Salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis adalah penjualan dan pemasaran. Setiap bisnis, apa pun yang mereka jual, harus memiliki pelanggan untuk tetap berbisnis. Oleh karena itu, Anda harus mengidentifikasi target pelanggan dan mengarahkan semua pemasaran Anda ke arah audiens target tersebut agar bisnis berhasil. Misalnya, jika Anda menjual popok dan produk bayi, Anda akan memfokuskan pemasaran Anda pada orang tua baru dan bukan pada audiens tanpa bayi.
Kesalahan terbesar yang dilakukan bisnis dalam hal pemasaran adalah mereka menganggap semua orang di dunia menginginkan produk atau layanan mereka, dan mereka memasarkan di seluruh peta. Namun, jika Anda menjadi nyata dengan diri sendiri dan menyadari setiap bisnis memiliki audiens target dan mengarahkan pemasaran Anda ke audiens itu, Anda akan memiliki pelanggan yang keluar dari kayu. Berikut adalah lima tips untuk membantu Anda mengidentifikasi target pasar untuk bisnis Anda.
Filter Fokus Anda Your
Ketika datang ke pemasaran, Anda harus mempersempit fokus Anda dan menyaring apa yang tidak berlaku untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda perlu memiliki beberapa tingkat bias sehubungan dengan bahwa Anda perlu mempelajari pasar atau bisnis Anda dan bersikap realistis jika bisnis Anda sebagian besar atau secara eksklusif menarik bagi kelompok orang, rentang usia, atau tingkat pendapatan tertentu.
Anda harus menyaring siapa saja yang tidak memanfaatkan layanan atau produk Anda agar tidak membuang-buang uang atau waktu Anda yang berharga untuk memasarkan kepada mereka yang tidak akan pernah membeli produk Anda atau menyewa layanan Anda. Anda tidak boleh merasa seolah-olah Anda perlu menyertakan semua orang saat menargetkan upaya pemasaran Anda.
Kumpulkan Data
Anda perlu meneliti pasar bisnis Anda dan mengumpulkan sebanyak mungkin data untuk menentukan target pelanggan Anda. Dalam beberapa kasus, pelanggan sasarannya jelas, tetapi dalam kasus lain, itu bisa sedikit lebih tidak jelas dengan mata telanjang. Oleh karena itu, mengumpulkan data dan memastikan Anda mengumpulkannya dari setiap sumber yang berlaku untuk bisnis Anda akan memastikan bahwa Anda mencapai target audiens dan memanfaatkan anggaran pemasaran Anda sebaik mungkin.
Sewa Perusahaan Survei
Banyak bisnis tidak pernah berpikir untuk menyewa perusahaan survei untuk membantu mereka mengidentifikasi target pelanggan mereka. Jika Anda berada dalam bisnis di mana audiens target tidak mudah diidentifikasi, Anda perlu menemukan ini melalui survei. Pengeluaran untuk menyewa sebuah perusahaan akan memiliki hasil yang besar karena jika Anda menghabiskan banyak waktu dan uang untuk pemasaran dan tidak menargetkannya ke pelanggan utama Anda, Anda akan dikenakan biaya lebih banyak. Bisnis gagal karena mereka tidak memiliki penjualan yang cukup kuat untuk bertahan dalam bisnis. Anda harus melakukan banyak upaya pemasaran dan menggunakan uang pemasaran untuk alat vital seperti survei. Saran ini hanya untuk bisnis yang mengalami kesulitan mengidentifikasi pelanggan mereka.
Gunakan Data yang Ada
Jika Anda berada dalam bisnis dengan bisnis lain yang sama dan di lokasi yang sama, Anda dapat mengamati upaya pemasaran mereka . Bisnis ini dapat bekerja untuk Anda dan membantu Anda mengidentifikasi target pelanggan Anda tanpa membayar sepeser pun untuk survei atau riset pasar. Saat Anda memilih bisnis untuk diteliti, pastikan mereka sedekat mungkin dengan Anda dalam produk atau layanan, lokasi, dan model bisnis secara keseluruhan. Pasar dan audiens target dapat berubah di lokasi yang berbeda, jadi penting bahwa jika Anda akan meniru upaya pemasaran bisnis serupa , mereka akan sedekat mungkin dengan Anda.
Gunakan Jaringan Anda
Ketika Anda memiliki dan menjalankan bisnis dengan ukuran berapa pun, Anda biasanya telah membangun jaringan . Jaringan ini dapat terdiri dari teman dan keluarga Anda, bisnis lain seperti milik Anda, vendor yang Anda gunakan, dan bisnis lain di komunitas Anda. Sering kali ada orang dalam jaringan yang telah Anda bangun yang dapat membantu Anda mengidentifikasi audiens target Anda. Jaringan yang Anda bangun adalah memberi dan menerima dan melayani tujuan besar dalam banyak aspek bisnis Anda, tetapi mereka bisa sangat efektif dalam upaya pemasaran Anda , jadi manfaatkan itu. Itulah yang harus dilakukan.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Cara Menyelamatkan Bisnis Anda dari Tenggelam dalam Utang