Permulaan sangat sulit untuk start-up, terlebih lagi untuk start-up yang mencoba membuat kehadiran mereka terasa di platform media sosial. Meskipun pemasaran sosial dapat membantu mempercepat pertumbuhan start-up Anda, merusak reputasi online Anda adalah hal yang mudah jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Jika Anda mencoba untuk memulai perusahaan rintisan Anda, salah satu hal yang Anda perlukan untuk menginvestasikan waktu dan uang Anda , selain mengembangkan layanan atau produk yang sangat baik, adalah pemasaran.
Jika Anda berencana menggunakan media sosial untuk membawa start-up Anda ke tingkat yang lebih tinggi, berikut adalah sepuluh kesalahan yang harus Anda hindari dengan cara apa pun.
Tidak punya rencana
Pemasaran sosial bukan tentang online dan memposting semua yang Anda bisa tentang diri Anda dan perusahaan rintisan Anda. Sebelum Anda membuat kehadiran Anda terasa online, penting bagi Anda untuk memiliki rencana strategis media sosial. Upaya media sosial Anda harus memiliki dasar yang kuat dan rencana strategis yang menguraikan tujuan Anda dan merinci layanan Anda. Hubungi anggota penjualan dan pemasaran prospek Anda dan identifikasi audiens target Anda.
Anda tidak mengabdi pada rencana
Jika Anda tidak mendedikasikan diri untuk rencana pemasaran sosial Anda, akun media sosial Anda akan menjadi tidak aktif, yang pada gilirannya akan menciptakan kesan yang salah. Rencana pemasaran sosial Anda bukanlah sprint; menganggapnya sebagai maraton. Jika hasilnya membuat Anda tidak sabar, sesuaikan kinerja Anda dengan menganalisis metrik , beradaptasi dengan perilaku audiens, dan melacak persaingan.
Memilih platform acak
Mengingat meningkatnya platform media sosial , Anda mungkin berpikir perlu memasarkan merek Anda di mana-mana. Padahal, semua platform media sosial memiliki tujuan yang berbeda dan pengguna yang berbeda. Akibatnya, Anda harus memiliki rencana pemasaran media sosial yang berbeda untuk setiap forum. Kunci untuk pemasaran secara efektif di platform media sosial adalah menguraikan target pelanggan Anda.
Berada di mana-mana
Seperti disebutkan, semua platform media sosial memiliki tujuan yang berbeda dan, dengan demikian, memerlukan rencana pemasaran lainnya. Sebagai pemula, Anda mungkin tidak memiliki waktu dan energi untuk mengembangkan konten yang menarik untuk beberapa platform. Selanjutnya, Anda tidak perlu memposting di media yang tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.
Posting di waktu yang tidak tepat
Mengetahui target pelanggan Anda saja tidak cukup; Anda juga perlu tahu di zona waktu apa mereka tinggal dan jam berapa mereka paling aktif.
Terlalu sering memposting
Meskipun tidak memposting bisa salah untuk bisnis Anda, memposting terlalu sering juga bisa menjadi pemecah kesepakatan. Dapatkan keseimbangan yang tepat: memposting sesuatu sekali atau dua kali dalam sebulan dapat menyebabkan merek Anda menjadi tidak terlihat, dan membagikan selusin posting sehari terlalu banyak. Cari tahu apa yang cocok untuk merek Anda dan patuhi itu.
Membosankan audiens Anda
Dimungkinkan untuk membuat audiens target Anda bosan tanpa menyadarinya, jadi berhati-hatilah dengan apa yang terus-menerus Anda posting. Silakan berbicara dengan penonton Anda, buat mereka terlibat dalam percakapan, tarik perhatian, gunakan humor, ajukan pertanyaan yang tulus, dan berikan jawaban yang cerdas.
Mempromosikan diri sendiri
Jika Anda hanya berbicara tentang diri Anda dan perusahaan Anda, orang-orang pasti akan berhenti mengikuti Anda. Alih-alih menempatkan startup Anda dalam sorotan, fokuslah pada audiens target Anda. Bicarakan tentang hal-hal yang menarik bagi pengguna akhir Anda, dan Anda akan berakhir dengan melibatkan mereka dalam percakapan yang menarik.
Memberi pengguna alasan untuk tertawa
Hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk merek Anda adalah memberi audiens target Anda alasan untuk menertawakan Anda. Hindari kesalahan dengan memikirkan posting Anda dan meluangkan waktu untuk menganalisis kemungkinan hasil.
Anda tidak memahami pasar Anda
Bahkan sebelum Anda menghabiskan dolar pertama Anda untuk membuat iklan, Anda harus memahami pasar Anda terlebih dahulu. Analisis secara menyeluruh demografi pelanggan atau psikografis persona pembeli Anda.
Kesimpulan
Kesalahan pemasaran sosial berpotensi membuat perusahaan gulung tikar. Sebagai pemilik pemula, Anda tidak pernah bisa terlalu berhati-hati tentang apa yang Anda posting secara online. Jadi, pikirkan baik-baik rencana pemasaran sosial Anda dan pastikan Anda tidak membuat kesalahan yang disebutkan di atas.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Apakah Bisnis Kecil Anda Membutuhkan Pembersihan Musim Semi Finansial?