Mail Merge dan TOC - JURUSAN AKUNTANSI TERBAIK DI SUMUT
Skip to content
Program Studi Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA
youtube
instagram
JURUSAN AKUNTANSI TERBAIK DI SUMUT
Call Support 061-822-5602
Email Support doc_akuntansi@uma.ac.id
Location Jl. Setia Budi No. 79 B, Medan
  • Home
  • PROFIL
    • Akreditasi
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi Misi
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • JURNAL
      • LAPORAN AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • JADWAL UTS
      • JADWAL UAS
      • JADWAL SEMESTER ANTARA
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
      • Semester V
      • Semester VI
      • Semester VII
      • Semester VIII
    • EKIVALENSI MATA KULIAH
    • DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
    • MAGANG
    • SISTEM INFORMASI
      • DATA MAHASISWA
      • BLOG MAHASISWA
      • JURNAL MAHASISWA
      • AOC
      • ELEARNING
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SIPRODI
      • ANDROID AKADEMIK UMA
      • ANDROID INFO UMA
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Data Dosen Prodi
    • BLOG DOSEN
    • Aktivitas Dosen
    • prestasi dosen
    • JURNAL DOSEN
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • ELEARNING
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • DOKUMEN PRODI
    • PENGUMUMAN
    • DOWNLOAD RPS
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
    • AKTIVITAS ALUMNI
    • PRESTASI ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • INFORMASI LABORATORIUM
    • APLIKASI LABORATORIUM
  • Hubungi Kami

Mail Merge dan TOC

Home > artikel > Mail Merge dan TOC

Mail Merge dan TOC

Posted on April 14, 2023 by admin
0

Mail Merge adalah proses menggabungkan dokumen utama dengan daftar data yang berisi informasi yang berbeda-beda pada setiap barisnya, sehingga menghasilkan banyak dokumen yang serupa namun berisi informasi yang berbeda-beda pada setiap dokumennya. Misalnya, jika Anda memiliki daftar nama dan alamat, dan ingin mencetak surat atau label dengan nama dan alamat yang berbeda-beda pada setiap surat atau labelnya, maka Anda dapat menggunakan mail merge.

TOC (Table of Contents) adalah daftar isi yang biasanya terdapat di awal dokumen, yang berisi daftar halaman dan judul bagian atau bab dalam dokumen tersebut. TOC ini memudahkan pembaca untuk menavigasi dan menemukan informasi yang mereka butuhkan di dalam dokumen.

Kedua fitur ini bisa digunakan bersama-sama, misalnya dengan menggunakan Mail Merge untuk mencetak surat atau laporan berisi beberapa bab atau bagian, kemudian menambahkan TOC di awal dokumen untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi isi dokumen tersebut. Dalam Microsoft Word, Anda dapat menggunakan fitur Mail Merge dan TOC dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan dalam program tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk melakukan Mail Merge di Microsoft Word:

  1. Persiapkan dokumen utama Anda: Buka dokumen Word Anda dan tentukan jenis dokumen yang ingin Anda hasilkan (surat, label, kartu nama, dll). Gunakan format yang sesuai dengan jenis dokumen tersebut dan sisipkan bidang yang akan diisi dengan data dari sumber data Anda (contohnya, nama, alamat, nomor telepon).
  2. Persiapkan sumber data Anda: Buat sumber data Anda (misalnya, dalam bentuk tabel Excel atau Access) dan masukkan data yang akan digunakan dalam dokumen Word Anda. Pastikan data diatur dalam kolom dan baris, dan kolom memiliki nama yang jelas yang cocok dengan nama bidang di dokumen utama Anda.
  3. Mulai Mail Merge: Di tab Mailings di Microsoft Word, klik pada Start Mail Merge dan pilih jenis dokumen yang ingin Anda buat. Misalnya, jika Anda ingin mencetak surat, pilih Letters.
  4. Tambahkan Bidang: Klik pada Insert Merge Field untuk menambahkan bidang dari sumber data Anda ke dalam dokumen utama Anda. Pastikan nama bidang cocok dengan nama kolom di sumber data Anda.
  5. Preview Dokumen: Klik pada Preview Results untuk melihat dokumen hasil gabungan Anda dan pastikan semuanya terlihat seperti yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan tombol Next Record untuk melihat dokumen gabungan dengan data yang berbeda.
  6. Save dan Print: Setelah Anda puas dengan hasil Mail Merge, klik pada Finish & Merge dan pilih opsi Save atau Print. Jika Anda memilih Save, dokumen gabungan akan disimpan sebagai dokumen Word baru dengan data sumber yang terkait.

Dalam Microsoft Word, Anda juga dapat mengatur filter dan kondisi untuk membatasi jumlah record yang ingin digunakan dalam Mail Merge dan melakukan pengeditan tambahan pada dokumen gabungan sebelum menyimpan atau mencetaknya.

 

Artikel terkait : komputerisasi-akuntansi

 

Tags: ekonomiuma, ilmuekonomiuma, seputarekonomi

KAITAN UMA

INSTAGRAM FEB UMA

View this post on Instagram

Shared post on Time

LOKASI FAKULTAS

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0822-6777-1313, 0822-6777-1314, 0813-7095-7775
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
ekonomi@uma.ac.id

PENGUNJUNG WEBSITE

  • 3
  • 893
  • 578
  • 18,523
  • 95,026
  • 1,538,134
  • 671,692
Copyright 2016-2023 © by PDAI Universitas Medan Area