Untuk tetap sukses sebagai bisnis kecil , Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Tren dalam teknologi, layanan pelanggan, dan pemasaran dapat memengaruhi bisnis kecil secara signifikan, jadi mengetahui apa tren saat ini dan bagaimana Anda dapat menerapkannya ke dalam bisnis Anda sangat penting. Berikut adalah beberapa tren terkini untuk bisnis kecil dan ide untuk mengintegrasikannya ke dalam operasi bisnis kecil Anda.
Bisnis Hijau dan Bertanggung Jawab Sosial
Dekade terakhir telah melihat peningkatan pelanggan yang mencari bisnis menjadi hijau atau bertanggung jawab secara sosial . Nilai-nilai ini sangat penting bagi Milenial dan Generasi Z. Bergantung pada demografis target Anda; Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa praktik ramah lingkungan atau bertanggung jawab secara sosial ke dalam bisnis Anda. Berikut beberapa perubahan yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih hijau dan bertanggung jawab secara sosial.
- Gunakan produk atau layanan lokal
- Daur ulang dan dorong pelanggan untuk juga mendaur ulang
- Gunakan produk pembersih ramah lingkungan
- Gunakan vendor yang ramah lingkungan atau bertanggung jawab secara sosial
Menjadi hijau atau menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial tidak memerlukan perubahan total pada bisnis Anda dan dapat dilakukan melalui perubahan kecil namun berdampak tinggi .
Dampak Ulasan Pelanggan
Bisnis yang mendapatkan ulasan online bukanlah konsep baru, tetapi merupakan konsep yang diharapkan terus berkembang dari tahun ke tahun. Saat memutuskan ke mana akan mengambil bisnis mereka, banyak pelanggan sangat bergantung pada ulasan dan peringkat untuk membuat keputusan tersebut. Sangat penting, sebagai bisnis kecil, untuk memiliki kehadiran online yang kuat dan positif. Sebagai pemilik bisnis, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bisnis Anda terdaftar di situs mana pun yang dapat dibuat ulasan oleh pelanggan. Semakin banyak ulasan positif, semakin baik, jadi jangan takut untuk meminta pelanggan yang puas untuk mengulas bisnis Anda; Anda bahkan dapat memberi mereka insentif untuk meluangkan waktu, seperti diskon atau gratis.
Perdagangan elektronik
Kebanyakan orang memikirkan pengecer online besar ketika mereka mendengar e-commerce; namun, banyak bisnis etalase memilih kehadiran pembelian online . Tren ini tidak akan pergi kemana-mana dalam waktu dekat. Sementara beberapa pelanggan akan selalu memilih untuk berbelanja secara langsung, banyak konsumen memilih untuk membeli secara online. The kenyamanan adalah nomor satu alasan bahwa banyak pembeli cinta pilihan pembelian online. Bahkan jika Anda adalah bisnis yang menawarkan layanan daripada produk, ada opsi e-niaga yang dapat Anda tambahkan dengan memiliki produk yang terkait dengan layanan yang Anda tawarkan. Anda juga bisa menjadi afiliasi untuk bisnis dengan produk.
Pemasaran Seluler
Pemasaran seluler juga bukanlah hal baru, tetapi pertumbuhan dan popularitas menjadikannya tren untuk dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa ide pemasaran seluler yang dapat dipertimbangkan oleh pemilik bisnis kecil untuk ditambahkan.
- Penargetan geografis dengan iklan untuk pelanggan yang dekat dengan bisnis
- Membuat aplikasi interaktif untuk bisnis Anda (lebih mudah dari yang Anda pikirkan)
- Penggunaan pemasaran pesan teks
- Metode pembayaran seluler
Livestream, Video, dan Stories
Bisnis kecil menggunakan tren interaktif ini untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan kesuksesan besar. Tren media sosial ini telah berkembang selama beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan berkembang seiring kemajuan teknologi. Pos masih merupakan cara terbaik untuk terhubung. Namun, cerita Facebook dan Instagram serta streaming langsung menghadirkan aspek visual dan interaktif ke bisnis Anda dan harus dianggap sebagai tren signifikan yang harus Anda terapkan. Orang-orang suka mendapatkan visual, berinteraksi, dan terlibat, jadi menggunakan video, cerita, dan terutama streaming langsung dapat menghasilkan banyak keuntungan.
Kesimpulan
Ini adalah beberapa tren saat ini yang perlu diperhatikan oleh bisnis kecil, tetapi tren selalu berubah. Pemilik bisnis yang bertanggung jawab selalu perlu membuat perubahan pada bisnis mereka menggunakan tren jika hal itu masuk akal bagi mereka. Hal terburuk usaha kecil dapat melakukan perubahan terlalu banyak ke arah tren, usaha kecil harus otentik Anda , dan setiap perubahan yang Anda mengadopsi harus mengalir dengan bisnis Anda saat ini, atau Anda berisiko kehilangan sudah Anda basis klien setia.
Sumber: https://www.completecontroller.com/