Pengelolaan dan pencatatan dokumen dan pencatatan keuangan terbukti menjadi tantangan, terutama jika tidak dilakukan secara terorganisir dan efisien. Jika dalam bentuk kertas, ada risiko kehilangannya. Meskipun dengan beberapa layanan penyimpanan cloud, masalah keamanan utama dipertaruhkan karena catatan pembukuan dapat menjadi mangsa virus berbahaya dan peretas berbahaya.
Untuk pembukuan bisnis yang efektif dan keamanan yang maksimal, pastikan Anda menggunakan 9 tips dan trik berikut ini.
1. Gunakan Software Akuntansi / Pembukuan
Meskipun Anda dapat menangani semua dokumen Anda dalam bentuk kertas, tanpa kertas melalui perangkat lunak akuntansi berbasis cloud akan memungkinkan Anda untuk mengelola dan mencatat dokumen pembukuan Anda dengan lebih efisien.
Penggunaan perangkat lunak akuntansi / pembukuan memungkinkan pengguna untuk menangani semua dasar pembukuan, menyediakan alat manajemen yang mudah digunakan yang membantu dalam pengorganisasian yang efektif dan peningkatan keamanan. Templat penting untuk pencetakan cek, slip setoran, catatan bisnis, dan faktur adalah bagian dari paket yang disertakan dengan perangkat lunak.
Manfaat lain yang disediakan software akuntansi adalah kemudahan aksesibilitas. Setelah Anda memiliki semua data penting di perangkat lunak, Anda dapat mengaksesnya dari mana saja. Ini karena perangkat lunak berbasis cloud memiliki aplikasi yang dapat digunakan di smartphone, memberikan akses mudah ke catatan.
2. Menjaga Bagan Akun
Bisnis kecil harus memelihara ‘bagan akun’ yang merupakan daftar akun dan catatan pembukuan yang membantu dalam mengkategorikan semua transaksi keuangan yang terjadi dalam bisnis Anda. Anda dapat memiliki sejumlah judul berbeda, tergantung pada jenis proses yang terjadi dalam bisnis Anda. Ada 5 jenis akun bisnis yang umum ditemukan:
- Kewajiban
- Aktiva
- Ekuitas pemilik
- Pendapatan
- Beban
3. Praktek Ketekunan dengan Formulir Pajak
Jika bisnis kecil Anda telah membayar kontraktor dan karyawan, penting untuk tetap memperhatikan formulir pajak yang sedang disiapkan bisnis Anda. Faktor penting yang harus Anda pertimbangkan untuk bisnis kecil Anda adalah Anda harus memastikan bahwa karyawan yang bekerja di perusahaan Anda memiliki formulir yang mereka butuhkan pada waktu yang diperlukan sehingga mereka tidak harus menghadapi penalti atau bunga. Pastikan Anda menyisihkan sejumlah uang tunai untuk menutupi semua pajak gaji yang akan berlaku untuk gaji karyawan Anda.
4. Jangan Gabungkan Keuangan Bisnis dan Pribadi
Salah satu tip pembukuan terpenting yang harus Anda praktikkan adalah memastikan bahwa transaksi pribadi dan bisnis Anda tidak digabungkan dengan cara apa pun. Bisnis Anda adalah entitas yang layak dan Anda harus memperlakukannya seperti itu. Menggabungkan keuangan pribadi Anda dengan pengeluaran bisnis akan membuat pelacakan dalam organisasi jauh lebih sulit dan akan jauh lebih sulit untuk melacak catatan. Selalu pastikan bahwa Anda memiliki rekening koran yang berbeda dan kartu kredit terpisah untuk bisnis kecil dan kehidupan pribadi Anda untuk menghindari kebingungan dan memastikan organisasi yang efektif, menghemat waktu dan uang Anda.
5. Mengalihdayakan Kebutuhan Pembukuan Anda
Pemilik bisnis memiliki pilihan untuk melakukan outsourcing kebutuhan pembukuan mereka. Ini sangat membantu bagi pemilik usaha kecil yang menjalankan bisnis dan memainkan peran sebagai pemegang buku sendiri. Ini tidak hanya membagi tugas dan tanggung jawab sekaligus menurunkan beban, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengakomodasi waktu menjadi hal lain yang bermanfaat bagi bisnis Anda.
Mengalihdayakan pemegang buku itu hemat biaya dan akurat. Kedua, alih-alih menghabiskan uang untuk melatih pemegang buku baru, pemegang buku outsourcing berpengalaman akan memberi Anda pembukuan yang efektif secara langsung.
6. Hubungi Profesional
Ketika kami mempertimbangkan pembukuan untuk bisnis kecil, ada kemungkinan besar hal-hal bisa salah. Dalam situasi tertentu, keputusan paling cerdas adalah menghubungi seorang profesional. Ahli pembukuan dan akuntansi akan membantu Anda dalam mengatur sistem pembukuan Anda sehingga kesalahan dan kesalahan akan diminimalkan. Kadang-kadang, mereka mungkin terbukti mahal, tetapi kesalahan bisa menjadi kerusakan besar pada bisnis sehingga itu adalah investasi yang bijaksana.
6. Berlatih Review Harian dan Mingguan
Untuk bisnis kecil, tidak cukup hanya memeriksa catatan pembukuan Anda setiap bulan. Untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang perubahan apa pun yang terjadi dalam bisnis Anda, Anda harus melacak catatan Anda setiap hari dan setiap minggu. Diperbarui secara rutin juga akan memungkinkan Anda untuk melacak setiap faktur terkini, melihat semua pengeluaran, dan memahami arus kas Anda.
8. Simpan Dokumen Sebanyak Mungkin
Dokumen memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi mangsa peristiwa bencana. Ini dapat mempengaruhi bisnis secara negatif karena, jika Anda harus membuktikan pengajuan pajak Anda, bisnis Anda tidak akan memiliki bukti. Selain itu, perangkat lunak berbasis cloud memungkinkan Anda untuk tetap lebih teratur dan menjaga keamanan dokumen pembukuan penting.
9. Pertimbangkan Pemotongan yang Menguntungkan
Pemotongan pajak dapat sangat menguntungkan bisnis kecil Anda. Pemilik bisnis yang efektif memiliki kebiasaan memelihara catatan pembukuan yang benar untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari semua pemotongan pajak, memungkinkan Anda untuk menginvestasikan uang itu di tempat lain.
Sumber: https://www.completecontroller.com