Pembukuan Usaha Kecil: 9 Tips dan Trik
Skip to content
Program Studi Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA
youtube
instagram
id Indonesian
en Englishid Indonesian
JURUSAN AKUNTANSI TERBAIK DI SUMUT
Call Support 061-822-5602
Email Support doc_akuntansi@uma.ac.id
Location Jl. Setia Budi NO.79 B, Medan
  • Home
  • PROFIL
    • Akreditasi
    • Fungsionaris
    • Struktur
    • Visi Misi
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • JURNAL
      • LAPORAN AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • JADWAL UTS
      • JADWAL UAS
      • JADWAL SEMESTER ANTARA
      • JADWAL SEMINAR
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
      • Semester V
      • Semester VI
      • Semester VII
      • Semester VIII
    • EKIVALENSI MATA KULIAH
    • DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
    • MAGANG
    • SISTEM INFORMASI
      • DATA MAHASISWA
      • BLOG MAHASISWA
      • JURNAL MAHASISWA
      • AOC
      • ELEARNING
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SIPRODI
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Data Dosen Prodi
    • BLOG DOSEN
    • Aktivitas Dosen
    • prestasi dosen
    • JURNAL DOSEN
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • ELEARNING
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • DOKUMEN PRODI
    • PENGUMUMAN
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
    • AKTIVITAS ALUMNI
    • PRESTASI ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • INFORMASI LABORATORIUM
    • APLIKASI LABORATORIUM
  • Hubungi Kami

Pembukuan Usaha Kecil: 9 Tips dan Trik

Home > artikel > Pembukuan Usaha Kecil: 9 Tips dan Trik

Pembukuan Usaha Kecil: 9 Tips dan Trik

Posted on June 22, 2021 by admin
0

Pengelolaan dan pencatatan dokumen dan catatan keuangan dapat menjadi tantangan, terutama jika tidak dilakukan secara terorganisir dan efisien. Ketika mereka dalam bentuk kertas, ada risiko kehilangan mereka. Meskipun dengan beberapa layanan penyimpanan cloud, masalah keamanan utama dipertaruhkan karena catatan pembukuan dapat menjadi mangsa virus jahat dan peretas berbahaya.

Untuk pembukuan bisnis yang efektif dan keamanan yang maksimal, pastikan Anda menggunakan 9 tips dan trik berikut ini.

1. Gunakan Software Akuntansi/Pembukuan

Meskipun Anda dapat menangani semua dokumen Anda dalam bentuk kertas, tanpa kertas melalui perangkat lunak akuntansi berbasis cloud akan memungkinkan Anda untuk mengelola dan mencatat dokumen pembukuan Anda dengan lebih efisien.

Penggunaan perangkat lunak akuntansi/pembukuan memungkinkan pengguna untuk menangani semua dasar-dasar pembukuan, menyediakan alat manajemen yang mudah digunakan yang membantu dalam organisasi yang efektif dan meningkatkan keamanan. Template penting untuk pencetakan cek, slip setoran, catatan bisnis, dan faktur adalah bagian dari paket yang disertakan dengan perangkat lunak.

Manfaat lain yang disediakan software akuntansi adalah kemudahan aksesibilitas. Setelah Anda memiliki semua data penting Anda pada perangkat lunak, Anda dapat mengaksesnya dari mana saja. Ini karena perangkat lunak berbasis cloud memiliki aplikasi yang dapat digunakan di smartphone, memberikan akses mudah ke catatan. 

2. Pertahankan Bagan Akun

Usaha kecil harus memelihara ‘bagan akun’ yang merupakan daftar akun dan catatan pembukuan yang membantu dalam mengkategorikan semua transaksi keuangan yang terjadi dalam bisnis Anda. Anda mungkin memiliki sejumlah judul yang berbeda, tergantung pada jenis proses yang terjadi dalam bisnis Anda. Ada 5 jenis akun bisnis yang biasa ditemukan:

  1. Kewajiban
  2. Aktiva
  3. Ekuitas pemilik
  4. Pendapatan
  5. Pengeluaran

  3. Berlatih Ketekunan dengan Formulir Pajak

Jika bisnis kecil Anda telah membayar kontraktor dan karyawan, penting untuk tetap memperhatikan formulir pajak yang disiapkan bisnis Anda. Faktor penting yang harus Anda pertimbangkan untuk bisnis kecil Anda adalah Anda harus memastikan bahwa karyawan yang bekerja di perusahaan Anda memiliki formulir yang mereka butuhkan pada waktu yang diperlukan sehingga mereka tidak harus menghadapi penalti atau bunga. Pastikan bahwa Anda menyisihkan sejumlah uang tunai untuk menutupi semua pajak gaji yang akan berlaku untuk upah karyawan Anda.

4. Jangan Menggabungkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Salah satu tips pembukuan terpenting yang harus Anda praktikkan adalah memastikan bahwa transaksi pribadi dan bisnis Anda tidak digabungkan dengan cara apa pun. Bisnis Anda adalah entitas yang layak dan Anda harus memperlakukannya seperti itu. Menggabungkan keuangan pribadi Anda dengan pengeluaran bisnis akan membuat pelacakan dalam organisasi jauh lebih sulit dan akan jauh lebih sulit untuk melacak catatan. Selalu pastikan bahwa Anda memiliki rekening giro yang berbeda dan kartu kredit terpisah untuk bisnis kecil dan kehidupan pribadi Anda untuk menghindari kebingungan dan memastikan organisasi yang efektif, menghemat waktu dan uang Anda.

5. Mengalihdayakan Kebutuhan Pembukuan Anda

Pemilik bisnis memiliki pilihan untuk mengalihdayakan kebutuhan pembukuan mereka. Ini sangat membantu bagi pemilik usaha kecil yang menjalankan bisnis dan memainkan peran sebagai pembukuan sendiri. Hal ini tidak hanya membagi tugas dan tanggung jawab sekaligus menurunkan beban, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengakomodir waktu menjadi hal lain yang bermanfaat bagi bisnis Anda.

Mengalihdayakan pemegang pembukuan adalah hemat biaya dan akurat. Kedua, alih-alih menghabiskan uang untuk melatih pembukuan baru, pembukuan outsourcing yang berpengalaman akan memberi Anda pembukuan yang efektif secara langsung.

6. Hubungi Profesional

Ketika kita mempertimbangkan pembukuan untuk bisnis kecil, ada kemungkinan besar terjadi kesalahan. Dalam situasi tertentu, keputusan paling cerdas adalah menghubungi seorang profesional. Ahli pembukuan dan akuntansi akan membantu Anda dalam mengatur sistem pembukuan Anda sedemikian rupa sehingga kesalahan dan kesalahan akan diminimalkan. Kadang-kadang, mereka mungkin terbukti mahal, tetapi kesalahan dapat menjadi kerusakan besar pada bisnis sehingga mereka adalah investasi yang bijaksana.

6. Berlatih Ulasan Harian dan Mingguan

Untuk usaha kecil, tidak cukup untuk memeriksa catatan pembukuan Anda setiap bulan. Agar tetap diperbarui pada setiap perubahan yang terjadi dalam bisnis Anda, Anda harus melacak catatan Anda setiap hari dan setiap minggu. Diperbarui secara teratur juga akan memungkinkan Anda untuk melacak setiap faktur saat ini, melihat semua pengeluaran, dan memahami arus kas Anda.

8. Simpan Dokumen Sebanyak Mungkin

Dokumen memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi mangsa peristiwa bencana. Ini dapat mempengaruhi bisnis secara sangat negatif karena, jika Anda harus membuktikan pengajuan pajak Anda, bisnis Anda tidak akan memiliki bukti. Selain itu, perangkat lunak berbasis cloud memungkinkan Anda untuk tetap lebih teratur dan menjaga keamanan dokumen pembukuan penting.

9. Pertimbangkan Pengurangan yang Menguntungkan

Pengurangan pajak dapat sangat menguntungkan bisnis kecil Anda. Pemilik bisnis yang efektif memiliki kebiasaan memelihara catatan pembukuan yang tepat untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari semua pengurangan pajak, memungkinkan Anda menginvestasikan uang itu di tempat lain.

Sumber: https://www.completecontroller.com/

Related

Share

Tags: bagan akun, hubungi profesional, kebutuhan pembukuan, ketekunan dengan formulir pajak, keuangan bisnis dan pribadi, pembukuan usaha kecil, software akuntansi, tips dan trik

PENCARIAN

ARTIKEL TERBARU

  • Opsi Biner – Yang Perlu Diketahui Sebelum Anda Berinvestasi
  • Layanan Pembukuan vs. Perangkat Lunak Pembukuan: Mana yang Cocok untuk Anda
  • Praktik Hutang yang Menghemat Uang
  • Apa Kata Budaya Perusahaan Tentang Organisasi?
  • Penandatanganan MOA antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA dengan Fakultas Ekonomi UMRAH

KALENDER

June 2021
S M T W T F S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
« May   Jul »

KAITAN UMA

 

 

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0822-6777-1313, 0822-6777-1314, 0813-7095-7775
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
ekonomi@uma.ac.id

PENGUNJUNG WEBSITE

  • 3
  • 1,026
  • 664
  • 11,660
  • 38,556
  • 543,450
  • 318,221
Copyright 2016-2022 © by PDAI Universitas Medan Area