Jika Anda bertekad untuk memulai, mendirikan waralaba bisa menjadi ide bagus. Ini adalah pilihan yang menarik baik bagi mereka yang mencari nafkah dengan membuka bisnis dan mereka yang memiliki tabungan dan ingin melakukan investasi yang menguntungkan.
Pertama, Anda harus tahu bahwa operasi waralaba terdiri dari kerjasama bisnis antara dua pihak. Salah satunya adalah pemilik waralaba, perusahaan yang menciptakan merek, dan yang lainnya adalah penerima waralaba, yaitu Anda. Masyarakat otonom yang ingin membuka usaha dengan dukungan merek yang sudah terkonsolidasi.
Kesepakatan antara kedua belah pihak dihasilkan oleh kontrak yang menetapkan standar citra tertentu, target penjualan atau strategi bisnis, dan pembayaran franchisee dalam jumlah tetap atau variabel.
Mengapa Anda ingin membuka waralaba?
Mendirikan bisnis jenis ini memiliki banyak keuntungan, yang dapat kami rangkum dalam tiga aspek utama:
Kenyamanan
Jika Anda sudah lama ingin memulai, salah satu kendala yang Anda temui adalah kemungkinan menemukan ide bisnis yang bagus. Untungnya, saat membuka waralaba, pekerjaan ini sudah diberikan. Ini dan banyak langkah awal lainnya yang harus Anda ambil untuk membuat perusahaan, seperti mengembangkan rencana bisnis, mengelola pemasok dan penjualan, desain gambar, dll.
Risiko lebih rendah
Saat Anda membuka waralaba, Anda mendukung merek yang terkonsolidasi dan keamanan ide bisnis yang telah terbukti operasinya. Selain itu, Anda memiliki know-how (pengetahuan), pelatihan, dan pendampingan dari perusahaan yang berpengalaman. Ini berarti bahwa peluang petualangan tidak berjalan seperti yang Anda harapkan jauh lebih rendah daripada saat Anda memulai dari awal.
Daya saing yang lebih besar
Didukung oleh merek memungkinkan Anda untuk berspesialisasi dalam suatu sektor dan bersaing secara setara dengan toko-toko besar. Anda memfasilitasi pertumbuhan mengenai lebih banyak bisnis lokal.
Kiat untuk mendirikan waralaba
Terlepas dari semua manfaat ini, meluncurkan waralaba juga memiliki risiko dan kerugian. Anda tidak dapat melupakan bahwa hal itu memerlukan investasi ekonomi yang penting dan membatasi kemandirian bisnis. Karena itu, Anda harus merenung dan mengambil keputusan yang baik . Untuk ini, kami merekomendasikan hal berikut:
Pilih waralaba yang paling cocok untuk Anda
Anda akan menjadi salah satu poin yang paling kompleks. Dan pada tahun 2015, 1232 merek waralaba beroperasi di negara kita, seperti yang ditunjukkan oleh laporan waralaba di Spanyol. Pertama, pikirkan sektornya: fashion, makanan, perhotelan. Dari sana, teliti merek bidang yang Anda pilih. Anda harus mengevaluasi kanon yang mereka tawarkan, kewajiban Anda sebagai pemegang waralaba, pengalaman merek yang telah terbukti , profitabilitas, dan opsi masa depan.
Negosiasikan kontrak
Ketika saatnya tiba, dia meminta pengacara khusus untuk membantunya meninjau kontrak dan menegosiasikannya dengan pihak lain. Tujuannya adalah agar Anda berdua menang.
Temukan lokasi yang sempurna
Situasi tersebut dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus belajar dengan baik di mana Anda harus meletakkan waralaba. Meskipun banyak pekerjaan penelitian telah diberikan kepada Anda, Anda tidak dapat mengabaikan poin ini.
Temukan cara untuk membiayai diri sendiri
Misalkan Anda punya uang, sempurna. Jika tidak, di luar pembiayaan tradisional di bank, Anda harus meminta pinjaman kepada teman dan keluarga, di samping subsidi publik. Cobalah untuk menyimpan semua yang Anda bisa.
Dan, di atas segalanya, jangan terburu-buru
Kita tahu bahwa menghentikan dorongan kewirausahaan itu sulit, tetapi mendirikan waralaba membutuhkan waktu. Anda harus berpikir hati-hati tentang setiap keputusan dan setiap gerakan, jadi teruslah mencari opsi jika Anda tidak sepenuhnya yakin.
Artikel Terkait: Ketika Jejaring Sosial Saya Menentukan untuk Membiayai Bisnis Saya