Perkembangan karir berkembang ketika Anda dapat membuat tujuan yang jelas dan realistis yang mendorong kemajuan dalam profesi pilihan Anda. Ini melibatkan terus mendidik diri sendiri dan belajar lebih banyak tentang jalur potensial untuk meningkatkan karir Anda. Pada artikel ini, kami akan membahas pengembangan karir dan memberikan tips untuk membuat rencana untuk meningkatkan jalur karir Anda.
Apa itu pengembangan karir?
Pengembangan karir adalah proses seumur hidup untuk mengembangkan karir Anda. Ini melibatkan penentuan hasrat dan keterampilan Anda untuk membentuk dan mencapai tujuan pekerjaan. Pengembangan karier Anda dapat melibatkan kemajuan dalam satu perusahaan selama beberapa tahun, atau dapat menyebabkan peralihan karier saat minat dan keterampilan Anda berubah.
Meskipun Anda pada akhirnya bertanggung jawab atas pengembangan karier Anda sendiri, atasan Anda mungkin juga tertarik dengan kemajuan Anda. Banyak perusahaan menginvestasikan waktu dan sumber daya kepada seorang karyawan, dan untuk meningkatkan retensi anggota tim, mereka mungkin menawarkan program pelatihan dan pendidikan tambahan untuk peran tertentu.
Perkembangan karir dimulai pada usia dini, dan beberapa faktor eksternal dapat mempengaruhinya. Orang tua, kakak, dan panutan Anda mungkin memiliki pekerjaan yang menarik minat Anda sebagai seorang anak. Anda bisa saja mengikuti kelas di sekolah yang memengaruhi keputusan Anda untuk memasuki bidang tertentu. Misalnya, Anda mungkin memiliki minat pada hewan di usia muda yang menginspirasi Anda untuk menjadi dokter hewan, atau kelas anatomi sekolah menengah dapat menginspirasi Anda untuk menjadi dokter.
Bagaimana meningkatkan pengembangan karir Anda
Pertimbangkan langkah-langkah berikut saat merencanakan pengembangan karier Anda:
Tentukan karier ideal Anda
Menemukan industri atau pekerjaan profesional target adalah dasar dari rencana pengembangan karir yang efektif. Sasaran yang Anda buat untuk memajukan karier Anda akan bergantung pada semangat dan nilai-nilai Anda. Pertimbangkan hal-hal berikut saat memilih pekerjaan:
-
Buat daftar kekuatan Anda. Anda mungkin menemukan bahwa kekuatan Anda melibatkan minat atau bakat alami Anda. Buat daftar kekuatan dan lihat apakah ada kesamaan yang bisa diterapkan pada karier. Misalnya, jika Anda pandai menyelesaikan konflik dan tampil baik dalam situasi stres, Anda bisa menjadi petugas polisi atau konselor sekolah.
-
Tentukan nilai dan tujuan. Nilai inti Anda penting, dan Anda harus memilih pekerjaan yang selaras dengan keyakinan Anda. Menemukan tujuan dalam pekerjaan Anda akan meningkatkan kepuasan Anda dan memotivasi Anda untuk memajukan karir Anda.
-
Visualisasikan tujuan karier Anda. Sasaran yang jelas dapat membantu Anda mengembangkan rencana pengembangan karier yang efektif. Saat membuat tujuan, pertimbangkan lingkungan kerja ideal Anda, keseimbangan kehidupan kerja, gaji dan faktor lain yang penting bagi Anda.
Daftarkan diri Anda dalam program pengembangan karier perusahaan Anda
Sebagian besar pemberi kerja ingin anggota tim mengembangkan keterampilan yang khusus untuk peran mereka atau bisnis. Perusahaan dapat menggunakan program pengembangan karir untuk menyusun pelatihan dan pendidikan bagi karyawan. Jika perusahaan Anda saat ini memiliki program pengembangan karier, pertimbangkan untuk mendaftar. Mereka mungkin menyediakan kursus untuk membantu Anda mempelajari keterampilan baru atau bantuan biaya kuliah untuk kursus perguruan tinggi yang berhubungan dengan posisi Anda. Program pengembangan karir ideal untuk lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi yang ingin mendapatkan pelatihan di tempat kerja yang berharga selain melanjutkan pendidikan mereka.
Pelajari keterampilan baru
Memperoleh keterampilan baru dan relevan dapat membantu Anda maju menuju tujuan karier Anda.
Berikut adalah empat soft skill yang dapat dimanfaatkan oleh hampir setiap posisi:
-
Berpikir kritis memungkinkan Anda mengidentifikasi dan mengatasi tantangan dengan menganalisis data dan fakta. Berpikir kritis di tempat kerja dapat membantu Anda menemukan solusi atas hambatan untuk mencapai tujuan. Untuk memperluas keterampilan berpikir kritis Anda, pelajari lebih banyak keterampilan keras yang terkait dengan peran Anda agar lebih mudah mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah.
-
Kecerdasan emosional melibatkan penafsiran percakapan dan tindakan nonverbal orang lain dan secara efektif mengkomunikasikan ide-ide Anda. Kecerdasan emosional adalah kunci dalam menyampaikan tujuan yang jelas dan memahami rekan kerja, manajer, dan pelanggan Anda. Selama percakapan Anda berikutnya, cobalah bereaksi terhadap kata-kata pembicara dengan ekspresi wajah, seperti tersenyum ketika mereka menyebutkan sesuatu yang positif. Anda juga dapat meniru tindakan nonverbal mereka untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan tertarik dengan diskusi.
-
Kerja tim dapat membantu Anda bekerja dengan anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Kerja tim melibatkan berbagi ide dan membantu rekan kerja dengan tugas untuk menciptakan lingkungan kerja yang kohesif dan menyenangkan. Saat mempelajari keterampilan kerja tim, pastikan Anda mendengarkan rekan kerja Anda dan berusaha untuk memasukkan mereka dalam aktivitas. Cobalah untuk mengidentifikasi di mana seorang anggota tim mungkin membutuhkan bantuan, dan tawarkan bantuan bila Anda bisa.
-
Negosiasi adalah percakapan yang membantu dua atau lebih pihak mencapai kesepakatan. Penggunaan negosiasi di tempat kerja dapat mencakup penyelesaian konflik rekan kerja atau mendiskusikan kenaikan gaji dengan manajer Anda. Mengembangkan keterampilan ini dapat membantu meningkatkan hubungan dengan tim dan klien Anda. Cobalah untuk menemukan situasi di mana Anda bisa berlatih bernegosiasi. Identifikasi tujuan ideal Anda, dan tetap percaya diri saat bernegosiasi.
Perluas jaringan Anda
Anda dapat membuat jaringan profesional yang komprehensif untuk membantu mencapai tujuan karir Anda. Untuk memperluas jaringan Anda, pertimbangkan untuk menghadiri konferensi yang berhubungan dengan bidang Anda. Misalnya, jika Anda seorang asisten eksekutif, Anda dapat menghadiri konferensi profesional administrasi untuk tidak hanya bertemu asisten lain tetapi juga untuk mempelajari keterampilan tambahan. Beberapa pekerjaan memiliki asosiasi profesional, seperti Asosiasi Guru atau Asosiasi Pembangun. Jaringan Anda dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan jalur karier Anda atau dapat membantu Anda membentuk tujuan yang dapat dicapai.
Temukan seorang mentor
Mentor adalah penasihat yang menawarkan nasihat dan bimbingan profesional muda saat mereka maju dalam karir mereka. Mentor Anda bisa menjadi manajer saat ini atau sebelumnya, anggota jaringan profesional Anda atau rekan kerja dengan lebih banyak pengalaman. Seorang mentor akan memberi Anda perspektif tepercaya dan berpengalaman yang dapat membantu Anda menentukan tujuan karier Anda. Pertimbangkan untuk bertemu dengan mentor Anda setiap minggu atau setiap bulan untuk berbagi pencapaian Anda, membangun lebih banyak pencapaian karir dan mempertahankan motivasi Anda.
Bagaimana cara membuat rencana pengembangan karir
Rencana pengembangan karier akan membantu Anda membuat garis besar menyeluruh yang dapat Anda ikuti untuk mencapai tujuan karier tertentu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membentuk rencana yang dapat ditindaklanjuti:
-
Temukan minat karier utama Anda. Minat karir biasanya merupakan gagasan umum untuk bidang atau pekerjaan di mana Anda ingin bekerja. Misalnya, Anda saat ini menjadi rekan pelanggan di toko pakaian. Anda suka bekerja di industri pakaian, jadi minat karier Anda dapat berupa mendesain atau membuat pakaian atau aksesori.
-
Tentukan tujuan jangka panjang Anda. Tujuan jangka panjang akan membantu Anda menemukan fokus pada minat karier Anda. Misalnya, di toko pakaian, Anda tertarik dengan cara merchandiser membuat pajangan. Setelah melakukan beberapa penelitian, Anda mungkin memutuskan ingin menjadi merchandiser pakaian untuk perusahaan Anda.
-
Tentukan pencapaian untuk memenuhi tujuan jangka panjang Anda. Memisahkan tujuan Anda secara keseluruhan menjadi langkah-langkah yang lebih kecil akan membuat menyelesaikan tugas lebih mudah dan membantu Anda tetap termotivasi. Misalnya, untuk menjadi merchandiser pakaian dengan bisnis Anda, Anda harus menjadi manajer asosiasi ritel terlebih dahulu.
-
Buatlah draf daftar kegiatan, kelas atau program yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Seorang mentor dapat menawarkan nasihat tentang pelatihan tertentu yang dapat Anda jalani. Misalnya, mentor Anda adalah manajer regional toko pakaian. Mereka memberi tahu Anda bahwa perusahaan menawarkan kursus pengembangan karier di bidang mode dan manajemen ritel dan membantu Anda mendaftar.
-
Jelaskan tugas Anda saat ini yang dapat mendorong Anda menuju tujuan jangka panjang. Memahami tugas yang relevan memungkinkan Anda mengidentifikasi keterampilan dan area yang dapat Anda tingkatkan untuk mencapai pencapaian Anda. Misalnya, dalam pekerjaan Anda sebagai rekan pelanggan, salah satu tugas utama Anda adalah menyimpan pakaian. Sebagai hasil dari bekerja dengan barang dagangan sehari-hari, Anda dapat mengembangkan pengetahuan luas tentang produk yang berhubungan langsung dengan tanggung jawab pedagang pakaian.
Sumber: https://www.indeed.com