6 Langkah Penting yang Harus Dilakukan untuk Menjual Usaha Kecil Anda
Skip to content
Program Studi Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA
youtube
instagram
id Indonesian
en Englishid Indonesian
JURUSAN AKUNTANSI TERBAIK DI SUMUT
Call Support 061-822-5602
Email Support doc_akuntansi@uma.ac.id
Location Jl. Setia Budi NO.79 B, Medan
  • Home
  • PROFIL
    • Akreditasi
    • Fungsionaris
    • Struktur
    • Visi Misi
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • JURNAL
      • LAPORAN AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • JADWAL UTS
      • JADWAL UAS
      • JADWAL SEMESTER ANTARA
      • JADWAL SEMINAR
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
      • Semester V
      • Semester VI
      • Semester VII
      • Semester VIII
    • EKIVALENSI MATA KULIAH
    • DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
    • MAGANG
    • SISTEM INFORMASI
      • DATA MAHASISWA
      • BLOG MAHASISWA
      • JURNAL MAHASISWA
      • AOC
      • ELEARNING
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SIPRODI
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Data Dosen Prodi
    • BLOG DOSEN
    • Aktivitas Dosen
    • prestasi dosen
    • JURNAL DOSEN
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • ELEARNING
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • DOKUMEN PRODI
    • PENGUMUMAN
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
    • AKTIVITAS ALUMNI
    • PRESTASI ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • INFORMASI LABORATORIUM
    • APLIKASI LABORATORIUM
  • Hubungi Kami

6 Langkah Penting yang Harus Dilakukan untuk Menjual Usaha Kecil Anda

Home > artikel > 6 Langkah Penting yang Harus Dilakukan untuk Menjual Usaha Kecil Anda

6 Langkah Penting yang Harus Dilakukan untuk Menjual Usaha Kecil Anda

Posted on April 7, 2022April 8, 2022 by admin
0

Memutuskan untuk menjual bisnis kecil Anda dan menjalaninya bisa menjadi usaha yang menakutkan dan rumit . Anda perlu meminta para profesional seperti akuntan, pengacara bisnis, dan pialang penjualan. Anda perlu mengingat beberapa pertimbangan saat memulai penjualan bisnis Anda, seperti kekuatan bisnis, alasan Anda menjual, dan struktur bisnis. Berikut adalah enam langkah penting untuk menjual bisnis kecil Anda untuk memastikan penjualan itu sukses dan menguntungkan .

Alasan Dijual

Beberapa mungkin bertanya-tanya mengapa alasan penjualan penting untuk keberhasilan penjualan bisnis Anda. Anda perlu berpartisipasi dalam penjualan dan meyakinkan calon pembeli bahwa mereka akan menikmati bisnis Anda. Jika Anda mengidentifikasi alasan penjualan Anda, pertama-tama Anda dapat memastikan bahwa Anda ingin menjual bisnis Anda, dan kedua, mengidentifikasi dan menyesuaikan sikap Anda terhadap penjualan sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika Anda menjual karena pensiun , mungkin ada masalah keluarga jika Anda memiliki anggota keluarga yang menginginkannya. Atau, jika Anda menjual karena perselisihan kemitraan, mungkin ada masalah hukum dalam hal penjualan bagian bisnis Anda. Mengidentifikasi alasan penjualan akan menentukan bagaimana Anda melanjutkan atau apakah Anda benar-benar ingin melanjutkan.

Waktu Penjualan

Jika Anda mempertimbangkan untuk menjual bisnis Anda, Anda perlu mempersiapkan penjualan tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Mungkin ada area bisnis yang perlu ditangani yang dapat menghasilkan atau menghancurkan penjualan, sehingga Anda dapat mengatasi masalah tersebut jika Anda memiliki banyak waktu persiapan. Dalam hal waktu penjualan, waktu-waktu tertentu dalam setahun lebih baik, seperti halnya penjualan real estat.

Tergantung pada jenis bisnis Anda, waktu penjualan bisnis Anda bisa menjadi penting. Tentu saja, jika Anda menjual karena perubahan hidup yang tiba -tiba , Anda mungkin tidak mempertimbangkan waktunya atau memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan atau memastikan pasar sedang bagus.

Penilaian Bisnis

Penting bagi Anda untuk menentukan nilai bisnis Anda untuk menjualnya. Untuk menentukan ini, Anda perlu menyewa penilai bisnis . Penilai akan mempertimbangkan beberapa faktor untuk memastikan nilainya seperti:

  • Laba bersih
  • Tren pertumbuhan
  • Lalu lintas situs web (jika signifikan bagi model bisnis Anda)
  • Usia bisnis
  • Jaringan penjualan online dan offline
  • Model bisnis
  • Ceruk
  • Pesaing
  • aset perusahaan

Setelah nilai ditentukan, penilai akan menjelaskan nilai secara rinci dan mengesahkannya . Ini akan membantu menghitung harga bisnis untuk penjualan.

Sewa Pialang

Meskipun menjual bisnis Anda sendiri dapat menghemat uang untuk komisi , menyewa broker yang berspesialisasi dalam penjualan bisnis adalah ide yang lebih baik terlepas dari biayanya. Menyewa broker dapat membantu proses penjualan saat Anda fokus menjalankan bisnis. Menyewa broker dapat memaksimalkan harga penjualan dengan melakukan iklan dan negosiasi.

Karena ada biaya yang terlibat di luar komisi saat menyewa broker, Anda harus menjaga komunikasi yang baik dengan broker . Sebelum proses penjualan dimulai, Anda harus menetapkan ekspektasi dan anggaran untuk iklan dan biaya lainnya.

Mempersiapkan Dokumen

Beberapa dokumen penting untuk disertakan dalam paket informasi yang dapat ditinjau oleh calon pembeli dan mengetahui apa yang disertakan dan operasi bisnis. Dokumen-dokumen ini akan membantu calon pembeli menentukan apakah bisnis Anda adalah sesuatu yang ingin mereka beli. Paket ini harus mencakup yang berikut:

  • Laporan keuangan dan catatan pajak
  • Daftar peralatan yang termasuk dalam penjualan
  • Daftar vendor, pemasok, dan kontak penting lainnya
  • Manual Operasi
  • Rencana bisnis terbaru
  • Anggaran terbaru

Menemukan Pembeli

Menjual bisnis pada umumnya bukanlah usaha yang cepat, seringkali membutuhkan waktu mulai dari enam bulan hingga dua tahun untuk menyelesaikannya. Alasan tantangan ini adalah karena menemukan pembeli yang tepat untuk bisnis ini bisa jadi sulit. Jika Anda telah menyewa broker bisnis, mereka akan menjadi ahli di mana dan bagaimana menemukan pembeli Anda. Namun, jika Anda ingin menjual bisnis Anda sendiri, Anda perlu memastikan bahwa iklan Anda mencakup hal-hal berikut:

  • Lokasi usaha
  • Jumlah Karyawan
  • Sejarah singkat bisnis
  • Pernyataan misi bisnis
  • Keuntungan geografis dari bisnis
  • Laba bersih bisnis
  • Informasi kontak, pegangan media sosial, dan alamat situs web bisnis

Setelah Anda membuat iklan bisnis untuk dijual, beberapa situs web didedikasikan untuk penjualan bisnis. Investor terus menggunakan situs ini untuk menemukan usaha bisnis baru. Jika usaha kecil Anda adalah batu bata dan mortir, Anda dapat menempuh jalur tradisional dan memasang tanda untuk dijual di jendela atau di depan lokasi dan membagikan brosur di daerah tersebut.

Anda juga dapat melakukan riset online dan menemukan pembeli yang ingin memperluas wilayah Anda. Ada banyak jalan online yang dapat Anda ambil untuk menemukan pembeli Anda

Artikel Terkait: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Merencanakan Keuangan

Related

Share

PENCARIAN

ARTIKEL TERBARU

  • Arti Akuntansi Sektor Publik
  • Begini Cara Olah Data SPSS yang Benar
  • Pengertian SPSS
  • Cara Menggunakan Mendeley di Word untuk Pemula
  • Informasi Pelaksanaan Perkuliahan Tatap Muka

KALENDER

April 2022
S M T W T F S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
« Mar   May »

KAITAN UMA

 

 

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0822-6777-1313, 0822-6777-1314, 0813-7095-7775
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
ekonomi@uma.ac.id

PENGUNJUNG WEBSITE

  • 4
  • 430
  • 285
  • 11,498
  • 38,473
  • 553,922
  • 325,227
Copyright 2016-2022 © by PDAI Universitas Medan Area