Media sosial telah menjadi fokus utama kampanye periklanan dan pemasaran . Karena semakin banyak orang mendapatkan hiburan dari platform streaming dengan sedikit atau tanpa iklan, media sosial menerima pangsa yang lebih besar dari target iklan dan pemasaran . Platform media sosial juga menerapkan algoritme yang akan menyesuaikan iklan dengan suka dan kiriman pengguna individu. Berikut adalah jaringan media sosial populer dan cara paling efektif untuk mengiklankan serta memasarkan layanan dan produk.
1. Facebook
Facebook adalah platform media sosial terbesar yang saat ini digunakan dan populer serta digunakan di seluruh dunia . Hingga saat ini, ia memiliki sekitar 2,7 miliar pengguna aktif dan diperkirakan akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak ini dibandingkan dengan platform lain, Facebook memiliki potensi keuntungan terbesar bagi pengiklan dan bisnis. Saat beriklan di televisi atau melalui iklan cetak, produk terbatas, dan layanan ke wilayah tersebut, Facebook adalah platform global yang memungkinkan beberapa perusahaan memperluas jangkauan mereka.
Facebook memberi pengguna kemampuan untuk memiliki halaman bisnis sebagai perpanjangan dari profil mereka. Tidak ada batasan jumlah halaman bisnis yang dapat dimiliki seseorang; oleh karena itu, jika seseorang memiliki lebih dari satu bisnis, mereka dapat membuat halaman bisnis untuk setiap produk atau bisnis .
Salah satu fitur terbaik yang disediakan Facebook untuk halaman bisnis adalah mengiklankannya . Menggunakan Facebook untuk beriklan membuat beberapa opsi tersedia dengan harga berbeda. Ini memberikan halaman dengan opsi “post boosting”, yang memungkinkan pemilik untuk memilih parameter audiens target . Artinya, Facebook mengizinkan bisnis memilih audiens target mereka, hanya dengan tiga hingga empat klik; posting mencapai khalayak tertentu. Promosi atau tingkatkan slide sesuai dengan parameter yang ditetapkan untuk audiens target. Ini memberi pengguna kontrol atas berapa banyak yang ingin mereka belanjakan untuk iklan sementara memiliki halaman bisnis gratis.
2. Instagram
Alat kedua yang dapat digunakan untuk mengiklankan bisnis adalah Instagram. Instagram juga dimiliki oleh Facebook dan juga memiliki basis pengguna yang besar dan audiens yang luas. Menurut sebuah penelitian, hanya 6% dari total konten yang dibaca oleh pengguna di platform media sosial, sementara itu menunjukkan bahwa 80% orang mengingat apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka baca. Instagram memungkinkan bisnis menggunakan promosi visual . Bisnis dapat beriklan melalui visual menggunakan hashtag untuk mendapatkan pengikut baru dan minat pada bisnis atau produk.
3. Indonesia
Dengan hampir 330 juta pengguna aktif per bulan, Twitter adalah platform media sosial terbesar ketiga. Twitter membatasi jumlah karakter tertulis , jadi disarankan untuk menggunakan gambar yang menjelaskan penawaran atau produk seakurat kata-kata. Rata-rata pengguna Twitter menghabiskan $ 162 ekstra untuk berbelanja. Sebuah studi menemukan bahwa setengah dari wanita yang menggunakan Twitter mengetahui tentang penawaran dan produk melalui platform tersebut. Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke bisnis atau produk Anda melalui tagar. Twitter tidak memerlukan biaya untuk beriklan, sehingga berpotensi untuk mendapatkan pelanggan barutanpa biaya sangat baik. Karena Anda tidak dapat menjual produk di Twitter, Anda harus melampirkan tautan ke situs web atau halaman bisnis Anda di platform lain untuk mendapatkan detail lebih lanjut dan melakukan pembelian.
4. Pinterest
Nomor empat adalah Pinterest, dengan 175 juta pengguna menggunakannya setiap bulan. Itu semua gambar; sebagai hasilnya, ini melibatkan penonton seefektif Instagram. Pinterest adalah platform terbaik untuk meningkatkan toko belanja online yang berhubungan dengan wanita karena memiliki 81% pengguna wanita. Ini paling cocok untuk mempromosikan blog dan situs web melalui iklan tanpa biaya. Kunci suksesnya adalah penggunaan konten yang menarik dan menarik.
Untuk bisnis, periklanan penting untuk kesuksesan. Media sosial telah menjadi alat periklanan yang paling efektif , seringkali dengan biaya yang murah. Persaingannya tinggi karena faktor-faktor ini, jadi gunakan konten yang cerdas dan menarik serta tagar yang ditempatkan dengan baik dan parameter pengaturan untuk menangkap audiens target Anda di mana Anda bisa.
Sumber: https://www.completecontroller.com/