Definisi transparansi keuangan adalah pengungkapan yang terbuka dan dapat diandalkan tentang kinerja keuangan perusahaan sehingga investor dapat membuat keputusan investasi yang tepat. Dengan kata lain, investor mencari perusahaan yang laporan keuangan, operasi bisnis, dan strateginya mudah dipahami, jelas, dan diungkapkan daripada menyembunyikan informasi. Tidak hanya itu, kurangnya transparansi atau visibilitas umumnya menjadi perhatian yang signifikan dan menyebabkan masalah bagi bisnis dalam jangka panjang. Transparansi menciptakan keterbukaan antara manajer dan karyawannya; ini membangun kepercayaan dan komunikasi yang baik dan mengarah ke organisasi yang sukses.
Transparansi keuangan atau transparansi bisnis memiliki berbagai keunggulan. Beberapa bahkan mungkin mengatakan transparansi adalah pintu kaca antara tenaga kerja yang berjuang dan tim yang inovatif. Tim yang efektif pada akhirnya akan membutuhkan transparansi untuk kolaborasi, kerja sama, dan pengambilan keputusan kolektif di dalam perusahaan. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut;
Peningkatan keterlibatan karyawan adalah salah satu faktor terpenting dalam kepuasan karyawan dalam transparansi tempat kerja. Ini menunjukkan kepada karyawan bahwa umpan balik dan kontribusi mereka memiliki nilai, dan kerja keras mereka membawa imbalan. Keterlibatan Karyawan meningkatkan produktivitas karena karyawan dapat melihat cara kerja perusahaan dan rencana strategisnya. Transparansi tempat kerja juga membangun kepercayaan antara manajer dan karyawan dan menyambut baik percakapan terbuka. Semua hasil gabungan ini dalam peningkatan keterlibatan karyawan, peningkatan moral, dan kinerja karyawan yang lebih baik.
Peningkatan budaya tempat kerja dengan peningkatan keterlibatan karyawan dan kepercayaan di antara karyawan dan manajemen datang ke budaya tempat kerja yang lebih baik. Kepercayaan memainkan peran penting. Pengusaha harus melakukan upaya sadar untuk menunjukkan kepada karyawan mereka bahwa mereka adalah pemimpin yang jujur yang bersedia terlibat dalam percakapan terbuka dan dapat dipercaya; ini hanya dapat dilakukan dengan memberikan transparansi yang tepat kepada karyawan. Kejelasan memberi karyawan keamanan bahwa rekan kerja atau manajer tidak akan mencuri pujian untuk pekerjaan mereka, dan mereka akan dapat menetapkan dan mencapai tujuan yang realistis. Hasilnya, Anda akan melihat lingkungan ruang kerja yang diperkuat .
Menarik investor
Sebelum memperluas dana ke bisnis, investor mempertimbangkan semua laporan keuangan bisnis yang signifikan. Investor meninjau laporan keuangan tersebut untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan dan kemudian memutuskan apakah akan berinvestasi di perusahaan atau tidak. Laporan keuangan ini membantu mereka menganalisis rencana perusahaan. Transparansi membuat analisis ini lebih mudah diakses dan menurunkan risiko bagi investor saat berinvestasi di saham. Jika perusahaan menahan informasi, itu akan dianggap mencoba menyembunyikan sesuatu; maka secara otomatis investor akan mundur.
Menarik kandidat berkualitas
Anda lebih mungkin menarik kandidat berkualitas dalam upaya rekrutmen Anda ketika Anda terbuka dan jujur tentang struktur, prioritas, posisi keuangan, budaya, dan kisaran gaji perusahaan Anda untuk posisi tersebut. Kejelasan ini akan memungkinkan kandidat untuk memiliki wawasan tentang perusahaan Anda. Anda akan menarik kandidat yang benar-benar berinvestasi dalam misi Anda dan benar-benar dapat membuat perbedaan dengan bekerja di perusahaan Anda untuk perusahaan Anda dan diri mereka sendiri. Jika informasi perusahaan sulit diperoleh, kandidat yang layak mungkin melamar di tempat lain. Setelah dipekerjakan, karyawan ini akan disambut dengan transparansi tempat kerja, membuat mereka merasa dihargai dan didengar, menciptakan rasa percaya dan loyalitas. Budaya ini juga akan menguntungkan Anda untuk mempertahankan karyawan.
Harapan yang dikelola dengan baik dan transparansi keuangan memberikan gambaran yang jelas tentang tujuan dan harapan perusahaan baik bagi karyawan maupun pemberi kerja; ini mencegah kesalahpahaman atau asumsi yang salah mengenai perusahaan atau pekerjaan karyawan. Ini juga menghindari menetapkan harapan yang tidak realistis, yang mengarah pada tujuan yang tidak terpenuhi. Kejelasan yang lebih besar juga membuat semua orang di dalam perusahaan pada halaman yang sama.
Tingkatkan reputasi merek
Akuntabilitas dan transparansi membangun kredibilitas bisnis. Sebuah perusahaan di mata publik lebih cenderung menikmati citra positif dan meningkatkan reputasinya dengan memberikan transparansi keuangan kepada karyawan, pesaing, dan pasar pada umumnya.
Tembakan yang lebih baik untuk mendapatkan pinjaman
Jika Anda memiliki usaha kecil atau memerlukan pinjaman dari bank untuk bisnis Anda, Anda harus menunjukkan gambaran yang jelas tentang laporan keuangan Anda. Transparansi diperlukan untuk kasus seperti itu. Pemberi pinjaman akan menganalisis posisi keuangan Anda menggunakan laporan ini dan kemudian memutuskan apakah akan memperpanjang kredit atau tidak.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Bagaimana Melakukan Pembukuan Untuk Usaha Kecil