Ada banyak alat yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan menyoroti upaya pemasaran yang dilakukan oleh bisnis. Alat-alat ini dapat mencakup kehadiran media sosial, kampanye cetak, dan iklan pembelian untuk dijalankan di berbagai sumber media.
Namun, penting juga bahwa bisnis memiliki situs web etalase. Situs web yang menampilkan produk dan layanan Anda akan memberi tahu pelanggan apa yang Anda tawarkan dan memberikan kredibilitas pada bisnis Anda. Dalam jajak pendapat penelitian baru-baru ini, banyak pelanggan menyatakan bahwa jika bisnis tidak memiliki situs web, mereka umumnya akan mencari alternatif karena ada ketidakpercayaan.
Oleh karena itu, Anda harus berupaya membangun situs web etalase atau menyewa perancang web profesional untuk membuatnya untuk Anda. Berikut adalah enam langkah untuk membuat situs web showcase yang efektif.
Tentukan Target Audiens Anda
Langkah pertama dalam meluncurkan situs web showcase adalah memikirkan tujuan, target, dan kontennya. Siapa yang ingin Anda jangkau dengan situs web etalase Anda? Konten apa yang menarik minat target ini? Informasi apa yang ingin Anda tempatkan dalam bisnis Anda? Pembuatan situs web, apa pun itu, membutuhkan refleksi minimal . Setelah Anda mengetahui untuk siapa situs web etalase Anda dan apa isinya, Anda akan dapat membuat situs web etalase yang jelas di mana informasi mudah ditemukan dan diprioritaskan dengan benar .
Pemeliharaan Situs Web
Memiliki situs web etalase adalah hal yang baik, tetapi tetap perlu desain, visualnya, meyakinkan. Tentu saja, jika profesi Anda tidak ada hubungannya dengan internet atau IT, Anda tidak perlu berharap bahwa Anda menguasai membuat website di ujung jari Anda. Namun demikian, jika situs web Anda tidak terlihat profesional, kemungkinan besar prospek Anda akan mengabaikan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Anda membutuhkan desain website showcase berkualitas tinggi yang dapat meyakinkan prospek dan pelanggan Anda bahwa mereka ingin berbisnis dengan perusahaan Anda.
Fokus pada Konten
Di internet, konten adalah raja! Teks, video, foto, peta, dll. Semakin banyak situs web Anda menawarkan konten yang bermanfaat, dan semakin menarik bagi target Anda. Selain itu, konten inilah yang akan memungkinkan referensi situs web showcase di mesin pencari. Yang penting fokus pada konten yang langsung menarik minat target dan prospek Anda.
Jangan lupa, tentu saja, informasi paling dasar, mulai dari jam buka, informasi kontak, layanan, produk, dll. Tapi jangan ragu untuk melangkah lebih jauh. Jelaskan dengan jelas metode kerja Anda, pengetahuan Anda. Ketahui cara mengusulkan teks yang meyakinkan dan meyakinkan untuk target Anda. Idenya tentu saja untuk meyakinkan mereka agar menghubungi Anda atau mengunjungi toko Anda. Terkadang, membuat blog bisnis di situs web etalase Anda sangat ideal untuk meyakinkan prospek atau pelanggan saat mempromosikan SEO.
Terakhir, pikirkan tentang memprioritaskan konten Anda dengan benar. Seorang pengguna harus memahami dari halaman rumah Anda di mana ia harus mengklik untuk menemukan informasi ini dan itu.
Segarkan Situs Web Anda
Banyak situs web showcase menderita sindrom “ketinggalan zaman”. Dalam banyak kasus, pembuat situs web meluncurkan situs mereka dan kemudian meninggalkannya. Tentu saja, tujuannya bukan untuk memperbarui situs web showcase setiap hari, tetapi untuk menunjukkan kepada pengguna Internet bahwa Anda selalu aktif dan dinamis di industri Anda.
Jika penting bahwa informasi di situs web Anda (alamat, detail kontak, harga, dll.) mutakhir, penting juga bagi pengguna untuk melihat bahwa Anda masih aktif. Bagian “Berita”, misalnya, memungkinkan Anda untuk secara teratur memberikan beberapa berita tentang perusahaan Anda (acara, produk baru, partisipasi dalam pertunjukan, dll.). Ini adalah cara yang baik untuk membuat situs web ramah dan hidup.
Jawab Pertanyaan Pelanggan
Kami berbicara tentang pentingnya konten di situs web, tetapi sama pentingnya untuk menawarkan konten yang dicari pelanggan secara langsung. Jika Anda secara teratur menerima pertanyaan yang sama dari pelanggan dan prospek Anda, atau jika industri Anda perlu menjawab pertanyaan tertentu atau menghapus ketakutan, Anda mungkin perlu menulis FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan).
Bagian FAQ di situs web etalase adalah cara yang baik untuk menghadirkan konten dan minat berkualitas kepada pengguna. Jawab pertanyaan paling mendasar tentang diri Anda atau bisnis Anda. Jangan pernah lupa bahwa selain memberikan informasi, FAQ juga dapat menjadi sarana promosi. Dengan menjawab pertanyaan, Anda bebas menyoroti kualitas layanan atau pengetahuan Anda.
Memiliki Informasi Kontak
Terakhir, perhatikan bahwa penting untuk menunjukkan sarana kontak dan lokasi Anda di situs web Anda. Memang, website showcase bukanlah sarana komunikasi tersendiri, yaitu konten untuk membicarakan perusahaan Anda. Sebaliknya, itu harus mengarahkan pelanggan langsung kepada Anda, atau bahkan mendorongnya untuk mengajukan pertanyaan kepada Anda atau, tentu saja, sering mengunjungi toko Anda.
Untuk ini, Anda tentu harus memiliki halaman kontak yang jelas dan mudah ditemukan, yang berisi semua detail kontak Anda (alamat pos, alamat email, nomor telepon). Dorong pengguna untuk menghubungi Anda dengan menunjukkan bahwa Anda tersedia dan terbuka untuk pertukaran apa pun. Memang, kunci untuk menampilkan situs web adalah mendorong pengguna untuk bertindak. Jika pengguna dapat menelusuri situs web Anda tanpa melangkah lebih jauh, mereka akan dengan cepat melupakan Anda atau beralih ke bisnis lain dengan situs web yang lebih baik dan lebih mudah diakses.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Dampak Promosi Online pada Startup