Model bisnis telah berkembang selama bertahun-tahun, dari manufaktur dan distribusi hingga era kemitraan dan pengetahuan. Munculnya kecerdasan buatan (AI) telah sangat mengubah makna ide, kreativitas, dan teknologi selama bertahun-tahun. Akibatnya, model perusahaan berubah lebih jauh. Ketika sektor perusahaan mengalami perubahan yang signifikan dan drastis dalam keseimbangan kuantitatif kekuatan intelijen , aplikasi dan penerapan AI memberi setiap perusahaan bisnis peluang baru seperti halnya hambatan.
AI sekarang mengubah industri dan perdagangan lintas batas. AI telah menyamakan kedudukan bagi negara-negara dan memberi bisnis mereka peluang langka untuk melangkah maju dan berkembang, baik mereka kaya atau miskin, industri atau berkembang, kecil atau besar. Namun, akses ke teknologi dan perangkat lunak konsisten; pertanyaannya adalah bagaimana setiap perusahaan menggunakan informasi tersebut — untuk maksud dan sasaran yang mana. Sementara teknologi inovatif membantu menyamakan kedudukan bagi perusahaan di seluruh sektor dalam hal kemampuan mereka untuk mengakses intelijen dari data dan informasi digital yang berkembang , penting untuk mempertimbangkan kriteria lain yang akan membantu menentukan kinerja individu dan bersama dalam meningkatkan kemampuan AI untuk bisnis. .
Tantangan data yang akan datang
Bisnis di seluruh dunia akan menghadapi hambatan dan peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di tahun-tahun mendatang. Perkembangan yang dipimpin oleh otomatisasi adalah satu-satunya yang konstan dalam transisi semacam itu. Pengembangan otomatisasi berbasis AI berarti data yang lebih informatif dari perangkat yang terhubung, media sosial, data pasar, dan sumber lainnya, yang meningkatkan kemampuan untuk merevolusi model bisnis. Selama bertahun-tahun, data digital telah berkembang dengan kecepatan yang luar biasa di berbagai negara. Hal ini penting untuk memahami:
- bagaimana realitas pengetahuan berbasis data modern ini membuka lanskap kemungkinan dan ancaman yang sama sekali baru untuk setiap sektor lintas negara.
- Apa implikasi yang diharapkan untuk setiap industri (yang ada dan yang muncul)?
Bisnis mulai menyadari konsekuensi dari lanskap otomatisasi berbasis AI yang muncul, melampaui aplikasi kecerdasan buatan yang terbatas. Meskipun hubungan antara data, pengetahuan, dan kecerdasan kompleks dan tidak langsung, kekuatan dan kecepatan peningkatan otomatisasi berbasis AI yang diprediksi di tahun-tahun mendatang akan memberi setiap perusahaan peluang dan tantangan untuk produktivitasnya. Akan sangat menarik untuk menyaksikan bagaimana AI mengubah dinamika kekuatan bisnis global .
Transformasi model bisnis
Saat ini, bisnis dapat mengumpulkan lebih banyak data, memperoleh informasi yang diperlukan , dan berinovasi saat menjadi lebih terhubung. Akibatnya, kita cenderung melihat evolusi industri yang sangat dibutuhkan: pasar yang lebih cepat, aktivitas pelajar, perusahaan yang dinamis, pendapatan yang meningkat, pelanggan yang terinformasi, dan bisnis yang dinamis.
Bagaimana AI mengubah model bisnis? Meskipun bisnis di berbagai sektor dan negara berada pada berbagai tahap adopsi AI, tampaknya pendekatan saat ini terhadap strategi AI terlalu terbatas. Perusahaan menggunakan AI untuk meningkatkan layanan pelanggan, mengevaluasi data, dan memperkirakan keluaran untuk mengotomatiskan beban kerja, perdagangan, dan tugas lainnya. Tren aplikasi dan adopsi AI saat ini tidak cukup beradaptasi dengan kemampuan intelijen yang berubah dengan cepat. Selain itu, korporasi sering menumbuhkan suasana ketidakpercayaan dan permusuhan satu sama lain dalam sektor dan negara masing-masing. Budidaya mungkin menjadi salah satu faktor yang mencegah pendekatan standar untuk pemrosesan data dan akses informasi.
Selain itu, negara-negara kekurangan teknologi data digital dasar. Sebaliknya, kurangnya teknologi modern menghambat peluang dan perkembangan data, sehingga sulit memenuhi kebutuhan pelanggan dan pengetahuan — membuat perusahaan memiliki data, informasi, dan kecerdasan yang usang . AI tidak hanya mengubah cara perusahaan beroperasi, tetapi pemikiran standar dan rasa kemitraan, daya saing, dan kreativitas juga telah sangat berubah. Namun, sebagian besar program AI menghasilkan keunggulan kompetitif dengan mengidentifikasipeluang baru, meningkatkan aktivitas yang ada, menyediakan ceruk bisnis yang selama ini diabaikan, atau mengembangkan pasar baru. Perangkat terhubung yang memberikan aliran data terus menerus mengenai fungsionalitas, penggunaan, permintaan, dan lainnya ke lokasi pusat dapat menghasilkan transformasi yang lebih menarik dan kompetitif. Transformasi akan membawa kita ke titik kritis: Bagaimana mengintegrasikan Internet of Things akan mengubah model pasar dengan antarmuka yang baru dikembangkan bagi merek untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka?
Intinya
Kecerdasan buatan untuk setiap perusahaan adalah bagian penting dari masa depan. Baru perkembangan di otomatisasi dipimpin oleh AI merupakan perubahan penting dalam domain AI, yang sekitar konfigurasi ulang prioritas, leverage, dan investasi dalam kebijakan perusahaan global. Meskipun otomatisasi pasar memberikan prospek yang menarik dengan cepat, itu juga menimbulkan risiko keamanan yang signifikan. Mengingat bagaimana negara-negara mengelola sumber daya data penting mereka melalui dunia maya, Squarespace, Geospace, dan luar angkasa (CAGS), masa depan transformasi pasar yang dipimpin oleh kecerdasan buatan harus fokus secara intens pada kemajuan proyek data untuk mengumpulkan lebih banyak pengetahuan guna mengembangkan lingkungan AI lebih lanjut.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Bagaimana Algoritma Prediktif Mengubah Data Menjadi Keputusan