional, tetapi itu bukan satu-satunya.
Kemajuan teknologi memungkinkan kami melangkah lebih jauh dalam hal mencari pembiayaan untuk proyek kami. Buktinya adalah menciptakan platform baru yang menggunakan semua informasi dan data dalam jumlah besar ini untuk menawarkan jalur pembiayaan yang sesuai dengan profil akurat dan kebutuhan proyek atau pengusaha.
Data apa yang mereka gunakan? Dapatkah jejaring sosial saya memengaruhi kemampuan saya untuk membiayai bisnis saya?
Nah, perhatikan, karena itu sepertinya sedang tren. Sadar atau tidak sadar, kami memiliki data tentang perusahaan kami dan kami di Jaringan, data yang dapat dianalisis dan digunakan oleh perusahaan lain untuk membentuk gambaran yang cukup jelas tentang cara kerja bisnis kami dan memutuskan kapasitas kredit kami.
Dan, meskipun titik itu belum tercapai, hanya sedikit yang tersisa untuk itu. Beberapa platform pendaratan baru-baru ini di Spanyol, seperti topi Spot, sudah menggunakan data yang disediakan oleh akun Amazon, eBay, atau Presentasi, untuk perusahaan yang menjual secara online.
Prioritasnya mungkin karena paparan berlebihan ke Jaringan dapat menimbulkan kecurigaan. Namun, kenyataannya adalah, dalam banyak kasus, hal itu dapat menguntungkan dalam hal memperoleh pembiayaan tanpa harus hanya bergantung pada riwayat kredit perusahaan kita.
Misalnya, mereka menawarkan model pembiayaan alternatif untuk pekerja lepas dan UKM berdasarkan data yang diperoleh dari platform yang disebutkan di atas untuk memberikan jalur kredit yang disesuaikan dengan kenyataan yang lebih dekat dengan pengusaha dan UKM. Banyak faktor yang memengaruhi lebih dari sekadar faktor finansial.
Sebuah studi baru-baru ini oleh Kamar Dagang menegaskan bahwa hanya 1 dari 4 usaha kecil mendapatkan pembiayaan yang diinginkan , sementara suntikan kredit ke perusahaan besar semakin signifikan.
Dalam hal memperoleh pembiayaan, terutama di kalangan usaha kecil, waktu dan fleksibilitas sangat penting. Namun, penantian panjang, tuntutan tinggi dari bank, dan kondisi tinggi yang mereka tuntut membuat peluang pertumbuhan yang berarti sering kali hilang.
Untuk alasan ini, tampaknya cara tradisional pembiayaan bank telah mulai menjadi model usang yang tidak dapat merespons secara efektif kebutuhan nyata UKM dan wiraswasta, yang membentuk lebih dari 95% struktur bisnis Spanyol. Saat ini, kemungkinan baru yang menawarkan teknologi baru, peningkatan konektivitas, dan proliferasi terminal cerdas seperti smartphone atau tablet adalah masa depan yang tidak terlalu jauh untuk mendapatkan kredit dalam usaha kecil.
Artikel Terkait: Bagaimana Cara Mengatur Waralaba?