Pemberdayaan adalah proses mendorong individu untuk berpikir, berperilaku, mengelola, mengambil tindakan dan mengambil keputusan menuju tujuan karir mereka. Menjadi diberdayakan berarti merasa mengendalikan lingkungan kerja Anda sendiri dan mengetahui bahwa Anda dipercaya untuk membuat keputusan tentang tanggung jawab Anda.
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang pemberdayaan dan mendiskusikan cara agar Anda bisa lebih berdaya di tempat kerja.
Apa itu pemberdayaan?
Pemberdayaan adalah praktik berbagi otoritas, informasi, dan penghargaan dengan orang lain. Pemberdayaan harus memungkinkan orang untuk mengambil inisiatif, membuat keputusan dan memecahkan masalah.
Gagasan pemberdayaan adalah bahwa memberi orang lain keterampilan, sumber daya, peluang, dan tanggung jawab akan mendorong pertumbuhan karier dan meningkatkan kepuasan di tempat kerja. Pemberdayaan berarti mengendalikan lingkungan kerja Anda sendiri dan menggunakan keterampilan dan bakat Anda dengan cara yang menguntungkan Anda dan organisasi Anda, yang mengarah pada produktivitas dan hasil yang lebih baik.
Pemberdayaan juga dapat dianggap sebagai filosofi dan strategi kerja pribadi. Karyawan yang diberdayakan yang beroperasi dalam kerangka perusahaan dan misi serta tujuannya dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas tempat kerja, alih-alih terus menunggu izin dan umpan balik. Mereka menjadi lebih bertanggung jawab dan akuntabel sebagai hasil dari pengarahan diri sendiri.
Bagaimana memberdayakan diri Anda di tempat kerja
Berfokus pada pemberdayaan Anda sendiri di tempat kerja dapat menghasilkan tanggung jawab yang lebih besar dan kesuksesan jangka panjang dalam karier Anda. Berikut beberapa cara Anda dapat mulai mengambil lebih banyak kepemilikan dalam pekerjaan Anda:
-
Dapatkan kejelasan tentang apa yang diharapkan dari Anda. Langkah pertama untuk merasa lebih berdaya adalah menentukan arah Anda. Perjelas tentang misi, visi, dan tujuan tahunan perusahaan Anda.
Bekerja samalah dengan manajer Anda untuk memahami bagaimana tujuan tim dan individu Anda tahun ini membantu mencapai tujuan organisasi yang lebih luas. Buatlah tanggung jawab pribadi Anda untuk posisi Anda saat ini dan posisi apa pun yang sedang Anda kerjakan tersedia dan tinjau secara teratur.
-
Temukan seorang mentor. Bekerja dengan seorang mentor dapat membantu Anda menentukan dan mencapai tujuan karier pribadi, termasuk peningkatan pemberdayaan di tempat kerja. Idealnya, Anda harus mencari mentor yang ada di industri Anda atau yang memiliki pekerjaan yang ingin Anda dapatkan suatu hari nanti. Mintalah umpan balik yang jujur dari mereka tentang kekuatan dan area Anda untuk perbaikan dari waktu ke waktu.
-
Mintalah umpan balik yang konsisten. Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan dan pertumbuhan profesional Anda adalah dengan mencari umpan balik dari mereka yang mengetahui pekerjaan Anda. Carilah umpan balik dari atasan dan rekan kerja untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kinerja Anda. Ini dapat membantu Anda mengendalikan pertumbuhan pribadi Anda di tempat kerja dengan memahami secara tepat apa yang Anda kuasai dan apa yang perlu Anda perbaiki.
-
Berkomunikasi dengan supervisor Anda. Advokat Anda yang paling kuat di tempat kerja kemungkinan besar adalah supervisor atau manajer langsung Anda. Mereka bertanggung jawab atas kinerja Anda di tempat kerja dan ingin melihat Anda sukses dan puas dalam peran Anda. Bicaralah dengan mereka tentang keinginan Anda untuk merasa lebih berdaya di tempat kerja dan diskusikan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya sebagai tujuan karier.
Setelah Anda merasa diberdayakan di tempat kerja, Anda akan dapat bekerja lebih efektif untuk mencapai tujuan profesional Anda sendiri dan tujuan perusahaan.
Bagaimana memberdayakan orang lain di tempat kerja
Ada enam cara untuk memberdayakan orang lain di tempat kerja: Bangun kepercayaan, minta umpan balik, tawarkan instruksi, sederhanakan penemuan, tunjukkan penghargaan Anda, dan kenali batasan. Semua metode harus diterapkan dalam skenario yang sesuai untuk mendapatkan dampak terbaik.
Mari kita lihat lebih dekat bagaimana setiap langkah pemberdayaan ini dapat bekerja untuk meningkatkan produktivitas Anda dan orang lain:
-
Membangun kepercayaan
Kadang-kadang, kita perlu memercayai orang lain untuk menyelesaikan tugas tertentu atau memiliki tujuan tertentu tanpa banyak pengawasan. Meskipun terkadang terasa tidak nyaman untuk memberi orang lain kekuatan ini, terutama jika Anda bertanggung jawab atas kesalahan mereka, hal itu mutlak diperlukan untuk membangun pemberdayaan.Setiap orang membuat kesalahan. Penting untuk memungkinkan orang belajar dari mereka dan bergerak maju tanpa kehilangan kepercayaan. Jika Anda seorang manajer, penting untuk memberi karyawan keuntungan dari keraguan jika mereka melakukan kesalahan, terutama di awal. Beri tahu laporan Anda bahwa itu dapat diterima dan diperkirakan akan terjadi beberapa kesalahan.
-
Meminta umpan balik
Salah satu cara terbaik untuk memberdayakan orang lain adalah dengan menanyakan apa yang mereka butuhkan — terutama jika Anda seorang manajer atau supervisor. Apakah mereka tidak merasa diberdayakan sebagai akibat dari manajemen mikro atau tidak memiliki akses ke informasi tertentu, membuka jalur komunikasi ini akan meningkatkan pemberdayaan bagi semua orang. -
Tawarkan instruksi
Jika satu karyawan berada dalam posisi unik untuk mengetahui bagaimana melakukan tugas yang tidak diketahui orang lain, mereka akhirnya menghabiskan banyak waktu untuk mengatasi masalah orang lain. Dalam situasi ini, sering kali lebih baik dan lebih cepat bagi setiap orang yang terlibat untuk membuat instruksi atau melakukan sesi pelatihan agar setiap karyawan memiliki pemahaman yang sama.Anda akan menemukan bahwa banyak orang lebih suka memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan itu sendiri daripada harus menyebarkannya kepada orang lain. Berbagi pengetahuan di antara karyawan untuk menciptakan lingkungan yang mandiri.
-
Sederhanakan penemuan
Membuat bahan ajar adalah langkah besar dalam memberdayakan karyawan Anda, tetapi ini hanya berhasil jika ada cara sederhana bagi karyawan lain untuk menemukan dan menggunakan informasi tersebut. Cara terbaik untuk mendidik tim tentang cara menyelesaikan pekerjaan mereka sendiri adalah dengan memublikasikan instruksi di ruang bersama yang dapat diakses semua orang.Jika Anda meluangkan waktu untuk memberikan cara yang sederhana dan langsung kepada karyawan untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan dan mendidik diri sendiri, semua orang menjadi lebih produktif. Orang yang membutuhkan informasi tertentu dapat menemukannya, dan orang yang memiliki informasi tidak menghabiskan waktunya untuk mengajar orang lain.
-
Tunjukkan apresiasi Anda
Salah satu cara paling efektif untuk memberdayakan orang lain adalah dengan mengungkapkan penghargaan atas upaya mereka. Menawarkan umpan balik positif untuk menunjukkan tanggung jawab dan mengambil kepemilikan mendukung perilaku ini. Itu juga membuat orang merasa dihargai dan dihargai, yang menumbuhkan lingkungan kerja yang positif.
-
Mengenali keterbatasan
Meskipun menawarkan lebih banyak tanggung jawab dan informasi kepada orang lain dapat membuat mereka merasa diberdayakan, itu juga dapat membuat mereka merasa kewalahan jika tidak dilakukan dengan benar. Bagian dari pemberdayaan yang berhasil adalah mengidentifikasi keterbatasan orang lain dan memastikan mereka tidak merasa lelah atau bertanggung jawab atas tugas-tugas yang tidak berkontribusi untuk mencapai tujuan untuk posisi mereka.
Manfaat memberdayakan orang lain
Tujuan pemberdayaan adalah memberikan informasi dan izin kepada karyawan untuk mengatasi masalah dan bergerak maju untuk mencapai tujuan perusahaan. Jika orang memiliki apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, itu akan membebaskan waktu Anda dan memberi Anda kesempatan untuk menantang diri sendiri di tempat kerja.
Misalnya, Anda mungkin kewalahan dengan permintaan untuk menyelesaikan masalah komputer dari karyawan yang dapat diselesaikan dengan mudah dengan memulai ulang. Jika karyawan Anda tahu bahwa mereka dapat memulai ulang komputer mereka sendiri daripada menunggu solusi Anda, mereka akan lebih produktif dan Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk tugas Anda sendiri.
Source: https://www.indeed.com