Jenis penipuan yang paling umum adalah penipuan pencurian identitas . Begitu umum sehingga banyak orang menjadi korbannya tanpa menyadarinya hingga terlambat untuk menyelamatkan mereka dari kesulitan. Berikut adalah berbagai jenis penipuan khusus untuk pencurian identitas dan cara mengatasinya.
Penipuan Pembeli
Paling sering, pembeli ditipu. Dalam kebanyakan kasus, barang dibayar untuk itu kemudian tidak diterima. Hal-hal berikut harus diperhatikan agar tidak tertipu:
Jangan membayar melalui transfer bank. Jika penjual tidak mengirimkan barang, Anda tidak memiliki kendali hukum. Bahkan jika Anda mengajukan keluhan, dalam banyak kasus, uangnya hilang.
Bayar melalui PayPal dengan perlindungan pembeli. Jika tidak mungkin untuk mengambil barang secara pribadi, Anda juga dapat membayar melalui PayPal dengan perlindungan pembeli meskipun Anda mengambil barang tersebut. Jika terjadi perselisihan, penjual harus membuktikan bahwa barang telah dikirim jika dia tidak dapat membuktikannya, Anda akan mendapatkan uang Anda kembali.
Penipuan Penjual
Bahkan sebagai penjual, Anda bisa ditipu oleh pembeli, yang sedikit lebih sulit.
Barang dibayar oleh PayPal tetapi diambil secara pribadi. Jika pembeli telah membayar melalui PayPal dan kemudian mengambil barang tersebut secara pribadi, tidak ada cara bagi Anda sebagai pembeli untuk membuktikan kepada PayPal bahwa Anda telah menyerahkan barang tersebut dengan benar. Saat membayar melalui PayPal, jangan pernah menyerahkan artikel secara langsung tetapi selalu kirimkan melalui pos dengan bukti yang sesuai.
Karena kesalahan manusia bertanggung jawab atas pelanggaran keamanan, tidak ada perusahaan yang mampu mengabaikan pentingnya mendidik karyawan tentang bahaya online. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penipuan secara umum.
Buat alamat email untuk pertanyaan
Memiliki alamat email yang dapat dihubungi oleh karyawan untuk pertanyaan tentang keamanan siber adalah awal yang baik dan memiliki banyak manfaat lainnya . Di satu sisi, karyawan berani mengajukan pertanyaan yang mungkin tidak mereka tanyakan.
Selain itu, pemberi kerja memberikan opsi kepada karyawannya untuk meneruskan email yang mencurigakan untuk diperiksa. Ini membantu karyawan menjadi lebih cerdik tentang email penipuan. Email yang diteruskan juga dapat digunakan untuk pelatihan internal dan dengan demikian memperkaya pengetahuan semua karyawan dan juga perusahaan secara keseluruhan.
Siapkan sistem peringatan dini
Perlu memperkenalkan proses peringatan dini yang dinamis dan proaktif yang menginformasikan seluruh perusahaan tentang bahaya ini untuk melawan kampanye spam yang berbahaya. Ini mengurangi kemungkinan kolega yang bodoh akan jatuh ke dalam perangkap ini dan membahayakan keamanan, karyawan, dan data pelanggan perusahaan.
Selain itu, sistem ini meningkatkan kesadaran akan beberapa ancaman paling penting dan teknik yang paling banyak digunakan yang digunakan penjahat dunia maya – bahkan jika metode itu ternyata merupakan metode yang dicoba dan diuji. Last but not least, proses ini mendorong tim keamanan untuk melihat lebih dekat kampanye spam dan mengidentifikasi fitur.
Atur meja bundar dan pelatihan
Diskusi dengan para ahli, baik dengan karyawan yang memenuhi syarat atau dengan spesialis eksternal, membantu mendidik karyawan tentang berbagai aspek keamanan TI. Karena perusahaan besar mempekerjakan para profesional dari berbagai bidang, disarankan untuk mengatur meja bundar terpisah yang membahas keterampilan, minat, dan pengalaman khusus kelompok sasaran ini.
Sebuah gambar bernilai seribu kata, sehingga tidak pernah merugikan untuk menggunakan gambar dalam pelatihan ini, sehingga meningkatkan partisipasi penonton.
Menyelenggarakan kompetisi
Semua orang suka bersaing – dan menang, bukan? Kompetisi antar karyawan adalah cara yang menyenangkan untuk membangun perilaku yang kuat dan aman dari internet. Misalnya, materi dari kursus pelatihan dapat digunakan untuk kuis nanti. Pada akhirnya, pemenang diberi hadiah, tetapi seluruh perusahaan mendapat kesan betapa amannya rekan-rekan lainnya di dunia maya.
Tulis panduan yang bagus
Siapkan dokumen yang menjelaskan metode yang tepat tentang bagaimana karyawan dapat membantu mencegah serangan siber. Panduan semacam itu dapat, misalnya, berisi informasi tentang cara mengatur perangkat dengan aman, bagaimana informasi dienkripsi atau bagaimana mengatur otentikasi dua faktor pada perangkat yang berbeda . Penting juga untuk memastikan bahwa alat bantu ini mudah dibaca, berisi informasi yang paling penting, dan mudah diakses oleh semua karyawan.
Kesimpulan
Akhirnya, berikut adalah saran tentang cara merekam semua informasi ini. Tempatkan catatan kecil dengan informasi tentang kebersihan dunia maya yang baik untuk karyawan Anda di tempat-tempat yang tidak mereka harapkan – di toilet kantor, dapur, dan lift.
Jika karyawan Anda kemudian menemukan potongan kertas ini di tempat yang tidak biasa, ini meningkatkan efek pembelajaran . Mereka dapat lebih mudah mengambil informasi pada saat yang paling penting – misalnya jika Anda adalah korban serangan phishing.
Sumber: