Berpikir positif di tempat kerja memiliki banyak manfaat mental dan fisik. Pola pikir yang optimis dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan efektivitas Anda di tempat kerja. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa Anda harus berpikir positif dan mengeksplorasi langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai memasukkan lebih banyak kepositifan dalam kehidupan kerja Anda.
Mengapa berpikir positif di tempat kerja itu bermanfaat
Ketika Anda mempertahankan pola pikir positif di tempat kerja, Anda mungkin merasa lingkungan dan tugas sehari-hari lebih menyenangkan. Dengan mempertahankan pandangan positif, Anda dapat fokus pada area peningkatan dan tujuan masa depan daripada tantangan yang Anda hadapi. Kepositifan juga cenderung memengaruhi orang lain, jadi Anda juga dapat membuat rekan kerja Anda lebih bahagia di tempat kerja.
Bagaimana cara berpikir positif dalam pekerjaan Anda
Berikut beberapa tip yang harus diikuti untuk berpikir lebih positif di tempat kerja:
- Hargai kesuksesan kecil
- Luangkan waktu untuk mengembangkan pikiran positif
- Jadikan setiap situasi sebagai pelajaran
- Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif
- Gunakan bahasa yang positif
- Ucapkan terima kasih
- Tuliskan tiga aspek positif dari setiap situasi
1 . Hargai kesuksesan kecil
Salah satu cara termudah untuk mengembangkan pemikiran positif di tempat kerja adalah dengan menemukan beberapa pencapaian kecil untuk dirayakan setiap hari. Mencatat kesuksesan dapat membantu Anda merasa optimis dan lebih termotivasi. Misalnya, jika Anda memiliki proyek besar untuk diselesaikan, fokuslah pada beberapa tugas terakhir yang Anda selesaikan dan banggalah karena Anda berhasil menyelesaikannya.
2 . Luangkan waktu untuk mengembangkan pikiran positif
Pertimbangkan untuk mengambil pengalaman yang biasanya tidak Anda nikmati dan ubah menjadi sesuatu yang produktif dan positif. Misalnya, Anda dapat menggunakan waktu yang dihabiskan dalam kemacetan sebagai kesempatan untuk mempersiapkan hari kerja yang akan datang, seperti mendengarkan catatan yang direkam dari pertemuan terakhir Anda atau pembicara motivasi. Anda bahkan mungkin mulai menantikan saat ini setiap hari, karena Anda tahu Anda akan menggunakannya untuk mendidik diri sendiri.
3 . Jadikan setiap situasi sebagai pelajaran
Saat Anda menyelesaikan tugas atau proyek, luangkan beberapa menit untuk memikirkan apa yang berjalan dengan baik dan apa yang ingin Anda ubah lain kali. Pikirkan tentang tantangan yang Anda hadapi dan rencanakan cara untuk mengatasinya untuk membuat proyek Anda berikutnya lebih sukses. Misalnya, jika Anda baru saja selesai mengelola sebuah proyek, Anda dapat memikirkan tiga strategi berbeda untuk proyek masa depan sehingga Anda memiliki pilihan saat Anda bekerja menuju tujuan Anda.
4 . Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif
Berusaha untuk berada di sekitar orang-orang yang positif dapat membantu Anda berpikir lebih baik tentang diri Anda dan lingkungan Anda. Anda bisa melakukannya dengan makan siang bersama rekan kerja yang komentarnya cenderung optimis. Selama waktu Anda bersama mereka, Anda mungkin membahas proyek yang menantang dan mendengarkan pendapat mereka tentang mereka. Mereka mungkin memberi Anda cara baru untuk mendekati situasi yang tidak Anda pertimbangkan sebelumnya.
5 . Gunakan bahasa yang positif
Cara sederhana untuk meningkatkan kepositifan Anda adalah dengan menggunakan kata-kata positif untuk digunakan dalam percakapan di tempat kerja Anda. Contoh dari kata-kata ini termasuk “capai”, “percaya”, “mendorong”, “bersemangat”, “murah hati”, “baik hati”, “optimis”, “kemajuan”, dan “bermanfaat”. Menggunakan kata ini dan kata lain yang berkonotasi baik dapat membantu Anda menciptakan lingkungan yang positif.
Saat berbicara di sebuah rapat, Anda dapat berkata, “Saya yakin kita dapat menyelesaikan proyek ini dengan sukses” atau “Saya didorong oleh kemajuan yang kita buat.” Ini dapat membuat Anda dan tim Anda merasa lebih optimis tentang proyek yang belum selesai atau tenggat waktu yang akan datang.
6 . Ucapkan terima kasih
Luangkan waktu sepanjang hari untuk merenungkan orang-orang, peristiwa, dan pencapaian yang Anda syukuri. Dalam jurnal atau agenda, tuliskan lima hal yang Anda syukuri setiap hari. Anda mungkin menemukan bahwa Anda melakukan latihan yang bagus di gym pagi itu, memberikan presentasi yang sukses di tempat kerja, atau menikmati makan siang dengan rekan kerja. Mengenali efek positif dari aktivitas ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengakhiri hari Anda.
Cara sederhana lainnya untuk mempraktikkan rasa syukur adalah dengan mengucapkan terima kasih sepanjang hari. Anda dapat menetapkan tujuan untuk mengatakan ini kepada tiga orang saat bekerja. Ini dapat mencakup berterima kasih kepada sekretaris Anda karena telah merencanakan pertemuan, mengungkapkan rasa terima kasih kepada rekan kerja Anda karena telah menindaklanjuti klien atau berterima kasih kepada atasan Anda atas umpan balik mereka tentang kinerja Anda. Menunjukkan rasa syukur atas apa yang orang lain lakukan untuk Anda dapat memberi pengaruh positif pada orang lain di tempat kerja.
7 . Tuliskan tiga aspek positif dari setiap situasi
Salah satu cara untuk tetap positif di tempat kerja adalah menemukan tiga aspek positif dari situasi yang menantang. Ini membantu fokus dan membuat situasi sulit lebih mudah dikelola. Misalnya, jika Anda memiliki proyek yang memakan waktu, tulislah tiga bagian dari proyek yang Anda sukai. Anda mungkin menemukan bahwa Anda menikmati tim tempat Anda bekerja atau Anda mempelajari keterampilan baru. Melihat pencapaian dalam tantangan Anda dapat membantu Anda mempertahankan sikap positif.
Source: https://www.indeed.com