Pemasaran merupakan aspek penting dari bisnis yang memainkan peran utama dalam keberhasilan organisasi dengan mengkomunikasikan tujuan bisnis. Pemasaran memainkan peran penting dalam mempengaruhi pelanggan dan secara langsung mempengaruhi perusahaan kecil-menengah (UKM). Oleh karena itu, peran pemasaran media tradisional dan sosial harus dianalisis dan diimplementasikan. Perubahan dalam lingkungan pemasaran terjadi dengan cepat; dunia bisnis tidak kebal terhadap perubahan ini, dan kemajuan teknologi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran media sosial. Pemasaran media sosial memungkinkan perusahaan untuk bekerja sama dengan pelanggan dan mitra untuk mengembangkan solusi terbaik dan mengisi celah yang adaantara permintaan pelanggan dan produk perusahaan. Media sosial berbeda dari pemasaran tradisional karena, tidak seperti media tradisional, media sosial memfasilitasi komunikasi dua arah yang mempromosikan hubungan yang sehat antara pelanggan dan organisasi dan mendorong perusahaan menuju kesuksesan.
Perusahaan telah mengakui dampak pemasaran media sosial pada perilaku konsumen, dan nilai umpan balik real-time yang dapat diberikan konsumen tentang produk dan pengalaman. Proses ini memfasilitasi kemajuan produk dan memperkuat posisi perusahaan di pasar. Demikian pula, media tradisional mahal dan tidak memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi langsung atau komunikasi dua arah dengan pelanggan. Interaksi dengan pelanggan membantu perusahaan dalam kreativitas, berbagi pengetahuan, dan komunikasi terbuka. Beberapa alat diskusiyang umum digunakan adalah pada platform media sosial populer. Platform ini termasuk Skype, Twitter, Instagram, dan Facebook. Media sosial menawarkan peluang bagi UKM untuk mendapatkan akses ke sumber daya yang mungkin tidak tersedia bagi mereka jika mereka tidak menggunakan media sosial. Media sosial adalah media yang sangat efektif dan murah bagi perusahaan kecil untuk mendapatkan popularitas dan meningkatkan citra bisnis mereka.
Tujuan
Pentingnya media sosial semakin meningkat, dan perusahaan mengadopsi lebih banyak teknik media sosial dibandingkan dengan teknik pemasaran tradisional. Beberapa faktor memaksa perusahaan untuk mengadopsi pemasaran media sosial; misalnya, perusahaan mengambil pemasaran media sosial sebagai teknik hubungan masyarakat berbiaya rendah. Penelitian telah menentukan dampak pemasaran media sosial pada organisasi. Namun, dampak pemasaran media sosial dibandingkan dengan pemasaran tradisional pada UKM belum sepenuhnya disadari.
Di masa lalu, ketika kemajuan teknologi jarang terjadi, pemasar menggunakan teknik media tradisional untuk mengomunikasikan produk mereka dan tujuan keberadaannya kepada pelanggan mereka. Beberapa teknik media tradisional termasuk majalah, surat kabar, televisi, dll. Dalam media tradisional, pemasar memiliki kendali atas konten pemasaran. Media tradisional banyak digunakan oleh banyak organisasi dan dianggap sebagai media yang efektif ketika memasarkan layanan dan produk baru. Namun demikian, ini tidak memberikan informasi yang luaskepada pelanggan mengenai produk atau organisasi. Saat ini, iklan televisi adalah salah satu metode pemasaran tradisional yang paling banyak digunakan dan menghasilkan pendapatan tertinggi. Menurut sebuah survei, sekitar 68% orang menjawab bahwa mereka mengambil tindakan karena iklan mereka di televisi. Meskipun pemasaran media sosial berlangsung dengan cepat, pentingnya pemasaran media tradisional tidak dapat diabaikan.
Pemasaran media sosial
Pemasaran media sosial secara perlahan menggantikan mode pemasaran tradisional . Alat pemasaran media sosial termasuk situs web, blog, Twitter, Instagram, Facebook, Skype, dan bahkan YouTube. Platform media sosial ini telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia, sehingga pemasaran media sosial juga dapat didefinisikan sebagai menjual dan mempromosikan bisnis dan produk melalui situs media sosial yang berbeda. Media sosial sekarang juga mencakup penciptaan dari mulut ke mulut elektronik. Dibuat pada tahun 2002, Facebook adalah situs media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh pemasar untuk tujuan pemasaran. Tren pemasaran media sosial telah meningkat dengan ketersediaan internet. Beberapa alat yang banyak digunakan oleh pelanggan untuk mengakses ulasan situs web media sosial termasuk smartphone, tablet, notebook, dan komputer.
Sumber: https://www.completecontroller.com
Artikel Terkait: Big Data dan Teknologi 5G – Panduan untuk 2021