Pembukuan artinya suatu elemen yg tidak boleh diabaikan buat kamu yg baru memulai usaha atau sedang menjalankan usaha.
siklus akuntansi merupakan aktivitas yg terjadi secara berulang mulai asal awal transaksi yaitu mencatat bukti bukti transaksi hingga penyajian laporan keuangan.
daur akuntansi yang sempurna wajib melalui langkah demi langkah supaya membuat hasil yg dibutuhkan.
Begini Alur, Proses, Urutan Cara membuat Pembukuan dalam Akuntansi yg tepat
1. Mengumpulkan dan Menganalisa Data Transaksi buat Pembukuan pada Akuntansi
Proses pembukuan pada Akuntansi dimulai asal proses pengumpulan data transaksi keuangan dalam bentuk bukti transaksi.
Bukti transaksi dapat berbentuk:
kwitansi/nota,
surat jalan,
surat pengakuan utang piutang,
kontrak,
wesel,
dan lain sebagainya
dari bukti yang didapat, engkau bisa melakukan identifikasi serta analisa transaksi buat menentukan kebenaran nilai serta status transaksi tersebut.
2. menghasilkan Jurnal Transaksi
sesudah bukti transaksi dianalisa, proses selanjutnya adalah memasukkan nilai yg diakui ke dalam jurnal catatan transaksi.
Proses ini acapkali disebut menggunakan proses pencatatan atau “menjurnal”.
Proses menulis jurnal ini dapat dilakukan setiap terdapat transaksi baru atau dilakukan sekaligus sehabis transaksi selama 1 hari terkumpul.
pada dalam jurnal transaksi sendiri, minimal wajib ada beberapa kolom berita seperti :
lepas transaksi
nomor bukti,
akun transaksi,
kabar,
kolom debit
kolom kredit,
serta saldo.
di era komputerisasi sekarang ini, proses menjurnal tak lagi dilakukan menggunakan mencatat di buku, melainkan dimasukkan ke pada sistem atau aplikasi akuntansi.
semua data keuangan akan tersaji secara instan pada software accounting sehingga pembukuan sebagai sistematis dan jelas.
3. Memindahkan Jurnal Transaksi ke kitab akbar
di langkah berikutnya, catatan transaksi pada jurnal dipindahkan ke pada gerombolan akun sesuai dengan jenis transaksinya.
kelompok-kelompok akun inilah yang diklaim kitab besar .
pada pada buku akbar, satu jenis transaksi berkumpul menjadi satu gerombolan .
misalnya akun aset permanen terdiri berasal transaksi yg berupa aset permanen saja atau akun kas yang hanya terdiri asal transaksi yg berupa kas.
pada akhir proses pembukuan Akuntansi ini, gugusan nilai-nilai transaksi buat menghasilkan nilai akhir yang disebut menggunakan saldo akhir.
Saldo akhir bisa berupa saldo debit atau saldo kredit sesuai menggunakan jenis akunnya.
4. menghasilkan Neraca Percobaan
menghasilkan neraca percobaan umumnya dilakukan setiap menjelang penutupan kitab di proses pembukuan sederhana dalam Akuntansi.
Proses membentuk neraca percobaan (trial balance) dimaksudkan buat memastikan bahwa nilai jenis akun bersaldo debit sama dengan jenis akun bersaldo kredit (balance) atau secara holistik, jumlah nilai transaksi debit sama dengan transaksi kredit.
Jika nilainya sama berarti balance (sudah benar).
lalu bagaimana Jika tidak seimbang? Apa yg harus dilakukan?
ada beberapa kemungkinan yg mengakibatkan neraca keuangan tidak seimbang yaitu adanya transaksi yg belum dicatat atau adanya transaksi yg keliru perhitungan atau salah catat. Jadi pastikan buat teliti dalam menganalisa serta menjurnal transaksi.
5. menghasilkan Laporan Keuangan
Laporan keuangan artinya keliru satu hal penting pada proses pembukuan akuntansi. yaitu terdiri berasal empat jenis laporan keuangan, yaitu
Laporan untung Rugi : laporan ini berisi laba atau rugi higienis perusahaan pada suatu periode.
Laporan Neraca : Laporan ini berisi ihwal posisi keuangan perusahaan di pos-pos aset, modal, dan kewajiban.
Laporan Arus Kas : Laporan yang berisi info sirkulasi keluar masuk kas pada suatu periode.
Laporan Perubahan modal : Laporan ini menunjukkan perubahan modal pemilik pada suatu periode.
Laporan Harga pokok Penjualan : spesifik buat perusahaan manufaktur dimana barang yang dijual melalui proses produksi
Itulah cara membuat pembukuan menggunakan siklus akuntansi yang sempurna.
buat mempunyai siklus akuntansi yg tepat asal mulai pembukuan hingga laporan keuangan perusahaan yang seksama MRB Finance dapat menjadi solusi perusahaan engkau .
MRB Finance bisa memberikan konsultasi akunting sampai pembuatan laporan keuangan perusahaan agar usaha bisa melaju sinkron menggunakan tujuan buat terus maju serta berkembang.
Sumber : https://www.mrbfinance.com/blog/cara-membuat-pembukuan-dengan-siklus-akuntansi-yang-tepat
Artikel Terkait : http://akuntansi.uma.ac.id/2021/11/17/manfaat-utama-dari-deposito-berjangka/