Dampak Pemasaran Media Sosial Dibandingkan dengan Kampanye Pemasaran Tradisional
Skip to content
Program Studi Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA
youtube
instagram
id Indonesian
en Englishid Indonesian
JURUSAN AKUNTANSI TERBAIK DI SUMUT
Call Support 061-822-5602
Email Support doc_akuntansi@uma.ac.id
Location Jl. Setia Budi NO.79 B, Medan
  • Home
  • PROFIL
    • Akreditasi
    • Fungsionaris
    • Struktur
    • Visi Misi
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • JURNAL
      • LAPORAN AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • JADWAL UTS
      • JADWAL UAS
      • JADWAL SEMESTER ANTARA
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
      • Semester V
      • Semester VI
      • Semester VII
      • Semester VIII
    • EKIVALENSI MATA KULIAH
    • DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
    • MAGANG
    • SISTEM INFORMASI
      • DATA MAHASISWA
      • BLOG MAHASISWA
      • JURNAL MAHASISWA
      • AOC
      • ELEARNING
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SIPRODI
      • ANDROID AKADEMIK UMA
      • ANDROID INFO UMA
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Data Dosen Prodi
    • BLOG DOSEN
    • Aktivitas Dosen
    • prestasi dosen
    • JURNAL DOSEN
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • ELEARNING
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • DOKUMEN PRODI
    • PENGUMUMAN
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
    • AKTIVITAS ALUMNI
    • PRESTASI ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • INFORMASI LABORATORIUM
    • APLIKASI LABORATORIUM
  • Hubungi Kami

Dampak Pemasaran Media Sosial Dibandingkan dengan Kampanye Pemasaran Tradisional

Home > artikel > Dampak Pemasaran Media Sosial Dibandingkan dengan Kampanye Pemasaran Tradisional

Dampak Pemasaran Media Sosial Dibandingkan dengan Kampanye Pemasaran Tradisional

Posted on October 23, 2021October 25, 2021 by admin
0

Pemasaran merupakan aspek penting dari bisnis yang memainkan peran utama dalam keberhasilan organisasi dengan mengkomunikasikan tujuan bisnis. Pemasaran memainkan peran penting dalam mempengaruhi pelanggan dan secara langsung mempengaruhi perusahaan kecil-menengah (UKM). Oleh karena itu, peran pemasaran media tradisional dan sosial harus dianalisis dan diimplementasikan. Perubahan dalam lingkungan pemasaran terjadi dengan cepat; dunia bisnis tidak kebal terhadap perubahan ini, dan kemajuan teknologi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran media sosial. Pemasaran media sosial memungkinkan perusahaan untuk bekerja sama dengan pelanggan dan mitra untuk mengembangkan solusi terbaik dan mengisi celah yang adaantara permintaan pelanggan dan produk perusahaan. Media sosial berbeda dari pemasaran tradisional karena, tidak seperti media tradisional, media sosial memfasilitasi komunikasi dua arah yang mempromosikan hubungan yang sehat antara pelanggan dan organisasi dan mendorong perusahaan menuju kesuksesan.

Perusahaan telah mengakui dampak pemasaran media sosial pada perilaku konsumen, dan nilai umpan balik real-time yang dapat diberikan konsumen tentang produk dan pengalaman. Proses ini memfasilitasi kemajuan produk dan memperkuat posisi perusahaan di pasar. Demikian pula, media tradisional mahal dan tidak memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi langsung atau komunikasi dua arah dengan pelanggan. Interaksi dengan pelanggan membantu perusahaan dalam kreativitas, berbagi pengetahuan, dan komunikasi terbuka. Beberapa alat diskusiyang umum digunakan adalah pada platform media sosial populer. Platform ini termasuk Skype, Twitter, Instagram, dan Facebook. Media sosial menawarkan peluang bagi UKM untuk mendapatkan akses ke sumber daya yang mungkin tidak tersedia bagi mereka jika mereka tidak menggunakan media sosial. Media sosial adalah media yang sangat efektif dan murah bagi perusahaan kecil untuk mendapatkan popularitas dan meningkatkan citra bisnis mereka.

Tujuan

Pentingnya media sosial semakin meningkat, dan perusahaan mengadopsi lebih banyak teknik media sosial dibandingkan dengan teknik pemasaran tradisional. Beberapa faktor memaksa perusahaan untuk mengadopsi pemasaran media sosial; misalnya, perusahaan mengambil pemasaran media sosial sebagai teknik hubungan masyarakat berbiaya rendah. Penelitian telah menentukan dampak pemasaran media sosial pada organisasi. Namun, dampak pemasaran media sosial dibandingkan dengan pemasaran tradisional pada UKM belum sepenuhnya disadari.

Di masa lalu, ketika kemajuan teknologi jarang terjadi, pemasar menggunakan teknik media tradisional untuk mengomunikasikan produk mereka dan tujuan keberadaannya kepada pelanggan mereka. Beberapa teknik media tradisional termasuk majalah, surat kabar, televisi, dll. Dalam media tradisional, pemasar memiliki kendali atas konten pemasaran. Media tradisional banyak digunakan oleh banyak organisasi dan dianggap sebagai media yang efektif ketika memasarkan layanan dan produk baru. Namun demikian, ini tidak memberikan informasi yang luaskepada pelanggan mengenai produk atau organisasi. Saat ini, iklan televisi adalah salah satu metode pemasaran tradisional yang paling banyak digunakan dan menghasilkan pendapatan tertinggi. Menurut sebuah survei, sekitar 68% orang menjawab bahwa mereka mengambil tindakan karena iklan mereka di televisi. Meskipun pemasaran media sosial berlangsung dengan cepat, pentingnya pemasaran media tradisional tidak dapat diabaikan.

Pemasaran media sosial

Pemasaran media sosial secara perlahan menggantikan mode pemasaran tradisional . Alat pemasaran media sosial termasuk situs web, blog, Twitter, Instagram, Facebook, Skype, dan bahkan YouTube. Platform media sosial ini telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia, sehingga pemasaran media sosial juga dapat didefinisikan sebagai menjual dan mempromosikan bisnis dan produk melalui situs media sosial yang berbeda. Media sosial sekarang juga mencakup penciptaan dari mulut ke mulut elektronik. Dibuat pada tahun 2002, Facebook adalah situs media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh pemasar untuk tujuan pemasaran. Tren pemasaran media sosial telah meningkat dengan ketersediaan internet. Beberapa alat yang banyak digunakan oleh pelanggan untuk mengakses ulasan situs web media sosial termasuk smartphone, tablet, notebook, dan komputer.

Sumber: https://www.completecontroller.com

Artikel Terkait: Big Data dan Teknologi 5G – Panduan untuk 2021

Related

Share

PENCARIAN

ARTIKEL TERBARU

  • Mulai Dapatkan Lebih Banyak dari Portofolio Anda
  • Mengembangkan Bagan Akun untuk Pembukuan
  • Slide Kemerdekaan RI 77
  • 5 Mitos Paling Menonjol dalam Berinvestasi
  • Manajemen Waktu adalah Kunci Sukses

KALENDER

October 2021
S M T W T F S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
« Sep   Nov »

KAITAN UMA

 

 

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0822-6777-1313, 0822-6777-1314, 0813-7095-7775
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
ekonomi@uma.ac.id

PENGUNJUNG WEBSITE

  • 0
  • 425
  • 166
  • 6,065
  • 35,962
  • 659,795
  • 386,677
Copyright 2016-2022 © by PDAI Universitas Medan Area